Mencegah Browsing Directory Pada Website Menggunakan File Index HTML

Pernahkah anda mengakses suatu website dan baik secara disengaja maupun tidak, anda mengakses salah satu file atau folder yang ada di website tersebut namun dalam keadaan "telanjang"  misal www. domain .com/images maka disana anda akan menemukan banyak file image atau gambar dari website tersebut.

Lalu bagaimana jika seseorang mengakses file untuk melakukan koneksi ke Database tentu saja itu tidak baik dan akan sangat membahayakan bagi website kita dengan memanfaatkan celah tersebut

Disini saya mencoba mempraktekan teknik untuk membatasi file atau folder yang dapat di akses oleh user untuk menghindari "Browsing Directory Website" dengan menambahkan file index.html ke setiap folder yang tidak boleh di akses oleh user.

file website
Directory/File untuk koneksi database
Copy script dibawah ini dan simpan dengan nama index.html kemudian taruh di folder atau directory yang ingin diamankan misal www. domain .com/images -> taruh di folder images.






Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan oleh seorang web administrator untuk membatasi akses terhadap direktori tertentu misal dengan melakukan seting pada file htaccess 

4 Responses to "Mencegah Browsing Directory Pada Website Menggunakan File Index HTML"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. ini berlaku untuk yang pake hosting aja bukan?

    ReplyDelete
  3. setahu saya begitu............berlaku untuk yang pake hosting,...

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...