Mengatasi Error Pada Saat Instalasi Drupal 8


Saat ini Drupal memang sudah mencapai versi 8, dan banyak dari para pengguna Drupal yang mengupgrade drupalnya ke versi 8 atau ada juga yang hanya sekedar coba – coba saja.
 
Menurut orang awam seperti Saya perbedaan yang paling terlihat antara Drupal 7 dan 8 itu terlihat pada tampilan page administratornya dan penambahan template bartik mobile responsive, sementara untuk fungsi seperti PHP OPcode caching / OPCache dan fungsi lainnya Saya belum begitu mengerti.

Saya mengalami sedikit masalah terutama pada saat proses instalasi Drupal 8 di localhost. Disini Saya menggunakan Sistem Operasi Windows 7 dengan Web server Apache/2.4.17 (Win32) OpenSSL/1.0.2d PHP/5.6.14. Error yang saya alami pada saat instalasi tepatnya pada saat proses penanaman data – data website ke dalam database, jadi error ini terjadi sebelum Saya berhasil memasukan data – data seperti “Sitename, username dan password untuk login alamat email, dll.

Dan ketika error terjadi Saya mencoba memulai kembali instalasi menggunakan file yang sama, tapi system Drupal malah mengatakan bahwa Drupal sudah terinstall padahal kenyataanya Drupal tidak terinstal dengan baik, hanya databasenya saja yang berhasil di masukan. Pesan errornya seperti berikut “Fatal error : maximum execution time of seconds exceeded in C:\xampp\htdocs\drupal8\Core\Database\Statement.php on line 64”, kalau menurut Saya ini mungkin seperti masalah batas waktu eksekusi database. 
error drupal8
Mengatasi Error Pada Saat Instalasi Drupal 8 caranya cukup mudah :

1. Bila terjadi error, hapus saja file/folder drupal8 yang ada di htdocs 
    kemudian masukan file yang baru, jangan lupa juga Buat database baru 
2. Selanjutnya lakukan konfigurasi pada file php.ini. File ini biasanya terletak 
    C:\xampp\php

3. Buka file php.ini kemudian cari baris berikut “max-excecution-time=30
4. Rubah waktu eksekusinya menjadi missal 160 “max-excecution-time=160
5. Terakhir jalankan instalasi Drupal melalui web browser

Bila pada saat proses install site atau konfigurasi database masih terdapat error seperti “Fatal error: Maximum execution time of 60 seconds exceeded in C:\xampp\htdocs\drupal8\vendor\doctrine\annotations\lib\Doctrine\Common\Annotations\DocParser.php on line 1057“ Anda coba reload saja halamannya kemudian bila berhasil, nanti Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengisi data – data website Drupal seperti “Sitename, username, email, dll.

Mungkin masalah error yang dialami akan berbeda - beda, contohnya bila Anda menginstal Drupal di linux Ubuntu mungkin error/masalahnya juga akan berbeda. Masalah instalasi Drupal di linux Ubuntu juga sudah Saya bahas dalam video tentang Instalasi Drupal 8 di Linux Ubuntu 15.10

Jadi kesimpulannya bila Anda mengalami masalah seperti yang saya alami diatas, maka Anda cukup melakukan konfigurasi di file php.ini xampp, file tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mengatur batas maxmimal/size (
upload_max_filesize) dari file yang akan Anda upload ke website, ini juga sudah pernah Saya bahas pada Artikel Cara Mudah Memindahkan Artikel Blogger  Ke WordPress

1 Response to "Mengatasi Error Pada Saat Instalasi Drupal 8"

  1. Salam blogger, postingan yg bermanfaat. blogwalking sekalian silaturahmi :)

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...