Mengatur Format Content Type Artikel Drupal 8

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang bagaimana Cara Membuat Artikel & Pengaturan Front Page di Drupal 8. Pada Tutorial kali ini yang akan Saya jelaskan adalah tentang mengatur Format Content Type artikel, maksud mengatur format disini adalah mengatur atau menjelaskan tentang cara mengatur Form isian untuk membuat artikel, penambahan jenis “field baru” kemudian juga pengaturan artikel yang ditampilkan pada halaman depan.

Secara default Content Artickel memiliki 4 jenis field yaitu diantaranya :

Body, Comment, Tags, image, kemudian untuk title, informasi author dsb memang sudah diatur secara default sehingga ketika kita ingin membuat sebuah content type baru kita tidak perlu membuat jenis “field” untuk title dsb.

field – field tersebut berhubungan langsung dengan masalah form isian yang ditampilakan kepada pengguna, bila body tidak ada maka kita tidak bisa memasukan isi artikel, bila field “Tags” tidak ada maka kita tidak bisa memberikan kategori pada artikel yang kita buat, begitu seterusnya.

Content Type yang terdapat pada artikel bisa Anda kurangi atau bisa Anda tambahkan sesuai dengan kebutuhan, tapi untuk menambah content/field baru ini akan saya bahas pad artikel selanjutnya.

Untuk mengatur Format Content Type Artikel Drupal 8 caranya cukup 
mudah :

1. Klik Structure > Content Types > Manage Field. Maka nanti akan muncul
   tampilan berikut :
Cara mengatur format content type artickel drupal 8
  
2. Terdapat 4 main menu terlihat pada gambar diatas yaitu : Edit, Manage 
    Field, Manage Form display dan manage Display

3. Manage Field
Terdapat 4 jenis field pada menu “Manage Field” terlihat pada gambar
diatas, diantaranya Body, Comments, image dan tags. Pada menu ini Anda  bisa menambah atau mengurangi jenis fieldnya.

4. Manage Form Display
 Menu Manage Form Display ini berkaitan dengan form yang anda lihat pada saat anda membuat artikel, seperti, title, body, image, tags, dll. Pada menu ini Anda bisa mengatur form tersebut, apakah ingin mengaktifkannya atau tidak, Anda bisa saja menghilangkan/menonaktifkan misal “Tags” pada form tersebut sehingga ketika Anda menulis artikel baru, Anda tidak perlu menulis/memasukan “Tags” pada artikel. Untuk menonaktifkannnya Anda cukup drag “Field” Tags ke bagain disable.

5. Manage Display
 Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa terdapat 4 jenis “field” yaitu Body, Comments, image dan tags, Anda bisa saja menonaktifkan salah satunya. Contoh bila Anda menonaktifkan “image” maka pada saat artikel di readmore, content image tidak akan muncul sementara sebelum direadmore content image akan tetap ditampilkan, begitu juga dengan ketiga content lainnya. Cara menonaktifkannya juga sama seperti pada point 4, anda cukup melakukan drag ke bagian disable, 

6. Edit
Ini kalau tidak salah berkaitan dengan mengatur/merubah nama content type dan pengaturan lain seperti masalah publishing artikelnya.

Selain itu juga Anda bisa mengatur tata letak contentnya misal, bila “manage display” memiliki susunan field seperti berikut : Body, Comment, Image dan Tags, Anda bisa mengatur susunannya sesuai dengan keinginan Anda, Misal bila Anda ingin Menampilkan “Comment” terlebih dahulu, maka content “Comment” yang akan ditampilkan terlebih dahulu pada bagian atas pada saat artikel di readmore

Video Cara Mengatur Format Content Type Artikel Drupal 8

 

1 Response to "Mengatur Format Content Type Artikel Drupal 8"

  1. Terima kasih mas walaupun belum sampai kesini tapi ini bisa buat jadi bekal buat nanti kalau mau buat drupal.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...