Cara Menggunakan phpMyadmin di Web Hosting


phpMyadmin merupakan aplikasi berbasis web yang biasanya digunakan untuk membantu proses pembuatan database, tabel atau management sebuah database. Dengan menggunakan Phpmyadmin kita bisa dengan mudah mengelola database sebuah website.

Dalam tutorial ini saya menggunakan PhpMyadmin yang berada di webhosting yaitu 000webhost.com. Bila kita membuat database di localhost menggunakan PhpMyadmin milik XAMPP mungkin akan ada sedikit perbedaan karena kalau di PhpMyadmin XAMPP proses pembuatan databasenya bisa langsung dari Aplikasi PhpMyadmin sedangkan kalau di webhosting untuk membuat database kita harus masuk ke MySQL dan kemudian untuk mengisi data – data/membuat tabel didalam database baru yang dibuat itu, baru kita menggunakan PhpMyadmin.


Jadi kalau kita ingin membuat database baru maka kita terlebih dahulu harus masuk ke MySQL dan membuat database barunya. Untuk cara membuat database di webhosting sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang Cara Membuat Database di Web Hosting.

Sebelum mempraktikan Cara Menggunakan phpMyadmin di Web Hosting maka saya ingatkan kembali Anda untuk membuat database baru terlebih dahulu menggunakan MySQL dan berikut adalah langkah – langkah menggunakan phpMyadmin di Web Hosting

1. Masuk ke Cpanel. Pilih phpMyadmin 
icon phpmyadmin

2. Maka phpMyadmin Acces akan langsung ditampilkan 
phpmyAdmin access
3. Bila sebelumnya Anda sudah membuat database maka pada kolom MySQL 
    Database akan ditampilkan sebuah nama database
4. Pada bagian kolom phpMyAdmin. Klik Enter phpMyadmin dan phpMyadmin 
    akan langsung di terbuka 
aplikasi phpMyadmin

5. Untuk membuat atau mengisi data baru ke dalam datbase,  Anda bisa 
    membuat tabel baru terlebih dahulu di area “Create New Table” 
6. Untuk membuat tabel baru Anda bisa memasukan nama tabel pada 
    bagian “Name” dan jumlah kolomnya pada “Number of fields”

Sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana cara menggunakan phpMyadmin di web hosting ? mungkin cara ini juga berlaku untuk jenis web hosting lainnya, yang membedakan mungkin hanyalah tampilannya saja. 


*Tambahan
Bila Anda mengalami masalah, gangguan atau pas dibuka phpMyadmin nya mengalami error dengan pesan "#1045 - Access denied for user 'a1562436_user1'@'localhost' (using password: YES)" itu sebenarnya tidak apa - apa kadang - kadang phpMyadmin suka mengalami error, coba lagi beberapa saat dan masuk kembali menggunakan cara diatas. 

Video Tutorial Cara Menggunakan phpMyadmin di Web Hosting 


2 Responses to "Cara Menggunakan phpMyadmin di Web Hosting"

  1. wah mantap ini mas ahmad, kebetulan saya mau belajar dulu ini mas, belum begitu mahir otak atik masalah hosting :)

    ReplyDelete
  2. Kalau saya biasa ngelolah PHPMY ADMIN,,,dilocalhost aja...tapi setalah baca artikel ini jadi sedikit paham...saya

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin