Menghitamkan Rambut Menggunakan GIMP

Menghitamkan Rambut Menggunakan GIMP yang saya maksud adalah membuat hitam bagian rambut yang terdapat pada sebuah photo sehingga bagian rambut yang terlihat sedikit pirang atau kurang hitam bisa dihitamkan menggunakan cara ini.

Kita bisa saja menggunakan brush dan meclone warna yang sama dengan warna rambut, tapi menurut Saya hasilnya kurang maksimal dan mungkin malah akan terlihat aneh karena bila menggunakan brush malah akan membuat warna slinya tertimpa.

Untuk mengitamkan rambut menggunakan GIMP, Saya menggunakan Dodge/Burn Tool dan tool tersebut memiliki dua pilihan yaitu untuk membuat bagian foto tertentu menjadi terang dan untuk membuat/membuat bagian tertentu menjadi menghitam.

Secara default ketika kita memilih Tool ini maka pada saat disapukan ke object photo akan menghasilkan warna terang. Untuk menghasilkan warna hitam atau burn maka kita bisa mengkombinasikan/mengaktifkannya sambil menekan tombol CTRL, sehingga nanti pada brush akan adalambang persegi dengan lingkaran yang terdapat didalamnya.

Menurut saya cara ini lebih efektip karena pada dasarnya teknik ini digunakan untuk mempertagas (cerah/gelap) bagian tertentu pada object. Jadi bisa difungsikan untuk mencerahkan atau menghitamkan pada bagian object tertentu di photo.

Tidak seperti menggunakan brush, tool Dodge/Burn di GIMP ini seperti memiliki capacity tersendiri pada saat klik-an pertama, klik-an pertama mungkin efek warna (gelap/terangnya) tidak terlalu menonjol, tetapi ketika klik-an kedua menimpa klik-an pertama di object maka akan menghasilkan efek/warna yang lebih terilihat (terang/gelap).

Untuk menghitamkan Rambut menggunakan GIMP caranya adalah sebagai berikut :

1. Buka photo menggunakan GIMP
2. Klik menu Tools > Paint Tools > Dodge/Burn (SHIFT+U)
3. Bila ingin menghitamkan rambut, tambahkan/tekan CTRL pada saat
    menyapu bagian rambut

Cara ini juga dianggap bisa membuat foto menjadi terlihat lebih ganteng atau lebih menarik. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menonton Video tutorial menghitamkan rambut menggunakan GIMP dibawah ini

Video Menghitamkan Rambut Menggunakan GIMP
Selain bisa menghitamkan Rambut, GIMP juga bisa memerahkan bibir, Anda bisa baca tutorial atau caranya pada artikel : Memerahkan Bibir Menggunakan GIMP

0 Response to "Menghitamkan Rambut Menggunakan GIMP"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...