Cara Menambahkan Auto Increment dan Primary Key Pada Tabel MySQL Dengan phpMyAdmin 4.5.2


Ketika saya beralih dari Apache2Triad ke XAMPP, Saya agak sedikit kebingungan dengan tampilan phpMyAdmin-nya, terutama pada saat saya ingin menambahkan primary key dan auto increment pada tabel yang akan saya buat. Tampilannya berbeda mungkin di karenakan versi phpMyAdmin yang digunakan oleh Xampp berbeda dengan versi yang digunakan oleh Apache2Triad. Tapi sebenarnya menambahkan auto increment dan primary key di phpMyAdmin itu mudah saja, meskipun versi atau tampilan dari phpMyAdmin-nya berbeda – beda.

Fungsi Auto_Increment dan Primary Key

1. Auto Increment

Berdasarkan pengalaman, auto_increment pada sebuah tabel ini biasanya digunakan supaya bila ada data baru yang masuk kedalam database/tabel, maka data tersebut tidak akan tertimpa.
Contoh :
Pada sebuah website terdapat form atau halaman buku tamu, halaman buku tamu tersebut terhubung dengan sebuah tabel database MySQL sebagai tempat menyimpan data – data orang yang berkomentar pada buku tamu website. Bila anda tidak menambahkan AUTO_INCREMENT pada tabel tersebut, maka pada saat ada data baru/user baru yang berkomentar, akan terjadi sebuah error atau duplikat entry, atau dengan kata lain data baru yang di masukan oleh user tidak akan di simpan kedalam tabel database. 
Pesan error akibat tidak menambahkan auto increment biasanya seperti ini “ Maybe : Duplicate entry '0' for key 'PRIMARY' 
pesan error karena tidak menambahkan auto_increment ke tabel

Sedangkan kalau kita menambahkan AUTO INCREMENT, maka jika ada data/komentar baru yang di inputkan oleh user akan secara otomatis ditambahkan

2. Primary Key

Di dalam sebuah tabel, harus ada sebuah field yang digunakan sebagai field Primery Key. Maksud dari field Primary Key, yaitu field tersebut digunakan sebagai field index utama field kunci pengurutan data dari sebuah tabel.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan Auto_Increment dan Primary key pada sebuah tabel database dan berikut adalah Cara Menambahkan Auto Increment dan Primary Key Pada Tabel MySQL Dengan phpMyAdmin 4.5.2 :

1. Menggunakan Query

Menggunakan query maksudnya adalah kita membuat tabel kemudian menambahkan auto_increment beserta primary key-nya menggunakan script yang dijalankan lewat menu SQL yang terdapat di phpMyAdmin. Bila sudah membuat database dan kemudian ingin membuat sebuah tabel maka Anda cukup klik tab/menu SQL kemudian pastekan scriptnya. 
Contoh query/script untuk membuat tabel :

CREATE TABLE `data_jomblo` (
`id` int(20) NOT NULL auto_increment,
`nama` varchar(50) NOT NULL,
`email` varchar(60) NOT NULL,
`alamat` varchar(30) NOT NULL,
`alasan_menjomblo` text NOT NULL,
`tanggal` varchar(18) NOT NULL,
`ip` varchar(32) NOT NULL,
PRIMARY KEY (`id`)
) ENGINE=MyISAM DEFAULT CHARSET=latin1 AUTO_INCREMENT=10 ;

2. Menggunakan cara biasa
Kalau cara pertama menggunakan Query atau script, maka cara kedua adalah cara yang biasa dilakukan, atau cukup klik – klik saja. Kita bisa menambahkan auto increment secara langsung dengan mencentang pilihan A_I pada saat proses pembuatan tabel.

Bila pilihan A_I dicentang maka secara otomatis primary key juga akan di tambahkan seperti yang terlihat pada gambar berikut
Mencentang Auto Increment
Bila tabelnya sudah disimpan maka akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini
tabel sudah dibuat







5 Responses to " Cara Menambahkan Auto Increment dan Primary Key Pada Tabel MySQL Dengan phpMyAdmin 4.5.2"

  1. ASyiikkk dapat disini ilmunya..hahah..trims ya Kang.

    ReplyDelete
  2. wah ternyata mas ahmad jago coding jga yah :D

    ReplyDelete
  3. gan, misal incrementnya digabung sama field lain caranya gimana ya? misal tanggal lahir jadi gini 10091998001, 05031994002,24052000003... dst

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kasus seperti itu,, Saya belum pernah nyoba,, mungkin lain kali akan saya jelaskan...

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...