Aplikasi Editing Photo di Ubuntu Desktop

Bil Anda pengguna Windows dan tertarik dengan Ubuntu Desktop namun masih takut/ragu – ragu karena misal Anda takut kalau nanti menggunakan Ubuntu, Anda tidak bisa mengedit – ngedit photo menggunakan Adobe Photoshop seperti di Windows.

Sistem Operasi Ubuntu khususnya Ubuntu Desktop sebenarnya sudah di desain/dirancang supaya bila Ada pengguna baru yang pindah/berganti sistem (misal dari Windows) ke ubuntu dapat menikmati hal – hal yang dapat dilakukan pada sistem operasi sebelumnya, misal bagi para pengguna Windows yang sering melakukan editing menggunakan Adobe Photoshop maka bila pengguna tersebut beralih ke Ubuntu, juga dapat melakukan editing photo sama halnya seperti di Sistem Operasi Windows hanya saja aplikasi yang digunakan itu berbeda.

Aplikasi Editing Photo di Ubuntu Desktop yang sebanding dengan Adobe Photoshop adalah “GIMP Image Editor”. Kalau masalah hasil/kualitas editing photonya tidak kalah dengan Adobe Photoshop karena memang kalau masalah hasil itu tergantung dari kreatifitas masing – masing 


photo yang sedang di edit menggunakan Gimp Image Editor
Photo yang sedang di edit menggunakan GIMP Image Editor

Anda dapat memiliki dan menggunakan GIMP Image Editor di Komputer Ubuntu Desktop dengan cara mengunduhnya di Ubuntu Software Center. Sebenarnya Ubuntu Software Center sendiri sudah diintregrasikan dengan Sistem Operasi Ubuntu itu sendiri.


Untuk dapat mengunduh GIMP dari komputer Ubuntu Anda caranya sangat gampang sekali tidak seperti Instalasi XAMPP di Ubuntu Desktop 15.04 tapi yang paling penting dari proses instalasi ini adalah Anda harus memiliki koneksi Internet dan berikut adalah langkah - langkah instalasinya :

1. Dari sidebar atau main menu desktop
2. Klik Ubuntu Software Center. Iconnya dengan lambang 'A' dengan background 
    orange
3. Selanjutnya pada bagian atas atau kotak pencarian tulis GIMP


 proses instalasi gimp dari ubuntu software center


4. Nanti secara otomatis Ubuntu akan menampilkan software tersebut
5. Untuk menginstal GIMP ke komputer Ubuntu Anda, Klik Install. Tunggu
    beberapa saat sampai proses instalasi selesai. Biasanya proses instalasinya
    kurang dari 10 menit tergantung dari kecepatan koneksi internet 
    yang Anda gunakan

6. Bila instalasi sudah selesai maka Icon GIMP akan ditampilkan di menu atau 
    sidebar bagian kiri desktop ubuntu

GIMP Image Editor ini memang sangat cocok sekali bagi para pengguna Ubuntu Desktop yang senang dengan dunia photography atau yang senang edit – edit photo. Dengan Gimp Image Editor ini Anda bisa mengolah, memanipulasi gambar/photo dengan mudah, cepat dan yang paling penting adalah software/aplikasi ini di distribusikan secara gratis. 


Video Instalasi GIMP Image Editor


3 Responses to "Aplikasi Editing Photo di Ubuntu Desktop"

  1. Klo liat aplikasi ini jadi inget labkom mas...kompi disana osnya ubuntu semua...

    ReplyDelete
  2. Saya pernah dulu install ubuntu, tapi saya bingung banget liat penampilannya, lah besok langsung balik lagi deh ke Windows :D

    Ternyata diubuntu ada juga ya aplikasi Edit photo :)

    ReplyDelete
  3. kayaknya menu-menu pada aplikasi GIMP Image Editor ini juga lengkap ya mas.
    sebanding dengan potoshop

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...