Cara Cepat Menambahkan Template Baru ke Drupal

Sama halnya seperti CMS lain, Drupal juga memiliki fasilitas yang memungkinkan seorang pemilik/Administrator website drupal untuk menambahkan sebuah template baru kedalamnya dengan cara yang sangat mudah. Bila Anda sudah berhasil mempraktikan Cara Mudah Membuat Website Menggunakan CMS Drupal maka kalau diperhatikan didalamnya memang sudah dilengkapi dengan template diantaranya Template dengan nama Bartik, Garland dan Stark. Menurut saya ketiga template tersebut sudahlah cukup kalau seandainya, website hanya difungsikan untuk menulis atau kegiatan ngeblog saja tapi mungkin, kalau untuk website sekolahan, perusahaan atau situs portal berita tampilan ketiga Template tersebut rasanya kurang begitu menarik.

Drupal juga memiliki banyak dukungan template baik itu yang berbayar ataupun yang gratis sehingga kalau kita menginginkan tampilan website yang lebih menarik maka kita hanya cukup menambahkan template tersebut ke Drupal. Sebelum menambahkan template baru ke drupal maka sebaiknya Anda persiapkan/unduh template yang Anda inginkan tersebut. Dalam tutorial kali ada 6 template yang akan saya tambahkan diantara :

1. Template Bussines

2. Template Clean theme

3. Template Corporate Agency

4. Template Creative

5. Impact Theme

6. Template Multi Purpose

Anda bisa mengunduh ke enam template diatas di situs resmi drupal atau situs penyedia template khusus drupal. Template yang Anda unduh harus disesuaikan dengan versi drupal yang Anda gunakan misal, dalam tutorial kali ini saya menggunakan Drupal versi 7 maka Anda pun harus mengunduh versi template drupal yang support versi 7. Bila template yang Anda inginkan sudah selesai di unduh maka tahap selanjutnya adalah memasangnya ke Drupal dan berikut adalah Cara Cepat Menambahkan Template Baru ke CMS Drupal :

Ada dua cara yang bisa Anda ambil untuk memasang atau menginstal template pada sebuah situs drupal :

1. Menginstalnya lewat Halaman Administrator

Caranya : Masuk ke Halaman Administrator Drupal Klik Menu à Appearance à Install new theme à klik browse  lalu cari templatenya dalam format zip (tidak usah diextract dulu)  Klik Install dan template akan langsung terpasang 
 
instal template baru di drupal


Bila sudah terpasanga klik enable and set default


2. Menambahkannya langsung ke folder drupal

Cara yang kedua ini lebih cepat dan kita juga bisa menambahkan banyak template secara sekaligus. Caranya : Extract dulu hasil unduhannya ke dalam bentuk folder biasa (bukan zip) kemudian copy template/folder tersebut ke \sites\all\themes. Anda bisa menambahkan banyak template sekaligus ke dalam folder tersebut. Proses penambahannya hampir mirip dengan proses penamabhan teks editor di artikel Menambahkan Teks Editor Baru ke CMS Drupal
 
folder site/all/libraries drupal


Bila template sudah dicopykan kedalam folder site/all/theme selanjutnya kita kembali ke menu administrator drupal. Klik Appearance maka template sudah terpasang klik enable dan set default 
 
Template yang sudah terinstall


Template – template yang terpasang tersebut selanjutnya bisa dikostumisasi sesuai keinginan baik itu dari warnanya, main menu, logo, judul dan hal lainnya sesuai dengan fasilitas template yang kita gunakan.

12 Responses to "Cara Cepat Menambahkan Template Baru ke Drupal"

  1. trimakasih mas atas penjelasannya...jadi sedikit thu apa itu drupal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kang,, saya juga masih baru belajar

      Delete
    2. de ahmad kapan ngasih saya undangan

      Delete
  2. drupal saya baru jadi sepotong kang, emang bisadi tambahin template baru gituh ya?

    ReplyDelete
  3. cara nya sederhana ya mas, tapi menyulitkan bagi saya, hehehe belum pernah ms soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya pelajari dengan pelan lalu terapkan...saya juga masih kelimpungan belajar lagi. udah lama banget meninggalkan, dan itupun nanggung juga pengetahuan saya mas.

      Delete
  4. saya belum pernah nggunain CMS drupal nih mas,dari artikel ini jadinya menambah wawasan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya mirip dengan wordpress kayaknya mas

      Delete
  5. Cukup Menambah wawasan tentang web design khususnya CMS Drupal

    ReplyDelete
  6. sempat juga belajar drupal, tapi yah memang gak berbakat kali ya, makanya ngertinya cuma dikit gan...padahal menarik juga tuh kalau bisa ngotak atik, bisa tambah pengalaman baru dan ilmu baru ya gan?

    ReplyDelete
  7. nah kalo di drupal saya malah belum kenal sama sekali nih mas, sementara nyimak dulu sambil coba mau belajar...semoga sukses selalu buat mas zaelani

    ReplyDelete
  8. kalau pakai drupal seperti pasang self hosting ya... belum pernah coba, taunya WP sama blogger

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...