Tips Menyelamatkan Data Pada Hardisk Yang Minta di Format Terus

Kasus – kasus kehilangan data pada media penyimpanan seperti hardisk komputer biasanya berbeda – beda, dari yang masalah berat seperti kerusakan fisik, bad sector atau masalah yang ringan seperti terhapus, atau rusak karena virus.

Untuk kasus seperti bad sector yang sudah cukup parah, mungkin menyelamatkan data di hardisk sangat kecil kemungkinannya, kalau hardisknya mungkin masih bisa diselamatkan,  maksudnya masih bisa diperbaiki agar bisa dipakai kembali, Anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan Cara Memperbaiki Bad Sector Hardisk Yang Rusak Parah, tapi sebelumnya pelajari dulu Teknik Menonaktifkan Bad Sector Hardisk Menggunakan Partition Wizard

Pernah ada kasus dimana ada sebuah hardisk yang ingin dikembalikan datanya, kondisi hardisk masih bagus namun pada saat salah satu drive (partisi) tempat menyimpan data di klik, partisi selalu meminta di format sedangkan disini client tidak memperbolehkan Saya untuk memformat hardisk. Saya menuruti permintaan tersebut dan tetap mencoba melakukan pengembalian data tanpa harus memformat partisi. Setelah ditanya – ditanya ternyata masalah ini timbul saat dia (client) sedang melakukan instal ulang OS, dan ketika ditengah - tengah listrik tiba - tiba mati

Pertama Saya coba menggunakan GetDataBack yang terdapat di Hiren’s BootCD, GetDataBack ini adalah sebuah aplikasi pengembali data yang sering digunakan dibeberapa tempat service komputer, Anda bisa membaca cara penggunaanya pada artikel Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Menggunakan GetDataBack 4.00, Data memang bisa dikembalikan namun kebanyakan data dalam keadaan rusak. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini
Data yang ditampilkan rusak

Selanjutnya Saya coba menggunakan Recuva dan hasilnyapun tetap sama saja, hanya buang – buang waktu saja. Sehingga akhirnya Saya mencoba meyakinkan client untuk meformat partisi hardisk tersebut, Saya coba yakinkan bahwa Data akan tetap baik – baik saja meskipun paritisinya Saya hapus, Saya bilang bahwa pemformatan partisi justru dapat membantu Saya menyelesaikan masalah ini.

Pada dasarnya ketika kita melakukan format kepada sebuah media seperti hardisk/flashdisk yang berisi data maka, data yang terhapus tersebut akan tetap ada dalam media tersebut, jadi sebenarnya data belum benar – benar hilang, data akan tetap tersimpan dan akan benar – benar terhapus ketika ada data baru yang masuk/menimpanya. Jadi pemormatan yang Saya lakukan seperti kasus diatas sebenarnya tidak akan benar – benar menghilangkan data, yang perlu Saya lakukan adalah jangan dulu menambah data baru ke hardisk/partisi yang sudah diformat, ini teori dasar bagi yang ingin belajar bagaimana mengembalikan data yang hilang

Setelah memformat salah satu partisi hardisk yang bermasalah tersebut, ternyata drive(partisi) memang kembali normal, pada saat di klik partisi tidak meminta format lagi. Kemudian Saya coba kembali untuk mengembalikan data pada partisi tersebut menggunakan Recuva yang terdapat pada Hiren’s BootCD, Anda bisa mendownload aplikasi tersebut secara terpisah, tapi Saya sarankan untuk menggunakan Recuva yang terdapat dalam paket Hiren’s BootCD, silahkan Anda Download Hiren’s BootCD 15 Hasil Modifikasi. Untuk penggunaan Recuva bisa Anda baca di Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Hilang Menggunakan Recuva

Akhirnya setelah beberapa jam menunggu, data berhasil dikembalikan. Tapi kali ini datanya dalam keadaan baik atau tidak rusak seperti sebelum hardisk di format. Ada sekitar 1.856/15,2 GB Data yang Saya kembalikan, data yang diminta dikembalikan memang rata – rata dalam bentuk file document, word, ppt ,dan excel, pencarian/pengembalian datanya juga difilter khusus untuk mencari data Dokumen saja. 
nama file yang berhasil dikembalikan dalam bentuk angka - angka

Beberapa nama data/file yang berhasil dikembalikan biasanya dalam bentuk angka – angka, data perlu dipilih, dan itu biasanya menjadi tugas client karena tugas Saya adalah mengambalikan data dan menyerahkannya saja.

Dari kasus seperti yang sudah jelaskan diatas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa jika Anda mengalami kasus yanga sama seperti yang Saya alami, Anda bisa menggunakan cara – cara berikut ini mengatasinya.

Berikut ini merupakan Tips Menyelamatkan Data Pada Hardisk Yang Minta di Format Terus :

1. Format partisi yang bermasalah atau yang minta diformat terus
Jangan takut karena data tidak akan benar - benar hilang. Partisi yang minta diformat terus ketika di klik merupakan partanda bahwa partisi tersebut mengalami masalah, data justru tidak akan berhasil dikembalikan bila partisinya bermasalah

2. Pelajari cara kerja aplikasi/Software pengembali Data
Anda bisa menggunakan Software seperti GetDataBack atau Recuva, Saya menyarankan untuk menggunakan Hiren’s BootCD karena didalamnya telah banyak dimasukan aplikasi yang berguna untuk Recovery. Silahkan Anda download dan cari tutorialnya di blog ini.

3. Yakinkan Si Client
Bila Anda bekerja untuk orang lain, maka yakinkan si Client bahwa Anda benar – benar bisa mengembalikan datanya yang hilang, beri dia pengertian mengenai masalah yang sedang dihadapinya, tujuannya agar si Client tidak panik.

Satu hal lagi yang sangat penting sekali yaitu Anda harus meyakinkannya (client) untuk menyepakati harga yang Anda tawarkan dari jasa pengambali data tersebut. Untuk data – data yang memang penting biasanya dihargai sekitar 250-350 ribu (tergantung dari besar data yang dikembalikan) , bahkan ada yang mematok sampai dengan jutaan rupiah. Tentunya ini tidak jadi masalah, apalagi data – data tersebut merupakan data perusahaan yang cukup penting. Pekerjaan yang terlihat spele hanya klik – klik aplikasi, tapi kalau tidak tahu ilmunya tetap saja ini merupakan pekerjaan yang merepotkan. Jadi jangan sampai mematok harga terlalu rendah dari pekerjaan yang menyita banyak waktu tersebut.


Beberapa artikel mengenai proses perbaikan dan cara penggunaan Aplikasi sudah pernah Saya bahas di blog ini, Anda bisa mencari dan mempelajarinya sendiri. Selamat belajar, selamat mencoba dan semoga berhasil.

4 Responses to "Tips Menyelamatkan Data Pada Hardisk Yang Minta di Format Terus"

  1. Biasanya penyebabnya apa ya Mas... Klo sampai minta format gitu?

    ReplyDelete
  2. Sepertinya masalah ini juga pernah saya alami, ternyata bisa diatasi dengan caa peyelamatan data pada hardsk yang selalu minta format terus ya mas.

    ReplyDelete
  3. kali-kali jangan tentang hardisk komputer tapi tentang Hardisk PlayStation :) itu yang saya butuhkan sekarang. hhe tapi artikel ini juga bermanfaat buat yang lain ya mas :)

    ReplyDelete
  4. wih kerenn bgtt mas, nyelamatkan data dengan harga 300rb..
    ini ilmunya jg jauh lebih keren klo bisa di praktekkan yaa.. ah, coba lah ngapus 1 partisi..hehe, pke hirens cd boot yaa.. thanks sharing ilmunya mas ^.^

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...