Kode Verifikasi Cadangan Dari Google

Google memang memiliki sistem kemanan yang canggih, salah satu cara Google untuk memberikan kemanan dan kenyamanan bagi para penggunanya adalah dengan memberikan fasilitas/fitur kemanan yaitu verifikasi 2 langkah.

Verifikasi dua langkah maksudnya adalah ketika kita login ke account google milik kita, seperti blogger, Google+, Gmail, maka nanti Google akan meminta kita untuk memasukan sebuah kode yang sebelumnya sudah dikirimkan oleh Google melalui SMS atau panggilan suaran ke nomor telephone kita. Sebenarnya verfifikasi 2 langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengguna yang mencoba masuk ke account Google adalah benar – benar pemilik account yang sah.

Bila Anda ingin mencoba Mengamankan Account Google Dari Serangan Hacker, maka mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini adalah pilihan yang tepat. Sudah 4 tahun lamanya saya memakai layanan keamanan ini, karena saya tahu bahwa seorang hacker akan melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan/mencuri informasi seperti username dan password yang kita gunakan untuk login ke layanan Google.

Dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini, seorang hacker boleh saja tahu email dan password yang kita gunakan untuk login ke layanan Google, tapi itu saja belum cukup karena bila pengguna Google mengaktifkan verifikasi 2 langkah, maka hacker tersebut juga harus tahu kode verifikasi yang dikirimkan ke pemilik sah dari account tersebut.

Saya memang masih memanfaatkan fasilitas kemanan tersebut, dan tepatnya hari ini Saya mendapatkan pemberitahuan mengenai kode verifikasi cadangan. Saya sendiri belum begitu paham tentang konsep Kode Verifikasi Cadangan Dari Google, tapi saya meyakini kode verifikasi ini memiliki tujuan seperti misal, Apabila hanphone/nomor telephone yang biasa menerima kode verifikasi hilang atau dicuri orang, maka dengan menggunakan kode cadangan ini kita bisa tetap masuk ke account google.


Bila Anda pengguna Google yang mengaktifkan fitur verfifikasi 2 langkah, dan ingin membuat kode verifikasi cadangan, maka Anda bisa mengikut langkah – langkah berikut :

1. Masuk ke account google
2. Kemudian masuk ke alamat https://accounts.google.com/SmsAuthConfig
3. Kemudian pada bagian bawah pilih tampilkan kode cadangan 
 
proses pertama pembuatan kode verifikasi cadangan dari google

4. Maka nanti kode cadangan yang Anda miliki akan ditampilkan,
5. Bila Anda kehabisan kode cadangan, maka Anda tinggal klik 
   “Buat kode baru” 
Kode verifikasi cadangan yang dibuat oleh Google
Setiap kode verifikasi cadangan yang dibuat hanya bisa digunakan satu kali saja, bila Anda kehabisan kode verifikasi cadangan atau ingin membuat kode verifikasi cadangan, Anda bisa masuk ke : https://accounts.google.com/SmsAuthConfig
Perlu diingat bahwa kode cadangan ini bukanlah seperti password untuk login ke google, melainkan ini adalah kode verifikasi alternatif, bila no telephone yang biasa Anda gunakan untuk menerima kode verifikasi hilang atau rusak.

Cara menggunakan kode verifikasi cadangan ini sangatlah mudah : 

1. Masuk ke account Google seperti biasa menggunakan username dan
    password yang valid
2. Kemudian bila Google meminta kode verifikasi. Anda tinggal pilih coba cara
   lain untuk masuk 
Mencoba menggunakan kode verifikasi cadfangan

3. Selanjutnya nanti Anda akan dihadapkan pada tampilan berikut 
4. Pilih opsi “Gunakan kode cadangan yang Anda terima dari Google”
 
Memilih Opsi untuk menggunakan kode verifikasi cadangan

5. Terakhir Anda, tinggal masukan kode verifikasi cadangan yang Anda miliki 
 
Verifikasi 2 langkah dengan menggunakan kode cadangan

Permintaan kode cadangan ini hanya akan aktif ketika Anda masuk dengan username dan password yang benar, jadi sekalipun kode verifikasi cadangan ini di ketahui oleh orang lain, maka itu sama sekali tidak akan membuat orang tersebut bisa masuk ke account google Anda, terkeculai jika sang hacker memang tahu keduanya.

4 Responses to "Kode Verifikasi Cadangan Dari Google"

  1. sepakat pisan kang, kode cadangan dari google selain demi keamanan akun juga untuk kemudahan mereka mendeteksi dunia...eh

    ReplyDelete
  2. Versi dua langkah ini sangat penting mas...jika blog sudah merangkak populer , karna kemungkinan terjadi adanya heacker pasti ada , jadi cocok banget niih keamanan 2 langkah

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...