Istilah – Istilah Dalam Wireless

Bila anda terpikir untuk membuat sebuah jaringan wireless maka ada baiknya anda perlu mengetahui beberapa istilah yang berkaitan dengan Wi-Fi. Berikut adalah istilah – istilah Penting Seputar Wi-Fi.

1. 802.11 : Merupakan nama tekhnis dari WLAN. Huruf yang lebih besar menunjukkan versi yang terkahir dan yang lebih advanced

2. Base station/Access Point : Ini adalah inti dari jaringan Wi-Fi. AP ini dilengkapi dengan antena yang bisa memancarkan sinyal radio jarak dekat. Piranti Wi-Fi yang aktif bisa mengakses sinyal ini dalam jarak radius tertentu

3. Bluetooth : Spesifikasi untuk wireless dengan jarak yang sangat dekat, dibawah 100 meter

4. Hot spot : Wi-Fi acces point, istilah ini mengacu pada area tertentu di café, airport, hotel dan tempat public lainnya yang menyediakan akses WLAN dan juga internet. Sehingga user yang punya piranti Wifi dapat mengakses internet, baik berbayar atau tidak.

5. LAN : Local Area Network. WLAN merupakan versi wireless dari jaringan LAN

6. Wi-FI Protected Access (WPA) : Teknologi pengamanan jaringan wireless, ini versi yang lebih baru dibandingkan dengan versi Wireless Equivalent Privacy (WEP) 
wireless

Pengetahuan tentang istilah – istilah dalam wireless memang sangat penting sehingga bila seseorang hendak membuat jaringan wireless maka dia tidak akan asing lagi dengan istilah – istilah tersebut. 

Masih banyak lagi hal yang perlu dipelajari saat seseorang memutuskan untuk membuat sebuah jaringan Wireless/Hotspot, Administator harus Mengenal Perangkat Jaringan Wireless yang akan digunakan, Cara mengkonfigurasinya dll. Kecuali bila anda memiliki cukup banyak uang untuk membayar mereka yang memiliki kemampuan dalam pembuatan jaringan wireless, anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari itu semua.

1 Response to "Istilah – Istilah Dalam Wireless"

  1. waa mantap ni mas informasinya. kebetulan saya rencana pasang wifi nanti. saya bookmark dulu ya mas.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...