Perawatan Keyboard PC

Keyboard adalah salah satu komponenen penting dalam sebuah komputer, bayangkan saja jika PC(Personal Komputer) tanpa sebuah keyboard ? mungkinn sangat merepotkan. Seperti yang saya jelaskan tadi bahwa keyboard adalah salah satu komponen atau kesatuan komputer yang juga sangat penting adanya oleh karena itu keyabord membutuhkan perwatan juga seperti layaknya komponen yang lain.


Lalu bagaimana perawatan tersebut dilakukan ? sederhana saja, kita cuku melakukan pembersihan dibagian dalam maupun luar dari debu – debu yang menempel serta mengeluarkan debu ataupun benda yang masuk disela – sela tombol keyboard :

Untuk melakukan perawatan tersebut ada beberapa tahapan :


1. Siapkan obeng untuk membuka bagian dalam dari keyboard
2. Kuas/Lap untuk membersihan bagian – bagian yang kotor


Bukalah keyboard menggunakan obeng, kumpulkan baudnya supaya tidak berantakan atau hilang ketikan akan melakukan pemasangan kembali.


Membuka Keyboard
Membuka Keyboard
Kemudian langkah selanjutnya anda perlu membuka semacam sirkuit yang seperti terbuat dari bahan plastik dan bergaris – garis serta terhubung satu sama lainnya. Untuk membukanya anda tinggal membuka baud yang berada di pojok bagian kiri seperti yang terlihat pada gambar atau anda tinggal mengendur baud yang menjepit sirkut tersebut. 

sirkuit
Sirkuit atau Plastik Pada Keyboard

Bukalah dengan hati – hati agar komponen tidak rusak selanjutnya bersihkan sirkuti tersebut menggunakan kuas atau lap.


Jika telah selesai membuka dan membersihkan sirkuit tersebut maka disana juga akan terlihat bagian/benda yang menancap ke bagian keyboard yang nantinya bagian tersebut berfungsi menekan sirkuit yang ada di keyboard dan bentuk/bahannya mirip seperti karet . Bersihkanlah bagian tersebut menggunakan kuas

sirkuit2
Bagian Dalam Keyborad
Jika telah selesai membersihkan bagian – bagian yang telah saya jelaskan tadi anda juga bisa membersihkkan bagian atau sela – sela tombol keyboard dengan cara membukanya, tekan kebawah, tarik secara perlahan ke atas lakukan secara hati – hati agar tidak terjadi kerusakan atau patah. Namun hal tersebut tidak perlu dilakukan jika anda merasa disela – sela tombol keyboard tidak banyak kotoran.

Pasangkan kembali keyboard, pasangkan terlebih dahulu bagian yang mirip karet yang sudah saya jelaskan tadi ke keyboard lalu tutup/timpa menggunakan sirkuit yang seperti atau mirip plastic, perhatikan dibagian kiri tempat menjepit sirkuit (socket), jepit dengan baik menggunakan baud sampai semua kencang.



Bagian dalam keyboard


Terakhir tutup kembali keyboard, pasangkan baudnya lalu cek di komputer.


image5

Semantara itu untuk perawatan keyboard laptop proses/caranya beda, Anda bisa lihat pada artikel Cara Bongkar Pasang Tombol Keyboard Laptop

8 Responses to "Perawatan Keyboard PC"

  1. terlihat sederhana...cuma kalo ndak tau tehniknya agak repot juga ya .. :)
    trims ya mas buat tipsnya :)

    ReplyDelete
  2. mantab nich Sob Tipsnya, kebetulan Keyboard PC saya sudah sangat Tua Renta jadi perlu perawatan Ekstra...

    ReplyDelete
  3. keren.. ane terapin dah kapan2 :D

    ReplyDelete
  4. yang punya cuma laptop, gimana ya? sering berminyak keyboardnya lantaran kalo makan suka megang keyboard terus, walau udah di lap tetap aja berminyak

    ReplyDelete
  5. @sabda awal: sederhana saja mas... mending kalo lagi makan, fokus sama makannya aja.. entar kalo udah selesai baru pegang keyboard hehehe... kata dokter di kampung saya, mencegah lebih baik dari pada mengobati,biasanya kalo dilap masih berminyak mungkip ngelapnya harus sedikit pake cairan kayak pembersih lcd...
    atau sabaun colek yang suka diiklankan di Tv itu loh...yang sekali bilas itu loh... kidding mas :D

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...