Mengecek Ketersediaan Username Menggunakan Script PHP

Dalam sebuah website yang menyediakan sebuah form pendafataran untuk menjadi member/anggota dari website tersebut biasanya akan melakukan pengecekan terhadap anggota baru yang akan mendaftar. 

Pengecekan tersebut akan dilakukan secara otomatis menggunakan script PHP dengan mengecek di database. Pengecekan tersebut biasanya bertujuan agar tidak ada data yang sama, seperti misalnya username yang sama, email yang sama, dan lain – lain.

Ketika user baru akan mencoba melakukan pendaftaran dengan nama misal “root” maka PHP akan melakukan pengecekan kedalam database apakah username “root” ada atau tidak dalam database. Jika ada maka PHP akan memberi tahu user bahwa nama user tersebut telah digunakan namun jika tidak PHP akan memberi tahu juga bahwa username dengan nama tersebut tersedia. 


Cara kerja atau proses pengecekannya hampir sama dengan script di artikel Cara Mudah Membuat Login Page Menggunakan Source Code PHP

Untuk melakukan pengecekan kedalam database saya menggunakan script PHP sedangkan untuk menampilkan pesan ketersediaan username saya sedikit menggunakan javascript. Anda bisa memodifikasi script tersebut karena dalam script kali ini hanya mengecekan ketersediaan username saja. Bila anda teratrik dan ingin belajar maka anda bisa mengunduh script ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil




4 Responses to "Mengecek Ketersediaan Username Menggunakan Script PHP"

  1. bisa saya coba nih kang tapi saya masih pelum paham pungsi dan kegunaannya

    ReplyDelete
  2. Caranya simple nih cuman jarang yang tauu salah satunya saya wkwkwk makasii yay tips nya

    ReplyDelete
  3. kebetulan nich lagi fokus belajar php...

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin