Menyulap Hardisk PC Jadi Hardisk Laptop


Pernahkah terpikir oleh Anda untuk menjadikan Hardisk PC (Personal Computer) Sebagai Hardisk Laptop/Notebook Anda ? atau mungkin menjadikan hardisk pc seperti layaknya sebuah hardisk eksternal yang bisa dibawa kemana - mana? 

Ketika hardisk Laptop/Notebook Anda rusak, danAnda tidak memiliki cukup banyak uang untuk membeli Hardisk baru, tapi Anda ingat bahwa Anda memiliki Hardisk PC yang tidak terpakai maka Anda bisa menyulap Hardisk PC tersebut menjadi Hardisk Laptop.

Atau ketika Anda memiliki banyak data yang tersimpan di Laptop/Notebook, kemudian Anda ingin menyimpan sebagian datanya ke Hardisk Komputer/PC sementara untuk membeli sebuah hardisk eksternal itu cukup menguras kantong Anda, maka Anda juga bisa menyulap hardisk pc tersebut seperti layaknya sebuah hardisk eksternal/flashdisk yang bisa ditengteng/ dibawa kemana – kemana

Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi saat ini, tentu saja menyulap hardisk pc jadi hardisk laptop itu sangatlah memungkinkan, lalu bagaimana caranya membuat hardisk pc jadi bisa digunakan oleh laptop ?

Untuk dapat Menyulap Hardisk PC Jadi Hardisk Laptop caranya cukup mudah sekali yaitu dengan membeli sebuah alat yang biasanya disebut sebagai alat “CONVERTER HARDISK IDE / SATA KE USB”, dengan alat tersebut kita bisa membuat/merubah Hardisk IDE/SATA yang terpasang di Komputer menjadi hardisk laptop ataupun hardisk eksternal 
conventer hardisk ide/sata ke usb


Kalau Anda cek di toko – toko online, harga dari “Conventer Hardisk IDE/SATA” biasanya berkisar antara Rp. 100.000 s.d 125.000. Tentu saja ini lebih murah, dibandingkan dengan membeli sebuah hardisk baru, sedangkan dengan alat ini Anda bisa memanfaatkan Space Hardisk PC Anda atau Hardisk PC yang sudah tidak terpakai untuk kemudian dijadikan Hardisk Laptop atau Hardisk Eksternal yang kemudian bisa Anda jadikan sebagai media penyimpanan tambahan (backup) atau keperluan lainnya. 
Tapi seandainya Anda tidak memiliki Hardisk PC yang tidak terpakai namun untuk membeli sebuah hardisk baru juga tidak memungkinkan maka Anda bisa mencari alternatif lain yaitu bisa dengan cara membeli hardisk bekas, tapi ingat Anda harus berhati - hati dalam menentukan atau memilih hardisk bekas, jangan sampai tertipu dan akhirnya uang Anda tebuang percuma, oleh karena itu saya sarankan Anda untuk membaca Tips Memilih Hardisk Bekas Yang Berkualitas.






15 Responses to "Menyulap Hardisk PC Jadi Hardisk Laptop"

  1. meang saya sering melihat saat di tempat sekolahku dulu ini, hdd yang pac nya sudh blank di cabut, terus dibuat external buat laptop

    ReplyDelete
  2. wah mantap mas, ini bisa menjadi solusi utama membuat solusi hardisk tambahan ya, cuman butuh kabel ekternal juga ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali mas, bisa buat solusi bagi mereka yang kebingungan cari hardisk laptop,, bisa memanfaatkan hardisk PC sebagai gantinya

      Delete
  3. oohh jadi hardisk eksternal. saya pikir di sulapnya jadi hardisk laptop internal mas. kan beda ukuran ya hii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kang,,, kalau disulap jadi hardisk internalmah mana masuk jahahah :v

      Delete
  4. sipp...jadi tahu sy caranya...trimakasih atas pencerahannya mas :)

    ReplyDelete
  5. Ada juga versi yang pakai BOX...
    Jadi seperti ada rumahnya... saya sudah pakai 2, dan umurnya sudah hampir 8 tahun lebih, masih kepake... :D
    Terima kasih Mas Zae... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berati kalau yang pake box itu kayak hardisk eksternal yang kecil biasa yah mas... kalau sayamah baru tahu euyy.. heheh :D

      Delete
  6. Cara ini bisa juga digunakan pada cd/dvd room untuk note book mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau cd/DVDROM saya kurang tahu,, tapi kayaknya emang bisa sih mas,, kan ada konektor kabel IDE/SATA,, yang cocok juga buat CD/DVDroom .,.

      Delete
  7. waduh sayang sekali baru tau hari ini. keburu dikasih. saya kira ga bisa di gunakan lagi. yang saya di biarkan tergelatk begitu saja karena ga tau masih bisa di gunakan dan akhirnya di minta orang karena g bisa di apa - apai di kasihkan deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa hardisknya gak dikasih sama saya aja,,,?? heheh

      Delete
  8. Apakah cara ini bisa digunakan pada jenis hd yg konektornya masih pake serat/ide Mas?
    Selain itu adakah batas maksimum (berapa GB) kapasitas hardisk yang dapat di supplay melalui konektor ke laptop?
    Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih belum pernah nyoba pake kabel IDE, tapi dialatnya sih memang ada colokan buat IDE,, kalau masalah batasan itu saya kurang tahu, tapi dulu saya pernah nyoba pakai conventer sata/IDe untuk hardisk 300GB dan menurut saya sih kayaknya gak ada batasan, selagi komputer/laptonya kuat dan support..

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...