Mouse Wireless Ternyata Lebih Awet


Sebelumnya Saya sudah pernah menghabiskan sekitar 3 mouse, jenis mouse usb yang memliki lingkaran atau gulungan kecil dibagian kabel yang berfungsi untuk menarik atau memanjangkan kabel dengan ukuran kabel yang gepeng dan kecil.

Gulungan atau lingkaran kecil yang biasanya digunakan untuk memanjangkan dan memendekan kabel tersebut mungkin adalah penyebab mouse menjadi cepat rusak, ditambah lagi ukuran kabel yang kecil sehingga memabuat kabel menjadi sangat rentan untuk putus. Harganya memang murah yaitu sekitar Rp. 50.000 sampai 60.000 (tergantung merek), tapi kalau hanya bisa bertahan hanya beberapa bulan saja, mungkin hal tersebut akan jadi perkara yang sangat menjengkelkan.

Menurut Saya mouse wireless ini sangat cocok sekali digunakan terutama bagi yang sering melakukan editing photo ataupun video yang mungkin akan banyak melakukan gerakan mouse. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menggunakan mouse wireless ini.

1. Praktis dan tidak ribet.

Menurut pengalaman, menggunakan mouse berkabel dilaptop ternyata lebih ribet karena kadang – kadang kita malah disibukan dengan mengurus kabel-nya yang membuat pekerjaan kita malah jadi terganggu, gerkan mouse juga jadi dibatasi dengan kabel

2. Lebih awet
 
Dibandingkan dengan jenis mouse usb berkabel yang sudah Saya jelaskan pada pargaraf pertama, menggunakan mouse wireless ternyata memang lebih awet. Untuk mouse PS2 kabel atau mouse dengan socket bulat yang biasa digunakan untuk PC memang itu juga awet tapi, untuk sebagian orang mouse dengan kabel tersebut membuat mereka jadi merasa dibatasi.

3. Bebas Bergerak
 
Namanya juga mouse wireless, tentunya tak ada kabel yang bisa membatasi gerakannya, bahkan kita masih tetap bisa terhubung dengan komputer dari jarak 1 s.d 2M Lebih.


Tapi disisi lain mouse wireless ini juga memiliki kekurangan, kekurangan yang Saya maksud disini adalah mouse tersebut harus menggunakan baterai sebagai dayanya, dan tentunya setiap baterai-nya melemah atau habis, kita harus mengeluarkan uang untuk membeli baterai yang baru.
Mouse Wireless merek Logitech
Sumber : Lazada.co.id

Biasanya awet dan tidaknya tergantung dari penggunaanya juga, kalau bisa hemat dalam penggunaan-nya, misal ketika mouse sudah tidak dipakai langsung dimatikan, maka mungkin hal tersebut bisa menghemat uang untuk membeli sebuah baterai. Menurut pengalaman mouse yang Saya gunakan hampir setiap hari, baterai-nya bisa bertahan sampai 8 bulan lebih.

Perlu diketahui juga bahwa harga baterai di pasar tempat Saya tinggal adalah Rp. 10.000/pasang sehingga kalau misal 1 baterai bisa bertahan selama 8 bulan maka kalau ada 2 baterai (sepasang), mouse akan tetap bekerja selama 16 bulan.

Sebagai tambahan saja bagi Anda pengguna Ubuntu yang menggunakan mouse wireless ini, Anda bisa mengecek ketersedian atau kapasitas baterai mouse menggunakan Cara Mengecek Baterai Mouse Wireless di Ubuntu

Mungkin nanti para produsen pembuat mouse akan banyak menghasilkan teknologi lainnya, misal seperti mouse wireless yang baterai-nya bisa diisi ulang langsung dari mouse-nya, seperti halnya sebuah handphone.

9 Responses to "Mouse Wireless Ternyata Lebih Awet"

  1. Pernah saya coba kang mouse wireles memang rasanya lebih enak sih tapi kalau saya mah biasanya sayang mas takut rusak hehehe jadi jarang dipake deh.

    ReplyDelete
  2. Belum pernah coba menggunakan mouse wireles sih kang, kalau mau beli di laptop saya ga bisa pakai merek lain yang agak murah, jadinya harus originl dan harganya lumayan juga. ha,, ha,, ha, jadi masih pakai yang manual aja.

    ReplyDelete
  3. Enak ya kang pake mouse wireles bisa bebas bergerak gak kaya pake mouse kabel yang geraknya di batasi oleh panjang kabel tersebut dan kalo lagi sibuk banget suka kesel kalo harus benerin dulu kabel bagian USB nya yang longgar

    ReplyDelete
  4. ih, canggih bener itu mousenya kang. serius belum pernah makek dan belum pernah tau. widih, keren teknologi ya.
    mouse dsni mah mouse biasa dan mouse macro untu gaming.
    thanks ya kang saya jd tauu.
    kalo drmh aku pke mousenya warna merah, unik, kecil yg hrganya 35rebu :D murahh dan hematt kan, kang.. hehe

    ReplyDelete
  5. wah sepertinya patut saya coba nie kang, udah sering banget saya gonta-gatni mouse gegara cepet rusak. ini aja yang sekarang mousena udah mulai error, suka gagadabagan teu paruguh

    ReplyDelete
  6. pakai mouse wireles jadi lebih fleksbel gerakan tangan kita, gak terganggu dgn kabel dari port :D

    ReplyDelete
  7. Intinya lebih banyak kemudahannya ya kang kalo menggunakan mouse wireless ketimbang yang memakai kabel

    ReplyDelete
  8. beneran nih. kemaren pake kabel paling tahan 8 bulan.wireles bisa 2-3 tahun masih aman hehehe

    ReplyDelete
  9. Iya bener Mas. Saya ngalamin. Udah berapa mouse saya rusak. Dari yang mulai pake kabel sampai yang pake optik. Sekarang pake yang wireless bluetooth, lebih asyik Mas.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...