Dapat Teguran Dari Youtube.com


Saat itu Saya ingin mencoba mengupload sebuah video tutorial ke situs youtube.com, tapi pada saat saya masuk dengan account youtube Saya, tiba – tiba di halaman depan youtube terdapat pesan peringatan dalam bahasa ingris, dan kalau di terjemaahkan menggunakan Google Translate artinya adalah sbb :

PERHATIAN

Seperti yang Anda ketahui, Pedoman Komunitas kami menjelaskan yang konten kami memungkinkan - dan tidak memungkinkan - di YouTube. video "Cara Terbaru Video Call Menggunakan Facebook" ditandai untuk diperiksa. Setelah meninjau, kami menentukan bahwa itu melanggar pedoman kami. Kami sudah dihapus dari YouTube dan diberi teguran Pedoman Komunitas, atau hukuman sementara, ke akun Anda.

Dampak pemogokan
Ini adalah serangan pertama diterapkan ke akun Anda. Kami memahami bahwa pengguna jarang berniat untuk melanggar kebijakan kami. Itu sebabnya pemogokan tidak bertahan selamanya - jika Anda tidak menerima teguran lain selama enam bulan, pemogokan awal Anda akan berakhir. Namun, penting untuk diingat bahwa serangan tambahan bisa mencegah Anda dari posting konten ke YouTube atau bahkan menyebabkan akun Anda sedang dihentikan.

Bagaimana Anda dapat merespon
Jika Anda yakin ini adalah sebuah kesalahan, kami ingin mendengar dari Anda. Ikuti kedua langkah ini sebagai hanya menghapus video tidak akan menyelesaikan teguran pada akun Anda.

Lain kali Anda masuk Anda akan diminta untuk mengakui serangan ini pada akun Anda.
Jika Anda ingin mengajukan banding atas teguran ini, silakan kunjungi bagian Manajer Video saluran Anda. Tim kami benar-benar akan meninjau banding Anda dan akan menghubungi Anda lagi segera.
 
Teguran dari Youtube


Dari isi pesan diatas sudah menunjukan Saya melakukan kesalahan dalam sebuah Video yang Saya unggah ke situs youtube,. Pihak youtube menganggap bahwa Saya melakukan spaming. Setidaknya dari pesan Saya sudah mengerti mengapa Saya Dapat Teguran Dari Youtube.com

Karena saya masih penasaran, akhirnya Saya coba mengecek email yang masuk. Biasanya kalau ada pemberitahuan atau kita melakukan kesalahan selalu ada pemberitahuan juga ke email, dan ternyata benar saja ada pesan yang masuk ke email dari pihak Youtube.


Isi pesannya adalah sbb : 
Pesan peringatan dari youtube yang masuk ke email


Hi Ahmad Zaelani,

Seperti yang Anda ketahui, kami Pedoman Komunitas menjelaskan yang konten kami memungkinkan - dan tidak memungkinkan - di YouTube. Video "Cara Terbaru Video Call using Facebook" ditandai untuk diperiksa. Setelah meninjau, kami menentukan bahwa itu melanggar pedoman kami. Kami sudah dihapus dari YouTube dan diberi teguran Pedoman Komunitas , atau hukuman sementara, ke akun Anda.

pembatasan konten video
Ini tidak apa-apa untuk mengirim sejumlah besar bertarget, tidak diinginkan, atau berulang ke YouTube. Jika tujuan utama konten Anda adalah untuk mengarahkan pemirsa YouTube ke situs lain, kemungkinan akan melanggar kebijakan spam kami. Selain itu, menyesatkan deskripsi, tag, judul, atau thumbnail yang dirancang untuk meningkatkan tampilan tidak diperbolehkan. Tags hanya harus ditempatkan di bagian tag yang sesuai dan tidak dalam deskripsi. Selengkapnya .

Dampak pemogokan
Ini adalah serangan pertama diterapkan ke akun Anda. Kami memahami bahwa pengguna jarang berniat untuk melanggar kebijakan kami. Itu sebabnya pemogokan tidak bertahan selamanya - jika Anda tidak menerima teguran lain selama enam bulan, pemogokan awal Anda akan berakhir. Namun, penting untuk diingat bahwa serangan tambahan bisa mencegah Anda dari posting konten ke YouTube atau bahkan menyebabkan akun Anda sedang dihentikan.

Bagaimana Anda dapat merespon
Jika Anda yakin ini adalah sebuah kesalahan, kami ingin mendengar dari Anda. Ikuti kedua langkah ini sebagai hanya menghapus video tidak akan menyelesaikan teguran pada akun Anda.

Lain kali Anda masuk Anda akan diminta untuk mengakui serangan ini pada akun Anda.
Jika Anda ingin mengajukan banding atas teguran ini, silakan kunjungi Pengelola Video bagian dari saluran Anda. Tim kami benar-benar akan meninjau banding Anda dan akan menghubungi Anda lagi segera.

Hormat kami,
- Tim YouTube


Dari isin pesan diatas Saya menyadari bahwa mungkin bukan konten videonya yang bermasalah. Pasalnya ada beberapa orang juga yang mengupload video dengan bahasan yang sama seperti Saya tapi video mereka aman – aman saja, tidak dihapus oleh Pihak Youtube.

Biasanya setiap kali membuat video tutorial Saya selalu menambahkan sebuah link ke halaman blog milik Saya pada deskripsi Video, tujuannya adalah supaya para viewer juga bisa mendapatkan tutorial dalam bentuk text yang ada di blog, dan hal ini sering Saya lakukan. Tapi kali ini sepertinya hal tersebut Youtube anggap sebagai sebuah tindakan spaming karena Saya dianggap berusaha mengarahkan orang untuk menuju halaman lain. Kecurigaan ini berdasarkan pesan berikut

“ Jika tujuan utama konten Anda adalah untuk mengarahkan pemirsa YouTube ke situs lain, kemungkinan akan melanggar kebijakan spam kami. Selain itu, menyesatkan deskripsi, tag, judul, atau thumbnail yang dirancang untuk meningkatkan tampilan tidak diperbolehkan. Tags hanya harus ditempatkan di bagian tag yang sesuai dan tidak dalam deskripsi”

Sebenarnya Saya yakin bahwa menambahkan sebuah link di deskripsi Video bukanlah tindakan spaming, dan itupun sudah sering Saya lakukan, hanya video tersebut sajalah yang di hapus oleh Youtube, sementara video – video lainnya yang juga menambahkan link di deskripsi Video tidak dihapus oleh Youtube.

Mungkin karena video yang dibahasnya adalah tentang facebook sehingga Youtube curiga bahwa Saya mencoba mengarahkan pemirsa video untuk pergi ke situs lain selain facebook, mungkin ini dianggap seperti semacam sebuah phising, padahal link yang di perpendek menggunakan GOO.GL tersebut mengarah ke halaman blog dan bukan ke link – link yang dianggap berbahaya seperti yang Youtube pikirkan.

Disini Saya hanya berpendapat saja, Saya tidak tahu apakah pendapat Saya itu benar atau salah, tapi yang jelas Saya yakin bahwa menambahkan link pada bagian deskripsi Video bukanlah tindakan spaming, apalagi link tersebut memang ada hubunganya dengan video yang sedang dibahas.

Baca juga : Believe Music Copyright Scam Youtube





14 Responses to "Dapat Teguran Dari Youtube.com"

  1. Hmm harus lebih hati hati lagi kalau begitu ya kang.

    ReplyDelete
  2. Semoga jadi pembelajaran kita mas, termasuk mas sendiri.

    Makasih banget berbagi pengalamannya.

    ReplyDelete
  3. itu akan jadi pengalaman sekaligus pembelajaran ya mas.kita harus berhati-hati lagi menyikapi hal seperti itu

    ReplyDelete
  4. mohon bantuannya gan,,, saya sudah tdak bisa upload video ke yutub or di non aktvkan tu gmna solusinya mohon balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya ada peringatan terlebih dahulu gan,,, cobalah cek email dan lihat apakah ada pesan dari youtube,,, biasanya ada pemberitahuan,,, coba cek dulu emailnya

      Delete
  5. agak subyektif juga yah penilaiannya dari youtube

    ReplyDelete
  6. gan, saya juga dapat teguran. padahal saya gak menempatkan link apapun. apa mungkin karena video saya itu berisi tentang cara download video youtube? apa mungkin video tutorial cara download video youtube melanggar pedoman komunitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan permasalahannya terletak pada itu, karena agan mungkin upload video tentang cara download video youtube, dan biasanya sih nanti dihapus sama youtubenya,, soalnya ada juga yang pernah seperti itu,, tapi saya kurang tahu juga,,, tapi kalau saya pribadi karena menambahkan link di deskripsi,, padahal yang dibahasnya facebook, mereka takut kalau link yang kita simpen itu diarahkan situs peniru atau jebakan...

      Delete
  7. ane malah aneh gan, ane ada tugas dari dosen bikin presentasi dan disuruh mendokumentasikan dalam bentuk video, terus diupload ke youtube.
    sejam kemudian dapet email kalo video ane dihapus, perasaan ane gak melanggar apa apa, video ori, audio gak ada (cuman suara ane)
    judul sesuai sama video, di deskripsi cuman ada nama ane, sama NIM ane, link gak ada.
    nih harus gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aneh juga sih yah,, tapi sebenarnya penempatan link itu gak bermasalah, asal situs yang sudah terverifikasi,, saya juga sering menempatkan link, tapi link blog saya sendiri yang sudah terverifikasi,
      tapi itu aneh juga sih yah,,kalau tidak ada yang salah memang seharusnya tidak melanggar, dan tidak boleh dihapus,,

      Delete
  8. gan ane juga daqapet peringatan,,,video ane mirip miripsama video yang ane upload sebelumnya,,dan tagnya juga ane copy dari video pertama,,,na itu bagus nya banding ataju apus atau biarin aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang dapat peringatan,, kalau menurutku mending dihapus saja, tapi kalau yakin memang tidak melanggar aturan yah silahkan ajukan banding

      Delete
  9. Kalo kena strike 1 apakah masih bs dimonetize bang? Apa hrs nunggu 3-6bln dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya jangan terlau terburu - buru, banyakin saja kontennya dulu, baru nanti kita monetasi lagi,,, tunggu aja dulu, sesuai dengan intruksi atau arahan yang diberikan google/youtube, kalkau disuruh nunggu yah nunggu, tapi kalau enggak, tunggu sampai sebulanan aja...

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...