Teks Menjadi Mengecil Saat di Print Menggunakan LibreOffice


Masalah teks menjadi mengecil saat di print bukan hanya terjadi di libreoffice saja tapi saya juga pernah mengalami permasalahan yang sama saat saya melakukan printing dokumen menggunakan Ms. Word. Jadi semisal kita sudah menulis satu lembar penuh teks dalam satu dokumen, tapi pada saat di print hasilnya seolah – olah jadi mengecil atau tidak sesuai dengan apa yang kita tulis didalam dokumen.

Di Ms. Word untuk mengatasi hal tersebut kita cukup merestart komputer yang kita gunakan untuk mengeprint dokumen, karena memang setelah dicoba di komputer lain output printer yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan dan saya berasumsi bahwa mukin bukan printer yang bermasalah tapi aplikasinya yang bermasalah.

Hal yang sama juga pernah saya alami di LibreOffice yaitu ketika saya ingin mencetak sebuah tulisan dengan kata “WAKTUNYA PERUBAHAN”. Dalam pengaturan atau setting ukuran huruf, Saya sudah mengeset ukuran huruf tersebut ke ukuran '88' dengan posisi huruf ditengah/center, namun pada saat saya cetak ukurannya tidak sesuai dengan apa yang saya inginkan, mengecil dan di print dari posisi pojok kanan atas atau “top right corner”.

Waktu itu saya berpikir bahwa mungkin ada yang salah dengan pengaturan printer, tapi setelah dicek, dan dingat – ingat rasanya saya belum pernah melakukan pengaturan apapun di LibreOffice. Tapi ada satu hal yang saya curigai yaitu pada bagian “Print” yaitu opsi Range and Copies dengan keadaan “Collate” yang tercentang.

pengaturan print di libre office
 Walaupun saya mencurigai bagian pengaturan tersebut, tapi saya sama sekali tidak bisa melakukan perubahan terhadap pengaturan tersebut karena memang fungsi collate hanya akan aktif ketika kita mengaktifkan “Number of copies” atau ketika kita ingin mencetak sebuah dokumen secara rangkap/ganda.

Setelah mencoba beberapa kali, melakukan pengaturan printer, setting printer dll, output yang dihasilkan printer tetap tidak sesuai dengan apa yang saya tulis di LibreOffice. Kemudian akhirnya saya mencoba untuk melakukan penghapusan printer dan menambahkannya kembali ke Ubuntu. Tapi tetap saja semuanya tidak berhasil, output printer tetap mengecil ata tidak sesuai dengan yang saya tulis di LibreOffice. 


menambahkan printer




Setelah beberapa menit berlalu akhirnya saya berhenti melakukan pencetakan dokumen menggunakan LibreOffice, dan Saya memutuskan untuk mencoba melakukan pengetesan lain yaitu dengan mencoba melakukan cetak/print menggunakan Aplikasi Editing Photo di Ubuntu Desktop yaitu Gimp Image Editor. Teks ukuran besar yang ditulis menggunakan Gimp tersebut dieksekusi dengan baik dan dicetak sesuai dengan ukuran yang saya inginkan, tidak mengecil seperti di LibreOffice.


Teks di ketik di GIMP



Teks di ketik dari GIMP

hasil cetak oleh printer

Gambar hasil cetak LibreOffice dan GIMP 

Melihat keberhasilan dari proses cetak yang dilakukan oleh Gimp akhirnya saya mencoba kembali mencetak menggunakan LibreOffice dan hasilnya LibreOffice pun mencetak dengan ukuran yang sesuai dengan apa yang saya tulis pada dokumen, ini memang sangat aneh tapi memang kenyataanya seperti itu.

Jadi kesimpulannya memang kesalahan bukan terjadi karena printernya yang error tapi aplikanya lah yang error. Bila Anda mengalami hal yang sama dengan apa yang saya halami maka Anda bisa mencoba cara berikut :

1. Tutup Aplikasi Libre Office sampai beberapa menit

Bila pada saat akan mencoba melakukan pengeprinan/pencetak dokumen menggunakan LibreOffice hasil tidak sesuai dengan yang diinginkan, Anda cukup menutup aplikasi tersebut dan berhenti beberapa saat sekitar 5 s.d 15 menit dan setelah itu Anda bisa mencoba memulainya kembali

2. Gunakan Teks Editor atau Aplikasi lain yang memungkinkan.

Kalau memang buru – buru dan hanya ingin mencetak teks singkat saja, Anda bisa mencoba mencetaknya dengan aplikasi lain seperti misal GEDIT, GIMP Image editor dll atau coba mencetak dokumennya menggunakan atau dari komputer lain.

3.Restart atau Shutdown Komputer

Anda bisa mematikan atau merestart komputer linux Anda dan coba jalankan kembali LibreOffice nya.

Dengan menggunakan ketiga cara diatas, saya yakin Anda bisa mengatasi masalah Teks Menjadi Mengecil Saat di Print Menggunakan LibreOffice dan kembali mencetak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Cara ini juga berlaku bagi para pengguna Ms. Word yang mengalami error pada saat mencetak dokumen atau teks yang dicetaknya tidak sesuai dengan ukuran.

16 Responses to "Teks Menjadi Mengecil Saat di Print Menggunakan LibreOffice"

  1. pernah nyoba pake ini tapi gk lama sih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama... tapi dikantor saya sampai sekarang ada satu atau dua kompi yang masih pake LibreOffice...

      Delete
  2. itu sih settingnya gan... pertama saya juga mengira printernya, ternyata sekali di print di lain tempat hasilnya bagus aja kok... tapi jadi pelajaran dari tulisan ini. makasih gan

    ReplyDelete
  3. o...jadi jika bermasalah dengan hasil print mengecil, kita tinggal restar komputernya ya gan...makasih ilmunya yea

    ReplyDelete
  4. Hemmm....Memang terkadang kejadian seperti ini sangat menyebalkan mas...tapi yg biasa saya lakukan yaitu hanya dengan shutdown komputer atau merestart...dan trik ini biasanya oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sagat meyebalkan loeh mas, apa lagi kita dalam keadaan terburu2

      Delete
  5. saya udah lama ngak makai Libre Office ini mas

    ReplyDelete
  6. Ini biasa saya kerjakan kalau ada pengeprinan dari pelanggan mas, kadang orang itu macem2 ada yg minta di perbesar mas teksnya ,ada yg minta diperkecil mas teksnya, tapi saya biasa pengaturan yg otomatis mas, tapi cara ini boleh di coba nanti...

    ReplyDelete
  7. kebetulan tidak menggunakan libreoffice
    jadi solusi klo trjadi masalah serupa

    ReplyDelete
  8. LibreOffice ini freeware ya kang?

    ReplyDelete
  9. Kadang sih sering mengalami seperti ini. Saya suka booting aja biar praktisnya hiehieiee Males repot soale hiehieiee

    ReplyDelete
  10. saya belum pernah mengalaminya kang. mengeprin jadi kecil ukurnnya

    ReplyDelete
  11. Saya belum pernah mengalami, kang. Jarang ngeprint hehhhehehhe. Tapi cukup membantu kalo sewaktu-waktu ada kendala yang mirip

    ReplyDelete
  12. Kalo saya pernah kang ngalamin hal tersebut menggunakan ms. word pada window 8. saat di print hasil tulisan sangat kecil, coba cari cara di mbah google dan ikuti cara seting tetap sama. saya berfikir apa mungkin printernya atau software dari printernya. tapi di laptop saya yang satunya windows 7 hasil ok mbah. akhirnya saya instal ulang laptop yang windows 8 ke windows 7, dan hasilnya ok.

    ReplyDelete
  13. aku dulu pernah pake Libre, sekali coba nyerah. :/

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...