5 Alasan Kenapa Seseorang Membuat Jarkom

Ada banyak sekali alasan yang membuat seseorang ataupun institusi bisnis yang memiliki komputer lebih dari satu harus membuat jaringan komputer (Jarkom) untuk membuat setiap komputer yang dimilikinya terhubung satu sama lain. [ Baca :Apa Sih Jaringan Komputer Itu ?]

Semua hal tersebut tidak terlepas dari apa kegunaan jaringan itu sendiri. Jaringan komputer bisa digunakan untuk melakukan sebuah tugas sederhana, seperti sharing file, printer, hingga tuga yang lumayan sulit yaitu seperti untuk aplikasi kasi point of sale atau juga video coference.

Jaringan komputer baik jaringan skala besar atupun kecil biasanya didesain untuk dapat saling berbagi resource dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Foto ilustrasi Jaringan komputer

Berikut ini adalah 5 Alasan Kenapa Seseorang Membuat Jarkom :

1. File sharing.


Dengan adanya jaringan komputer, maka seseorang bisa dengan mudah melakukan sharing/membagikan sebuah file ke komputer lain dijaringan. File yang terletak di folder tertentu bisa di-share dijaringan atu diletakkan di file server. Hasilnya user di komputer lain bisa dengan mudah meangksesnya tanpa mengalamai kesulitan karena seolah diakses dari komputer sendiri.

2. Hadrware Sharing.


Selain file sharing juga pengguna bisa melakukan Sharing Hardware yang memungkinkan untuk di share ke pengguna lain di dalam jaringan, seperti contoh sederhananya adalah printer. [Baca : Sharing File dan Printer Menggunakan Homegroup Windows 7 ]

3. Program Sharing.


Aplikasi – aplikasi tertentu bisa dijalankan dari komputer lain di jaringan. Biasanya file – file aplikasi pokok disimpan di server dari jaringan agar kemudian bisa diinstal melalui jaringan komputer. Hal ini membuat instalasi sebuah aplikasi di jaringan menajdi terasa lebih mudah. Cara ini mirip seperti sebuah remote, menjalankan/menginstal aplikasi ke komputer lain dari jaringan komputer.

4. Komunikasi.


Komputer jaringan memang dibuat untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain, seperti email, news group atau konferensi video. Hal ini dimungkinkan ditransmisikan di sepanjang jaringan komputer sebagai data. Komunikasi di atas dapat dilakukan di jaringan komputer lokal maupun internet. Ada banyak aplikasi yang dapat melakukan komunikasi di jaringan komputer seperti :


1.
Sharing Data Komputer Menggunakan WiPeer
2. Cara Menggunakan Net Meeting 
3. Sharing dan Remote Access Menggunakan TeamViewer


5. Game Jaringan

Game jaringan merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan di dunia. Di Korea bahkan universitas yang khusus memiliki jurusan game programming, bahkan di ITB ataupun universitas lain di Indonesia juga mulai mengembangkan sub jurusan ini. Di ITB, ini dibawah Sekolah Teknik Elektro dan Informatika.
Selain kelima alasan diatas, ada juga alasan lain mengapa seseorang membuat jarkom (jaringan komputer) seperti salah satunya adalah karena sebuah jaringan komputer akan mudah dihubungkan ke jaringan komputer lainnya (termasuk internet)

0 Response to "5 Alasan Kenapa Seseorang Membuat Jarkom"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...