Cara Mengetahui Jenis Driver Yang Belum Terinstal di Komputer

Seperti yang kita tahu bahwa driver berfungsi perantara untuk berkomunikasi antara perangkat lunak dan perangkat keras. Tanpa Driver, perangkat keras/Hardware bagaikan tubuh yang tak bernyawa sehingga ketika kita telah selesai menginstal komputer maka kita juga harus memastikan bahwa semua driver yang diperlukan telah terinstal.

Beberapa Sistem Operasi seperti Windows 7 biasanya akan secara otomatis menginstalkan driver yang diperlukan oleh komputer/laptop atau bahasa kerennya “Plug And Play” kecuali mungkin untuk perangkat yang baru – baru atau belum dikenal oleh sistem operasi, maka kita perlu menginstal/memasang driver tambahan, tapi terkadang kita kebingungan menentukan jenis driver yang cocok, kita tidak tahu dengan pasti apa nama atau jenis drivernya karena pada saat dicek di device manager, nama/jenis drivernya tidak jelas (unknown device)

Untuk melihat apakah ada driver yang belum terninstal di komptuter, Anda cukup masuk ke device manager. Di Windows 7 Anda cukup klik start >klik kanan pada bagian computer > Properties > lalu pilih Device Manager

Dalam kasus kali ini saya sedikit kebingungan karena pada bagian “other device” ada 3 jenis driver yang belum terpasang, namun device manager hanya menampilkannya dengan nama “Base System”, tentu saja ini membuat saya kebingungan karena base sytem bukanlah nama drivernya.

Saya sendiri tidak begitu paham dengan hal ini, tapi yang jelas pada saat saya klik kanan properties pada bagian “Base System” dan ternyata memang informasi jenis drivernya tidak diketahui.

Bila kita ingin mengetahui jenis driver yang cocok, maka tentunya kita perlu mengetahui nama drivernya. Untuk mengetahui nama / jenis drivernya Anda bisa menggunakan software “Unknown Device”. Software/Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengetahui jenis driver yang belum terinstal/ driver yang tidak dikenal oleh komputer (unknown device). Anda bisa mendownload software ini disitus resminya atau juga Anda bisa menemukan software ini dalam paket Hiren’s BootCD. Karena disini saya menggunakan Hiren’s maka Cara Mengetahui Jenis Driver Yang Belum Terinstal di Komputer adalah sbb:

1. Masukan CD/Flashdisk Hiren’s. Disini saya menggunakan Hiren’s versi 15 
    Anda bisa Download Hiren's BootCD 15 Hasil Modifikasi kemudian buatlah

2. Jalankan HBCDMenu.cmd
3. Klik Programs > System Information > Unknown Devices
4. Selanjutnya nanti akan tampil jendela berikut 
Unknown Device

5. Pada gambar terlihat bahwa nama – nama driver yang tidak diketahui di 
   device manager ditampilkan
6. Ada 3 jenis driver yang belum terinstal yaitu : JMicron Technology Corp.
   SD/MMC Host Controller, JMicron Technology Corp. MS Host Controller,
   JMicron Technology Corp. xD Host Controller
7. Kalau sudah ditemukan nama atau jenis drivernya maka langkah
   selanjutnya Anda cukup mencari nama driver tersebut di internets 




Dengan menggunakan Unknown Device, maka kita bisa dengan mudah mengetahui jenis driver yang belum terinstal di komputer/laptop kita, atau juga kita bisa mengetahui jenis driver yang tak dikenal oleh device manager








3 Responses to "Cara Mengetahui Jenis Driver Yang Belum Terinstal di Komputer "

  1. ini langsung dari system ya mas, mantap atuh kang :)

    ReplyDelete
  2. kalo saya biasanya pakai 3 DP ship mas, semua ke detect tinggal download aja sambilan ngupi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya biasanya saya pasrahkan ama tukang instalnya gan karena memang saya kurang paham dengan hal-hal beginian, tahu terima beres, hehehe

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...