Tips Membeli Komputer Bekas Murah & Berkualitas

Kadang kala dengan budget yang minim kita ingin mendapatkan sesuatu (barang) dengan harga yang murah tapi disisi lain juga kita tidak ingin mengenyampingkan kualitas dari barang yang kita beli dengan harga murah tersebut.

Barang murah apalagi bekas biasanya selalu punya imej buruk, tapi tidak semuanya seperti itu karena yang terpenting adalah pada saat kita membeli barang yang murah dan bekas, kita harus jeli dan teliti.

Beberapa komputer bekas yang dijual dipasaran rata – rata dalam kondisi bagus atau layak untuk digunakan. Alasan para pengguna komputer yang menjual komputernya ke toko itu bukan hanya karena alasan komputer tersebut rusak saja, tapi terkadang ada alasan – alasan lain seperti, sudah bosa, butuah uang dll. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memutuskan untuk membeli komputer bekas. Berikut adalah Tips Membeli Komputer Bekas Murah & Berkualitas

Sumber Gambar : ezzy computer

1. Cek Barang Dengan Teliti

Pengecekan bisa dialkukan dengan melihat tampilan fisik komputer yang akan dibeli atau juga bisa mengeceknya dengan cara menyalakan komputer secara langsung. Anda juga bisa mengecek spesifikasi komputer yang akan Anda beli dengan cara – cara berikut :

Pengecekan ini sangat penting sekali apalagi bila komputer yang dibeli akan dijual kembali. Jika ditemukan ada kerusakan maka Anda bisa menawar komputer tersebut dengan harga yang lebih murah lagi dari harga yang ditawarkan

2. Bandingkan harga dengan komputer baru

Ketika akan membeli komputer bekas, Anda harus menentukan spek komputer seperti apa yang akan Anda beli, selanjutnya bandingkan harga antara komputer baru dengan komputer bekas yang akan Anda beli tersebut, jika harga komputer bekas yang ditawarkan terlalu mahal atau tidak ada setengahnya dari harga komputer baru, maka sebaiknya Anda coba cari Komputer bekas di tempat lain, karena Saya yakin banyak sekali para penjual komputer yang bermain di segmen pasar ini dan tentunya Anda akan punya banyak pilihan.

3. Jaminan Terhadap Pembeli


Kalau Anda tidak begitu paham pada saat melakukan pengecekan komputer maka point ini sangat penting untuk Anda. Menurut Saya meskipun barang yang kita beli adalah barang bekas, pembeli tetap berhak mendapatkan jaminan bahwa barang yang dibelinya masih dalam keadaan bagus dan layak untuk digunakan. Kalau Anda membelinya (komputer bekas) secara online pastikan membelinya di website terpercaya dan tentunya juga memberikan jaminan kepada Anda, misalnya jaminan garansi/service.

Tiga point diatas menurut saya sudah cukup, karena yang paling penting adalah Anda mendapatkan jaminan dari si penjual. Bila misal, tidak ada jaminan sama sekali dari penjual, maka Anda perlu memiliki kehalian dalam melakukan pengcekan komputer sehingga nantinya Anda bisa leluasa dalam melakukan penawaran barang.

Untuk yang awam dan tidak begitu mengerti tentang komputer terutama untuk hardwarenya, jaminan dari si penjual ini sangatlah penting dan kalau tidak ada jaminan sama sekali sebaiknya Anda cari komputer bekas di tempat lain.


5 Responses to "Tips Membeli Komputer Bekas Murah & Berkualitas"

  1. Untuk orang gaptek dan awam seperti saya lebih memilih yang gres saja mas soalnya kan kalau beli second takut aja ada yang kurang dan rusak pada mesin-mesinnya hehehe. Pilihan yang paling aman xD

    ReplyDelete
  2. Hmm betul tuh kang memang harus teliti dalam memilih untuk membeli komputer bekas karena akan sangat merugikan apabila barang yang kita beli itu jelek sudah tau bekas eh tambah bekas lagi jadinya rongsokan deh, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  3. Dulu saya pernah beli komputer bekas ...
    Karena saya gak paham, dibantu teman kepercayaan untuk memilihnya.

    Alhamdulilah, komputer bekerja dengan baik.
    Saat itu ya ... mayaaan lah secara budget cekak namun butuh komputer.

    Terimaksih mas Zae, tipsnya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  4. tetap saya mah merasa ragu mang, kalau beli seken teh...maklum nggak bisa ngecek daleman PC, kecuali belinya sama yang kenal, alangkah bagusnya jika beli lewat toko mamang ajah atuh-lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan kang entar kalau mang lembu belanjanya di tempat kang akan berabe lo.

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...