Mengenal File System Jenis FAT

FAT adalah singkatan dari File allocation Table atau jika kita terjemaahkan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah Tabel Alokasi Bebas. FAT banyak digunakan dalam system computer atau media lainnya seperti kartu memori, kamera digital dan lain – lain. Bill Gates dan Marc Donald adalah orang yang pertama kali mengembangkan file system tersebut. FAT telah distandarisasi sebagai ECMA-107 dan ISO/IEC 9293 dan hanya mencakup FAT12 dan FAT16. Sistem berkas tersebut (FAT) dipakai atau didukung oleh banyak system operasi seperti GNU/Linux, Windows (Hampir semua versi Windows) serta Mac OS. JENIS – JENIS FILE SYSTEM FAT

Ada beberapa jenis file suytem jenis FAT yang perlu Anda ketahui, diantaranya : 
 file system FAT32
1. FAT12

Pertama kali digunakan dalam system operasi MS-DOS dan FAT12 menggunakan unit alokasi yang memiliki batas sampai 12-bit atau dapat menyimpan maksimum (4096)

2. FAT16

FAT16 memiliki unit alokasi hingga 16bit atau dapat menyimpan sampai (65536 buah), batas kapasitas hingga ukuran 4 GB, FAT16 digunakan bergantung pada kapasitas partisi yang hendak digunakan missal, jika kurang dar 16mb maka Windows akan menggunakan FAT12 dan sebaliknya jika lebih dari 16mb maka akan mengambil FAT16

3. FAT32


FAT32 diperkenalkan saat Microsoft merilis Windows 95 dan termasuk file system FAT terbaru, system operasi dari keluarga windows yang mendukung FAT32 diantaranya adalah Windows 95/98 Windows XP, Windows 2000, Windows Vista dst.

4. exFAT

exFAT atau sdisebut juga FAT64 adalah file system yang cocok untuk digunakan dalam media penyimpanan berbasis memori flash, dan file tersebut dibuat oleh Microsoft untuk perangkat benam didalam Windows Embedded CE 6.0 dan Windows Vista Service Pack 1.








0 Response to "Mengenal File System Jenis FAT"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...