Mencerahkan Foto Menggunakan GIMP

Dalam kondisi tertentu foto yang dihasilkan oleh kamera digital atau handphone perlu diolah kembali sehingga mengahsilkan foto yang baik. Cara klasik yang biasanya digunakan oleh seseorang untuk membuat sebuah foto tampak lebih cantik yaitu dengan melakukan pencerahan dengan tujuan supaya foto lebih bercahaya.

Untuk dapat Mencerahkan Foto Menggunakan GIMP caranya sangat mudah dan simple. Secara umum ada 3 cara yang bisa Anda gunakan untuk mencerahkan foto di GIMP:

1. Menggunakan “Levels”

Buka sebuah foto menggunakan Gimp. Klik menu Colors > Levels. Selanjutnya atur pencahayaan foto pada bagian Input Levels sehingga foto menjadi terlihat cerah atau terang.



Mengatur cahaya foto dengan Levels Foto di GIMP


2. Menggunakan “Curves”

Selain menggunakan Levels, Anda juga bisa mencerahkan foto menggunakan Curves. Caranya Klik menu Colors > Curves. Atur pencahayaan/kecerahan foto dengan menggeser garis yang terbentang dari sudut kanan sampai sudut kiri. Pada bagian channel Anda juga bisa mengatur pencahayaan untuk warna tertentu saja, sepeti Red, Green dan Blue


Mencerahkan foto menggunakan Curves


3. Menggunakan Brightness And Contrast

Cara ini mungkin lebih simple, hasilnya juga berbeda dengan Levels dan Curves. Untuk beberapa keperluan tertentu Brightness And Contrast ini akan sangat dibutuhkan. Anda bisa mencoba Brightness And Contrast dengan Klik menu Colors > Brightness And Contrast. Selanjutnya atur sesuai dengan kebutuhan.


Mencerahakan Foto Menggunakan Brightness and contrast



Video  Mencerahkan Foto Menggunakan GIMP






1 Response to " Mencerahkan Foto Menggunakan GIMP"

  1. Kalau aplikasi yang bagus untuk mengedit photo itu apa ya kang.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...