Cara Scan Photo di Ubuntu Menggunakan Printer HP Deskjet

Walaupun GNU/Linux Ubuntu merupakan jenis Sistem Operasi Gratis, tapi itu bukan berarti Sistem Operasi ini dibuat secara asal – asalan hingga membuat para penggunanya kesulitan semisal, ketika penggunanya hanya ingin sekedar melakukan scan photo.

Menurut saya GNU/Linux Ubuntu khususnya Ubuntu Desktop ini sepertinya sudah diseting untuk melakukan berbagai macam hal yang bisa dilakukan oleh sistem operasi lain dan sepertinya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna komputer pada umumnya. 
 
Jadi kalau di Sistem Operasi lain kita bisa melakukan scaning maka ubuntu juga bisa melakukannya, dan contoh sederhananya seperti pada Aplikasi Editing Photo di Ubuntu Desktop, kalau di Windows kita bisa melakukan editing photo menggunakan Photoshop maka di Ubuntu juga kita bisa melakukan hal tersebut, yang membedakannya hanyalah jenis Software/Aplikasi yang digunakannya saja.

Sebelum kita melakukan scaning photo maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menambah, memasang atau mengintregrasikan Printer dengan sistem Operasi Ubuntu, cara ini juga dilakukan sebelum kita mempraktikan Cara Cetak Photo Menggunakan GIMP Image Editor
 
Jenis Printer yang saya gunakan adalah Printer Murah Serba Bisa HP Deskjet 1515. Mungkin kalau di Windows itu istilahnya adalah menginstal driver. 
Untuk menginstal atau menambahkan printer di ubuntu caranya cukup mudah :

1.  Nyalakan Printer dan Sambungkan USB Printer ke Komputer/PC
2.  Selanjutnya Klik System Setings --> Klik Printers. Klik satu kali saja, kemudian 
     tunggu dan nanti proses penambahan printer akan dimulai  
3.  Klik “Add” atau tanda “+”

4. Bila Printer sudah tersambung dengan benar maka nanti Ubuntu akan
    mendeteksinya dan menampilkan sebuah printer seperti berikut 
 
Ubuntu Mendeteksi Printer
 
5. Pilih Printer kemudian Klik Forward dan Printer akan langsung ditambahkan


Setelah Printer berhasil terpasang lalu selanjutnya bagaimana Cara Scan Photo di Ubuntu Menggunakan Printer HP Deskjet. Kalau pertama kali kita pasti akan sedikit kebingungan soalnya pada desktop atau sidebar menu di Ubuntu tidak ditampilkan sebuah Aplikasi untuk scaning.

Sebenarnya ketika kita telah berhasil menginstal driver printer maka secara otomatis kita juga bisa memanfaatkan fungsi alat scan yang dimiliki oleh Printer HP tersebut. Untuk dapat melakukan scan photo di ubuntu menggunakan printer HP Deskjet, Anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut :

1. Klik icon ubuntu di pojok kiri atas (Search your computer and online sources), 
    yang ada di sidebar atau menu ubuntu
2. Kemudian pada bagian pencarian ketikan “scan”
3. Nanti akan ditampilkan sebuah Aplikasi dengan nama “Simple Scan”
4. Klik Aplikasi tersebut dan nanti akan ditampilkan sebuah jendela baru
5. Untuk memulai melakukan scaning. Klik scan 
 
Aplikasi Simple Scan
 

Jadi untuk para pengguna baru GNU/Linux Ubuntu jangan khawatir, di Ubuntu Anda juga bisa melakukan/memanfaatkan alat scaning atau melakukan hal lainnya seperti para pengguna Windows karena seperti yang sudah saya bilang sebelumnya bahwa GNU/Linux Ubuntu ini sudah disesuaikan secara umum dengan kebutuhan para pengguna Komputer
















3 Responses to "Cara Scan Photo di Ubuntu Menggunakan Printer HP Deskjet "

  1. memang kalo dngar maslah ubuntu saya jadi belakangan mas, hiks hiks, ga penah nyoba soalnya mas :)

    ReplyDelete
  2. Jadi pengetahuan buat saya apalagi di Indonesia pengguna Linux masih terbatas beberapa orang aja. Mudah-mudahan aja suatu hari bisa kembali ke ubuntu.

    ReplyDelete


  3. great article!!!!!This is very importent information for us.I like all content and information.I have read it.You know more about this please visit again.

    123.hp.com/setup 5810

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...