Menambahkan Halaman Register/Member di Cms Lokomedia Bag II

Gambaran Awal
Halaman member yang dibuat oleh cms balitbang ini sangat menarik atau hampir mirip dengan facebook sehingga mereka (member) yang tergabung dapat saling berkomunikasi dengan member lain oleh karena itu ini sangat menarik jika ha tersebut diterapkan di cms lokomedia yang memiliki tampilan menarik dan simple dalam konfigurasi atau management websitenya namun bukan berarti cms balitbang tidak menarik atau tidak simple. Disini nantinya kita akan mencoba menambah halaman administrator di cms lokomedia untuk keperluan atau management member yang tergabung di dalam website jadi kita tidak akan membuat module baru di halaman administrator, kita hanya perlu memasukan folder “admin” cms balitbang ke dalam folder cms lokomedia jadi akan ada 2 folder adminitrator, folder pertama untuk keperluan menambah artikel, menu, mengatur komentar dsb, kemudian folder ke dua untuk keperluan  mengatur member,menambah, mengahpus/megurangi dsb. 


Sebelumnya juga pernah dibahas tentang cara menambah halaman register/member di cms lokomedia (modifikasi) dengan memanfaatkan beberapa script php untuk halaman register sekaligus juga halaman khusus member milik cms balitbang. 

Contoh Halaman Pendaftaran Member 
Demo(telah dihapus)
Halaman Member
Halaman Member
Contoh Halaman Member Yang Telah Tergabung
Demo Halaman Member (maaf halaman demo sudah dihapus)
User name : aze
Passord : dewadewi






Saya akan mencoba menjelaskan kembali tentang penambahan halaman register/member di cms lokomedia dan ada beberapa hal yang perlu anda siapkan diantaranya :

1. Installer cms lokomedia + databasenya
2. Installer cms balitbang + databasenya
Jika 2 hal tersebut telah dipersiapkan maka tahap selanjutnya anda haruss mengupload file – file (installer) cms lokomedia ke web hosting yang anda miliki tapi sebelum kita melakukan upload ke webhosting maka disarankan untuk melakukan pengujian di local server atau localhost agar memperkecil kemungkinan error saat website di akses.

1. Kita copy file atau taruh folder cms lokomedia ke htdocs di apache 2 triad. Bila langsung meng-upload ke webhosting di internet maka anda harus menaruh folder cms lokomedia di dalam folder html_public. Untuk cms balitbang maka anda hanya perlu mengambil atau menaruh beberapa file saja yaitu folder function, config, member dan admin, ke 4 (empat) folder tersebut di upload/ditaruh di dalam folder lokomedia. Karena akan ada 2 folder admin maka rubahlah terlebih dahulu nama folder misal admin1 untuk lokomedia, admin2 untuk membernya. 


Installer
Installer Cms Balitbang





2. Selanjutnya buatlah database menggunakan aplikasi/perangkat lunak phpmyadmin yang sudah tersedia di apache 2 triad, http://localhost/phpmyadmin -> buatlah database dengan nama lokomedia atau sesuai keinginan anda, kemudian pilih import -> browser-> lalu pilihlah database cms lokomedia.sql yang sudah di persiapkan sebelumnya-> klik go, jika proses berhasil maka akan terlihat 25 tabel 22 tabel.


Database
Database



3. Terdapat tabel dengan nama “users” dalam database lokomedia, tabel tersebut menyimpan data atau password untuk mengakses halaman administrator dan tabel tersebut juga nantinya digunakan di script php untuk melakukan perbandingan saat administrator/user akan melakukan login. Sedikit tambahan saja, Script php mencoba membandingkan nilai yang berada dalam tabel jika nilai yang dimasukan valid/sah maka akan diarahkan ke halaman adminstrator dengan hak – hak/otoritas tertentu. Karena kita akan mengubah nama dari tabel users dengan nama users1, tujuan pengubahan nama tabel karena di database balitbang terdapat nama tabel yang sama yaitu users dan untuk menghindari terjadi error pada saat import database balitbang maka nama sebaiknya dirubah terlebih dahulu. Untuk mengubah nama pilih atau klik nama tabel yang akan dirubah namanya -> pilih operation dan ubah nama tabelnya menjadi user1 -> klik go untuk mengubah





Import Database
Import Database



4. Pilih import -> browse -> pilih database cms balitbang.sql jika proses ini berhasil maka database/tabel akan bertambah. Sebenarnya kita tidak terlalu banyak memerlukan database/tabel dari balitbang maka jika ada beberapa tabel yang dirasa tidak terlalu penting atau malah tidak digunakan sama sekali maka sebaiknya dihapus saja sebagian tapi jika anda ragu sebaiknya dibiarkan seperti itu




import Database
Tahapan Import Database




5. Pada penjelasan no 3 yaitu kita mengubah nama tabel users menjadi users1 maka disini kita harus merubah script php yang terdapat di dalam folder admin1 lokomedia, cari file php dengan nama cek_login.php, didalam script akan terdapat perintah select * from users (nama tabel) ganti script tersebut dengan nama tabel users1. Tahap ini dianggap selesai atau anda tidak mengalami masalah.



source code
Merubah Script



Sebenarnya cara yang saya gunakan ini terlihat tidak praktis atau dianggap kurang efisien karena ada beberapa menu di halaman adminstrator balitbang (admin2) yang tidak terpakai atau memang tidak akan digunakan sama sekali selain itu juga halaman untuk konfigurasi ada dua seharusnya satu, agar efisien dan bisa menghemat kapasitas atau webdisk yang kita miliki. Hanya beberapa menu saja yang nantinya digunakan misal menu untuk merubah password admin dan email kemudian menu member komunitas untuk menambah atau mengurangi member yang tergabung. Dengan segala keterbatasan ilmu pengetahuan yang saya miliki, saya hanya mampu melakukan itu dan hal tersebut mungkin belum dianggap atau termasuk dalam kategori memodifikasi , mungkin di lain kesempatan saya akan mencoba untuk membuat ini semua menjadi lebih sederhana lagi agar mudah untuk digunakan. 


Sekian dan terima kasih, mohon maaf bila ada kekurangan atau salah – salah kata semoga saja para pengembang open source seperti cms lokomedia, cms balitbang, dan cms indonesia lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu mau mengembangkan/meningkatkan kembali kualitas cms yang telah mereka ciptakan semaksimal mungkin dengan atau tanpa rupiah sekalipun. 




13 Responses to "Menambahkan Halaman Register/Member di Cms Lokomedia Bag II"

  1. Artikelnya mantab... penjelasannya runtut.
    makasih gan udah nge-share...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama - sama, makasih juga udah visit...

      Delete
  2. Wah dapat hal dan wawasan baru nih jdnya mas :)


    Taqabbalallahu minna waminkum
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1434 H.
    Mohon Maaf lahir dan bathin
    ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dapat wawasan baru jangan lupa si share ya mas,
      oke sama - sama, mohon maaf lahir batin juga, semoga ibadah - ibadah yang kita lakukan di terima oleh allah swt

      Delete
  3. hmmmmm penjelasannya udah jelas bngt, tapi akunya masih blm mudeng . hahhaha maklum mngkin blm kenalan sma yang namanya CMS LOKOMEDIA, :D

    berkunjung cuma mau bilang,
    mohon maaf lahir dan batin ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama mba.. mohon maaf juga yang sebesar besarnya, semoga amal dan ibadah kita diterima sama tuhan

      Delete
  4. isi absen aja ya, soalnya memang nggak ngerti _ _"

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan mas sabda... saya juga yang nulis gak ngerti.... hehe

      Delete
  5. masih suasana lebaran khan,
    jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
    back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih mas... sampai kapapun selama manusia itu hidup maka pintu maap masih terbuka.. sama - sama mas, saya juga mohon maaf yang sebesar - besarnya.........

      Delete
  6. Tutorial yang sangat berbobot tentang cara menambahkan halaman register/member di cms lokomedia. Meskipun saya tidak begitu paham tentang bahasa pemograman, tapi dari uraian yang dijelaskan diatas, itu mudah untuk dipahami karena sangat runtut dan juga menggunakan bahasa yang sederhana. Terimakasih banyak Mas Zaelani atas sharing nya yang sangat bermanfaat untuk kita semua :)

    Mohon maaf lahir batin ya :)

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...