Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Power-on Password Laptop CQ40

Biasanya setiap komputer/laptop memiliki fitur keamanan seperti password bios atau Power-on Password. Fitur ini tentu saja sangat berguna supaya komputer/laptop kita lebih aman, tidak bisa sembarangan diakses oleh orang lain.

Saya pernah mencoba fitur keamanan dari Laptop CQ40, yaitu dengan mengaktifkan system berpassword untuk bios, tapi sayangnya menurut Saya itu masih kurang aman karena Laptop CQ40 yang Saya coba test ini ternyata memiliki tombol alternative booting (pemilihan boot) tanpa harus melewati bios terlebih dahulu, pengguna bisa dengan mudah mengatur booting laptop dari media lain seperti flashdisk dan tentu saja ini merupakah celah yang bisa dimanfaatkan untuk masuk ke system komputer tanpa harus login atau istilah kerennya bypass.

Fitur keamanan yang kedua adalah fitur power-on password bios dimana bila fitur ini diaktifkan, maka pada saat komputer/laptop booting, sistem komputer akan meminta password. Ini menurut Saya cukup aman karena bila ada orang yang ingin membaypas laptop Anda misal dengan menggunakan Falshdisk yang berisi Hiren’s BootCD, dia pasti akan kesulitan karena tidak bisa mengeset booting dari flashdisk, tapi ini juga hanya berfungsi bila booting dari flashdisk/CD room di nonaktifkan.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Power-on Password Laptop CQ40 sangatlah mudah,
1. Masuk ke Sistem Bios Laptop CQ40
2. Masuk/Pilih Menu “Security”
3. Klik tab/menu Power-on Password, klik enter dan masukan Password yang Anda inginkan

Untuk Menonaktifkan Power-on password bios, Saya agak sedikit kesulitan, karena pada menu pengaturan bios tidak ada pilihan untuk menonaktifkan Power-on Password, entah tidak ada atau memang Saya tidak tahu, tapi yang jelas untuk menonaktifkan Power-on Password di Laptop CQ40 Saya menggunakan cara manual yaitu dengan melakukan reset pada batu CMOS/jumper CMOS bios CQ40.

Dalam Laptop CQ40, jumper/baterai CMOS ini menggunakan sambungan kabel, Anda cukup mencabut sambungan kabel tersebut kemudian pasangkan kembali kabel tersebut, maka sistem komputer/laptop akan melakukan reset password bios dan Power-on password.

Kalau melihat Power-on password dan Password bios bisa di reset hanya dengan cara mencabut baterai sambungan baterai CMOS, menurut Saya ini menunjukan bahwa sistem keamanan Laptop CQ40 masih lemah. Mungkin Saya harus lebih banyak belajar lagi mengenai hal ini, agar Saya tidak salah dalam menjelaskan atau berpendapat mengenai sistem keamanan komputer.

3 Responses to "Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Power-on Password Laptop CQ40"

  1. Kamu tau cara supaya bisa pakai data GSM untuk Internet di Smartfren G2 Limited Edition, gak? Kasihan HP-ku tergeletak gitu aja. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh kasihan ya....telp aja mbak langsung sama mas admin...

      Delete
  2. Iya mas... betul ini perlu di ketahui untuk jaga keamanan sewaktu-waktu laptop di tinggalkan...

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...