Perangkat Keras Jaringan Komputer

Sebelum mengenal lebih jauh tentang jaringan computer maka ada baiknya perlu mempelajari atau setidaknya harus tahu tentang hadware untuk kebutuhan jaringan computer, hadware (Perangkat Keras) yang biasanya digunakan untuk kebutuhan networking adalah NIC, Kabel jaringan seperti UTP,Coaxcial atau fiber kemudian switch, hub, router, bridge.


NIC
Network Interfaces Card

NIC(Network Interface Card) adalah komponen yang sangat penting, dengan menggunakan NIC / kartu jaringan inilah maka setiap computer bisa terhubung dan saling berkomunikasi satu sama lainnya, NIC menyediakan media fisik jaringan untuk kabel seperti UTP, Coaxcial atau fiber maka pilihlah kartu jaringan sesuai keinginan anda.


SWITCH
switch merek dlink


Switch digunakan untuk mengatur bandwitch dijaringan yang berukuran besar tapi, dikarenakan sekarang harganya semakin murah dan terjangkau maka banyak orang yang menggunakannya walaupun ukuran jaringannya kecil.


HUB
HUB


Seperti halniya switch, hub juga digunakan untuk / sebagai piranti sentral yang menghubungkan setiap komputer kejaringan, hanya saja jumlah port yang terdapat dihub lebih sedikit dibandingkan dengan switch.


Hub dapat mengubah sinyal tranmisi dijaringan sehingga kita dapat dengan mudah memperbesar jaringan, terdapat 2 jenis hub yaitu hub aktif dan hub pasif

Hub Aktif dapat menguatkan sinyal mungkin hub ini juga bisa dikatakan seperti repeater sedangkan Hub Pasif hanya berfungsi untuk membagi sinyal saja kepada setiap computer yang tergabung kejaringan jadi disini tidak tambahan fungsi sebagai repeater / repeatging.


REPEATER
gambar repeater

Jaringan Komputer dengan skala besar akan sangat membutuhkan repeater dikarenakan repeater ini dapat meregenerasi sinyal yang diterimanya sehingga sinyal tetap kuat walupun skala jaringan besar dan jaraknya jauh.


BRIDGE
bridge


Bridge dapat mempertahankan / menjags bandwitch yang terdapat dijaringan computer, bandwitch akan sangat dibutuhkan ketika lalu lintas data dijaringan semakin membesar.


ROUTER
router

Router berfungsi untuk mengatur rute sebuah data ke tujuannya, router memiliki software (OS) sehingga dapat dikatakan router ini lebih canggih dibandingkan dengan hub / switch, router juga dapat difungsikan sebagai hub, access point sekaligus repeater.


Jenis – jenis router dapat dibedakan menjadi beberapa bagian diantaranya :

1. ROUTER PC
Router PC biasanya adalah sebuah system operasi yang memiliki kemampuan untuk sharing / membagi ip address atau memnuhi kebutuhan lainnya dijaringan komputer.
 
2. ROUTER HADWARE
Router Hadware adalah hadware yang memiliki kemampuan sama halnya seperti router PC.
 
3. ROUTER APLIKASI
Router Aplikasi adalah router yang diinstalkan kesebuah computer / system operasi sehingga computer/OS tersebut dapat memiliki kemampuan seperti router.





















1 Response to "Perangkat Keras Jaringan Komputer"

  1. kang, saya kan gak banyak mengerti tentang jaringan. baru kenal jaringan krna tuntutan kerja.
    saya melihat benda diatas ada mirip disini, SWITCH diatas merknya DLINK kan tapi kok dsini disebut HUB ya kang, berarti mah bos saya salah nih. masak lubang switch banyak gitu dibilang HUB ya.
    Makasih ya kang ahmad. saya jd kenal. hehehe

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...