Aplikasi Alternatif CorelDraw di Ubuntu

Inkscape adalah editor ilustrasi yang memiliki banyak hal yang dibutuhkan untuk menciptakan seni komputer berkualitas profesional . Anda dapat menggunakannya untuk membuat diagram dan ilustrasi , gambar teknis , web grafis , clip art , ikon dan logo . Sebuah pilihan alat editing grafis vektor kuat datang sebagai standar . Ada dukungan yang sangat baik untuk jalur , gradien , lapisan , transparansi alpha dan kontrol aliran teks . 

Perpustakaan yang luas filter memungkinkan Anda untuk menerapkan efek realistis dan ekstensi memungkinkan Anda untuk bekerja dengan bitmap , barcode dan tanda cetak , antara lain . Sebagian besar format vektor umum yang didukung , termasuk PDF , file Adobe Illustrator dan AutoCAD , dan itu telah tak tertandingi dukungan untuk standar web grafis SVG .

Aplikasi Editing Photo di Ubuntu Desktop seperti Gimp merupakan Aplikasi alternative pengganti atau yang setara dengan Photoshop di Windows. Selain itu ada juga Aplikasi Alternatif CorelDraw di Ubuntu yaitu Inkscape yang setara dengan CorelDraw di Windows, setara bukan berarti sama namun Aplikasi/software ini mampu bekerja dengan sangat baik layaknya CorelDraw

Anda dapat menemukan Inkscape di Ubuntu software center. Dan untuk dapat menginstalnya di komputer Saya pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet. Untuk dapat mendapatkan Inkscape di komputer Ubuntu Anda caranya :
1. Masuk ke ubuntu software center
2. Pada kotak pencarian, masukan kata kunci Inkscape
3. Bila sudah ketemu. Klik Instal
4. Tunggu beberapa saat sampai Inkscape ditambahkan kesidebar/menu ubuntu 
    yang terdapat disebelah kiri
5. Terakhir Anda bisa mencobanya 

Area Kerja Inkscape

Ada beberapa karya yang sudah Saya hasilkan menggunakan Inkscape ini diantaranya sudah Saya bahas pada artikel :

1. Contoh Desain Cover Proposal Menggunakan Inkscape
2. Contoh Simple Desain Cover Buku Menggunakan Inkscape
3. Desain Sampul Buku Tulis Inkscape
  
Anda bisa mempelajari Inkscape secara otodidak, karena menurut Saya aplikasi ini sangatlah mudah untuk digunakan seperti Aplikasi CorelDraw di Windows atau bila Anda tidak yakin mempelajarinya secara otodidak maka Anda mendownload panduannya. Download Panduan Lengkap Inkscape 




2 Responses to "Aplikasi Alternatif CorelDraw di Ubuntu"

  1. Kalau ini hampir mirip dengan aplikasi editan photo ya mas, tapi kelebihannya apa saja kah mas apa kualitas gambarnya lebih bagus atau apa ?

    ReplyDelete
  2. izin download ya kang.! buat dipelajari lebih dalam.!

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...