Remote Desktop Windows XP Menggunakan Net Meeting

Net Meeting merupakan aplikasi buatan Microsoft yang berfungsi untuk melakukan komunikasi antar pengguna Windows XP di jaringan komputer. Selain itu juga kita dapat melakukan chating, melakukan panggilan video, mengirim file, sharing desktop, dan satu lagi yang paling menarik yaitu adalah kita juga bisa meremote/mengendalikan yang tergabung dalam net meeting.

Bila kita ingin  meremote, mengendalikan atau mengontrol komputer windows xp menggunakan Net Meeting, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, diantaranya :

1. Komputer harus terhubung satu sama lain.
Net Meeting memang dirancang untuk dapat beroperasi didalam jaringan komputer, baik itu di jaringan client server atau jaringan peer to peer ( non dedicated server). Jadi sebelum menggunakan Net Meeting, maka pastikan terlebih dahulu bahwa komputer telah terhubung satu sama lain dalam satu network yang sama

2. Komputer harus terinstall/terpasang Net Meeting

Net Meeting merupakan program bawaan dari Windows XP, sehingga sebenarnya bila kita menggunakan/menjalankan Net Meeting, maka kita cukup memanggilnya. Proses Instalasi dan cara penggunaannya sudah pernah saya bahas pada artikel Cara Menggunakan Net Meeting.

Bila komputer Windows sudah terhubung satu sama lain dan sudah terinstall Net Meeting pada masing - masing komputer, maka selanjutnya Anda cukup melakukan konfigurasi Net Meeting di Komputer yang akan di kontrol atau di remote dari komputer Anda, dan berikut Remote Desktop Windows XP Menggunakan Net Meeting :

1. Buatlah sebuah komunikasi menggunakan Net Meeting

Buatlah sebuah panggilan dari salah satu komputer, Anda harus tahu alamat atau ip address komputer yang akan Anda panggil. Anda bisa mencari tahunya dengan cara mengeceknya langsung pada komputer yang akan Anda panggil.

Pada komputer yang akan Anda panggil, Anda cuku Klik start > All Programs > accesories > Command Prompt. Lalu ketikan perintah berikut ip config/all
 catat ip addressnya.

jendela net meeting dan command prompt di windows xp

Selanjutnya Anda tinggal memasukan alamat/ip address komputer yang ingin Anda panggil dari kotak melakukan pemanggilan di Net Meeting. Anda tinggal menunggu sampai komputer yang dipanggil menerima panggilan Anda, ini seperti layaknya Anda menelpon seorang teman dari kejauhan.

2. Net Meeting harus dalam keadaan aktif

Net Meeting harus dalam keadaan aktif atau dalam keadaan terbuka pada komputer yang ingin meremote ataupun yang akan diremote.Bila Net Meeting dalam keadaan tidak aktif atau tidak terbuka, maka yang akan terjadi adalah pada saat salah satu komputer mencoba melakukan panggilan, maka panggilan tersebut tidak akan tersampaikan.

Kalau Net Meeting  dalam keadaan aktif, maka pada saat salah satu komputer mencoba melakukan panggilan, nanti akan ada notif/pemberitahuan di komputer yang dipanggil. Komputer yang dipanggil cukup menekan "accept" di notif sebelah kanan desktop dan kedua komputer akan langsung terhubung melalui Net Meeting, komputer yang bisa tergabung ke Net Meeting bisa lebih dari dua, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan panggilan ke komputer yang ingin Anda ajak komunikasi

pemberitahuan Net Meeting bahwa ada komputer yang memanggil


3. Lakukan Konfigurasi di komputer yang akan di remote.

Terakhir, yang  perlu Anda lakukan adalah melakukan konfigurasi Net Meeting di komputer yang akan di remote.Pada jendela Net Meeting, Anda cukup klik Tools > Sharing atau tekan CTRL + S selanjutnya pilih 'Desktop' kemudian klik share. Nanti secara otomatis tombol "Allow Control" akan aktif

Mengaktifkan share desktop di Net meeting
Bila Anda ingin memberikan kontrol penuh kepada komputer peremote, Anda klik "Allow Control" kemudian centang pilihan "Automatically acept request for control".
memberikan kntrol penuh kepada komputer yang ingin meremote
Klik close bila sudah selesai, nanti desktop secara otomatis akan di share ke komputer yang terhubung kedalam Net Meeting.


Bila komputer yang meremote ingin bisa  secara bebas atau leluasa mengendalikan/mengontrol desktop komputer yang telah dishare kan tersebut, maka kita cukup klik Control > Request Control dan Klik Control > Release Control untuk mengeluarkan/menghentikan kontrol.

14 Responses to "Remote Desktop Windows XP Menggunakan Net Meeting "

  1. Cara ini akan sangat berguna untuk di pergunakan pada komputer kantor, yang penting semua windows yang dijalankan sama-sama windows XP, karena kalau windowsnya berbeda agak sulit untuk melakukan hal ini... :D

    ReplyDelete
  2. selalu berkeinginan memiliki sarana komunikasi vialaptop kayanya dengan net meeting sangat mengasikkan, sayangnya laptopku jadul dan udah mulai bermasalah sieun teu kuateun ah...simpen dulu aja netmeeting nya ya

    ReplyDelete
  3. berarti harus terus saling terhubung ya gan untuk terus bisa diakses. kayaknya bisa dihubungkan dengan kompi kantor untuk mempermudah kontrol kerja. ok makasih, saya pelajari dulu.

    ReplyDelete
  4. hampir mirip seperti remote desktop connection ya mas

    ReplyDelete
  5. cintailah produk bawaan :D pake RDC

    ReplyDelete
  6. saya baca2 berulang, banyak hal baru

    ReplyDelete
  7. Perlu di baca berulang ulang nih biar mudeng, kalo perlu sambil di praktekan. saya dulu juga pernah menggunakan remote desktop tapi sepertinya bukan yang ini deh.

    ReplyDelete
  8. windows XP ternyata masih ada yaa....awet benar nich windows..
    maaf baru sempat mampir ke blog super keren ini....salam dari makassar - banjarbaru :-)

    ReplyDelete
  9. Sayangnya sekarang sudah agak jarang yg menggunakan windows XP :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas... Pa lg support Windowsnya udah d tutup...:(

      Delete
  10. cara yang sering digunakan biasanya di warnet ini kang :)

    ReplyDelete
  11. berarti ini hanya bisa digunakan di Win XP ya.? atau gimana..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stau sy NetMeeting cm bisa d pake d XP.
      Tp mgkn da versi terbaru-nya ntah jg.. Gmn Mas Admin?

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...