Memindahkan Folder Website ke htdocs XAMPP Ubuntu

Sebenarnya Saya tidak tahu secara pasti mengapa setiap kali Saya ingin mengcopy file dari direktori lain lain ke folder htdocs, Saya tidak bisa melakukannya secara langsung (copy paste) kedalam folder htdocs. Begitu juga ketika Saya ingin menghapus direktori yang ada di dalam htdocs, saya tidak bisa melakukannya secara langsung, seperti klik kanan > delete, pilihan deletenya tidak.

Contoh Saya punya folder dengan nama “Bootstrap” di dalam folder htdocs, Saya tidak bisa melakukan delete ataupu cut folder tersebut ke direktori lain. Sementara bila Saya masuk kedalam direktori “Bootstrap” Saya bisa melakukannya semua operasi itu (cut dan delete) seperti biasa. Jadi intinya kita tidak bisa melakukan operasi sembarang (delete/cut) di dalam folder htdocs xampp Ubuntu.

Bagi yang terbiasa membuat project web dengan menggunakan XAMPP Windows mungkin akan sedikit kebingungan pada saat ingin memindahkan folder/project website ke htdocs di Linux Ubuntu, karena seperti yang sudah jelaskan sebelumnya bahwa Saya tidak bisa melakukan operasi sembarang ke dalam folder htdocs.

Selama ini cara yang Saya gunakan untuk Memindahkan Folder Website ke htdocs XAMPP Ubuntu adalah menggunakan cara berikut :

1. Masuk ke folder tempat dimana Anda menyimpan folder website
2. Atau simpan file websitenya di Dokumen. Dari didalam folder dokumen 
   Anda klik kanan kemudian pilih “Open in Terminal”

Terminal Ubuntu

3. Kemudian ketikan perintah berikut : sudo mv namafolder /opt/lampp/htdocs
4. Bila setelah berhasil memindahkan folder ke htdocs, namun kemudian haru
    Anda ingin
    menghapusnya. Maka Anda tinggal masuk ke folder /opt/lampp/htdocs
5. Selanjutnya di dalam area folder htdocs Anda klik kanan > Open in 
    Terminal, kemudian
    gunakan perintah berikut : sudo rm -r namafolder

Saya hanya ingin mengingatkan saja, bahwa Anda tidak akan menemukan folder lampp bila di komputer ubuntu Anda belum di instal xampp, maka dari itu Anda perlu menginstalnya menggunakan panduan berikut : Instalasi XAMPP di Ubuntu Desktop

1 Response to "Memindahkan Folder Website ke htdocs XAMPP Ubuntu"

  1. Belum pernah mencoba kang saya... Ixin nyimak ya kang..

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...