Cara Memperbaiki Modem Smartfren Yang Tidak Bisa Konek Internet


Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah modem tidak bisa konek Internet atau tidak bisa digunakan, salah satu penyebabnya bisa karena perangkat keras dari modem itu sendiri sudah rusak atau juga bisa karena faktor lain yang membuat modem tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Saya beberapa kali menemukan kasus dimana modem Smartfren yang awalnya bisa digunakan tiba – tiba mengalami kerusakan yang mengakibatkan modem smartfren tidak bisa konek internet. Contoh kerusakan yang saya maksud disini adalah ketika pengguna mencoba klik connect pada program/aplikasi smartfren, aplikasi smarfren tidak merespon alias tidak mau konek 




aplikasi modem smartfren


Berdasarkan pengalaman dari kasus kerusakan modem smartfren yang saya temukan, ternyata ada beberapa modem yang sebenarnya bukan rusak secara fisik (hardware) namun karena faktor lain seperti salah satunya adalah karena port pada komputer/laptop yang sering digunakan oleh modem smartfren digunakan oleh merk modem lain.

Saya tidak tahu pasti mengapa hal tersebut bisa terjadi namun jika anda mengalami kejadian seperti yang telah jelaskan diatas maka anda bisa melakukan cara – cara berikut untuk memperbaikinya :

1. Jika sedang digunakan. Close terlebih dahulu program smartfren, kemudian ejek/cabut modemnya

2. Remove program smartfren yang telah terinstall di komputer/laptop. Buka control panel. klik start -> Control Panel -> lalu pilihlah menu uninstall a program. Cari program smartfrennya lalu klik Uninstall. Jika sudah selesai, restart komputernya.

3. Selanjutnya masukan kembali modem smartfren anda. Biasanya autorunnya akan muncul dengan sendirinya ketika anda memasukan modem. Jalankan AutoRun.exe 


autorun smartfren


Bila autorunnya tidak muncul, Anda bisa buka folder smartfren. Cari file setup untuk install program smartfrennya kemudian jalankan atau installkan kembali ke komputer.

4. Terakhir coba jalankan kembali aplikasi modem smartfrennya. Klik connect lalu perhatikan apakah modem meresponnya. Jika ia maka anda telah berhasil memperbaikinya.

Bila cara diatas tidak berhasil maka ada kemungkinan modem yang anda gunakan sudah rusak secara fisik. Anda bisa memastikan keruskan tersebut dengan cara mencoba modem yang diduga rusak tersebut di komputer/laptop lain.

4 Responses to "Cara Memperbaiki Modem Smartfren Yang Tidak Bisa Konek Internet"

  1. cara ini juga manjur diterapkan ke modem flexi lomas,soalnya saya pernah ngalamin juga

    ReplyDelete
  2. Oh jadi ada yang rusak ya dengan pengaturannya, jadi perlu diinstall ulang software modem tersebut biar kembali lancar.

    Makasih mas solusinya ya?

    Datang juga ya ke blog saya.

    ReplyDelete
  3. kebetulan modem saya juga yg satu lagi memakai smartfren Bang, tapi belum pernah mengalami kejadian seperti penjelasan di atas hehehe.... berarti kalo misalnya ada kejadian tsb harus di uninstall dulu ya bang, terima kasih bang atas saran2 nya ... :)

    ReplyDelete
  4. Kalo published nya ngga diketahui itu gimana??

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...