Cara Membuat Video Lucu Ala Bazit

Bari para penggemar komedi sunda mungkin sudah sudah kenal dan tidak asing lagi dengan nama “Bazit”. Entah grup lawak atau bukan, tapi yang jelas Bazit telah banyak dikenal oleh Netizen khususnya dari kalangan suku sunda melalui beberapa video lucu yang diunggah di situs youtube.
 
Video bazit ini termasuk kedalam kategori video dubbing. Dubbing itu adalah teknik mengubah suara aktor dan aktris yang berperan di dalam sebuah film ke dalam bahasa lain. Semisal kita sering lihat film-film di televisi (anime, korea, india, mandarin, dll) yang diubah dialognya menjadi berbahasa Indonesia. Orang yang menjadi pengisi suaranya disebut dengan dubber.
Biasanya Bazit mengunggah film – film barat yang telah mereka rubah suaranya atau percakapannya menggunakan Bahasa Sunda yang lucu dan menggelitik, dan dari situlah awalanya saya tertarik untuk mencoba belajar membuat video lucu seperti bazit.

Jika secara teori, teknik yang digunakan bazit untuk membuat video semacam itu, mungkin menggunakan cara seperti berikut :

1. Pertama mungkin dia menggunakan program/software perekam komputer
2. Selanjutnya dia membuka video yang ingin dirubah percakapannya
3. Video yang sedang diputar dan direkam menggunakan aplikasi perekam
    komputer diperkecil suaranya sehingga suara bisa terekam dan membuat 
    film seolah – olah berkomunikasi menggunakan bahasa sunda

Teori diatas sebenarnya teori sederhana dan cara gampangnya saja. Karena bisa saja bazit menggunakan aplikasi editing video, kemudian mereka hapus suara asli dari video dan digantikan menggunakan suara mereka.

Khusus pengguna Ubuntu yang ingin mebuat video lucu ala Bazit, anda bisa membuat video tersebut dengan cara yang mudah dan gampang, tanpa harus repot – repot membuka aplikasi editing video, atau menunggu berjam – jam untuk melakukan render video hasil editan. Tapi sebelumnya ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk membuat video seperti bazit diantaranya :

1. Aplikasi Screen Recorder. Di Ubuntu Anda bisa menggunakan Kazam atau 
    Vokoscreen, disini Saya menggunakan Vokoscreen dengan OS Ubuntu 16.04
2. Pelajari gerakan video dengan baik dan tentukan dari mana percakapan 
    video akan diambil
3. Usahakan pekerajaan seperti ini dilakukan oleh 2 orang atau lebih, ini 
    tergantung dari berapa banyaknya orang yang berkomunikasi dalam video
4. Usahakan juga untuk menulis text atau naskah percakapannya. Tulis 
    layaknya sebuah drama Tujuannya adalah untuk meminimalkan kesalahan
    saat melakukan pengambilan video
5. Pelajari cara menggunakan aplikasi yang digunakan untuk merekam.Bila 
    Anda menggunakan Kazam, Anda bisa mempelajari artikel ini
    " Aplikasi Perekam Aktivitas Komputer di Ubuntu " sedangkan bila Anda 
     menggunakan Vokoscreen  Anda bisa membaca artikel tentang vokoscreen
    Intinya pelajari dulu cara kerja aplikasi
6. Pastikan juga bahwa komputer/laptop Anda memiliki Microphone untuk 
    merekam suara, biasanya untuk beberapa laptop sudah dilengkapi dengan
    microphone. Diubuntu, cara mengecek soundnya/microphone adalah
    sebagai berikut : 
    Masuk ke System Settings > Sound > Pilih tab Input dan lalau atur volume
    besar/kecilnya suara yang bisa ditangkap oleh sound
Setting Microphone di Ubuntu Untuk melakukan perekaman


Dalam pembuatan video lucu ala Bazit ini Saya menggunakan Aplikasi Vokoscreen dengan menggunakan Sistem Operasi Ubuntu 16.04, jadi saya hanyau cukup merekam video kemudian memperkecil suara percakapn yang ada di video menggunakan suara saya. Jika Anda menggunakan Sistem operasi dan Aplikasi lain, Saya rasa tekniknya hampir sama.

Berikut ini adalah Cara Membuat Video Lucu Ala Bazit :

1. Pelajari dulu 6 poin persiapan sebelum membuat video yang sudah saya
    jelaskan diatas
2. Buka video yang ingin Anda rubah percakapannya, jangan lupa perkecil
    volume video saat melakukan perekaman
3. Bila Aplikasi Vokoscreen dan lakukan penyeleksian daerah perekaman, 
    tujuaanya adalah supaya Anda tidak terlihat sedang melakukan perekaman
    terhadap video yang sedang diputar.
Melakukan penyeleksian daerah Video yang akan direkam

4. Selanjutnya mulailah melakukan perekaman
5. Bila sudah selesai Anda bisa klik kanan vokoscreen pada bagian pojok 
    kanan atas lalu pilih berhenti.

Selamat Mencoba dan semoga berhasil

10 Responses to "Cara Membuat Video Lucu Ala Bazit"

  1. kang, saya gak bisa lihat video yg kang ahmad buat. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kena blokir youtube mba,, mungkin karena dianggap telahmembajak,,, :D

      Delete
    2. oww, begitu ya mas, melanggar hak apa nih kang ahmad ?

      Delete
  2. kirain bazit itu nama artis luar negeri, kang.
    eh rupanya org sunda yaa.
    btw, enak juga ya kalo bisa buat video dubbing gitu. cuma tekniknya agak sulit kalo saya praktek sptnya,ehhe.
    hebat nih kang ahmad :)

    ReplyDelete
  3. Menarik untuk dicoba ku saya ini kang, cuma kalo pake sistem operasi windows bisa nggak yah? saya mah gak mudeng sama ubuntu itu da saya mah taunya huntu atuh kang :D

    ReplyDelete
  4. Hahaha saya pernah kang lihat yang video beginian di you tube memang seru dan menghibur sekali memang kreativ juga ya.

    ReplyDelete
  5. Haha kocak banget vidio yang berjudul kang Rambo dititah ngala kalapa sangat menghibur :D video semacam ini mungkin bisa menghilangkan kegalauan ya kang :D

    ReplyDelete
  6. buat ispirasi video video lucu mas...itung itung nambah adsense youtube

    ReplyDelete
  7. belum bisa liat mang, nantik lah kalo koneksi dah kunbceng kang :D

    ReplyDelete
  8. Ahi hi hi ternyata kaya ginin yang kang caranya bikin video bazit, dulu saya cari cari caranya gimana bikinya eh ternyata begini, tapi emang keren abis dan lucu ya kang video bazit apalagi kalau bahasanya bahasa daerah dan kalau kesukaan saya sih bahasa sunda pokoknya lucu banget deh.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...