Cara Mengetahui Informasi Spesifikasi Perangkat Keras Computer/Laptop

Untuk dapat mengetahui informasi perangkat keras yang digunkan oleh sebuah computer/laptop, Anda bisa menggunakan beberapa cara :
  1. Cara yang pertama, Untuk laptop. anda bisa melihat dibagian depan atau bawah laptop, biasanya para produsen pembuat laptop mencantumkan beberapa informasi spesifikasi perangkat keras yang digunakan oleh laptop tersebut, seperti informasi mengenai jenis processor yang digunakan, memori (RAM), hardisk dsb. Untuk komputer (PC) biasanya informasi tersebut bisa anda dapatkan dengan cara membuka casing computernya kemudian anda bisa cek sendiri perangkat keras seperti tipe processor yang digunakan, memorinya, hardisk dsb. 
  2. Cara yang kedua anda bisa membaca manual book yang berisi informasi tentang spesifikasi dari perangkat kerasnya, biasanya diberikan pada saat membeli sebuah computer/laptop. 
  3. Cara ketiga yaitu dengan melihat informasi perangkat kerasnya melalui bios. Cara masuk bios untuk komputer biasanya hanya dengan menekan tombol “del” pada saat komputer akan menyala tapi untuk laptop biasanya berbeda – beda bisa dengan menekan F2, ESC dsb. 
  4. Cara selanjutnya yaitu dengan cara melihat informasi tersebut menggunakan perangkat lunak (OS). Jika anda menggunakan sistem operasi windows, anda bisa menggunakan cara berikut.
Klik start -> run -> kemudian ketikan perintah berikut “dxdiag”. Selanjutnya anda akan dihadapkan dengan tampilan berikut, disana terdapat informasi – informasi penting seperti processor yang digunakan, Memory, System Model dsb. 

dxdiag

Menurut saya cara yang ketiga ini lebih efektif karena anda tidak perlu repot – repot membongkar PC, hanya untuk melihat spesifikasi perangkat kerasnya. Cara lain untuk mengetahui spesifikasi komputer bisa Anda lihat pada beberpa artikel berikut.


  1. SIW : Software Keren Penampil Informasi Spesifikasi Komputer
  2. Cara Mengetahui Informasi Spesifikasi Komputer/Laptop Secara Lengkap 

3 Responses to "Cara Mengetahui Informasi Spesifikasi Perangkat Keras Computer/Laptop"

  1. Saya biasanya menggunakan cara yang ke empat mas, dengan cara tersebut kita jadi bisa ngeliat spesifikasi kompie/laptop ya :)

    ReplyDelete
  2. laptop ku ternyata speknya masih rendah, sob. setelah aku cek dengan cara no.4

    ReplyDelete
  3. wah makasih infonya sangat bermanfaat, biasanya saya menggunakan cara yang dxdiag itu...

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...