Akibat Sering Menggunakan Komputer Tanganku Kena Ganglion

Akibat Sering Menggunakan Komputer Tanganku Kena Ganglion sebenarya hanya dugaan Saya saja karena memang sudah sekitar 5 tahun Saya menggunakan komputer, dari sejak masuk SMA sampai dengan sekarang, namun dulu menggunakan komputernya belum begitu intens seperti sekarang. Sebenarnya tidak ada yang tahu secara pasti penyebab dari Ganglion ini. Namun diduga ada hubungan dengan cedera ringan yang berulang.

Dari beberapa sumber artikel mengatakan bahwa Ganglion adalah Kista berwujud cairan yg dibungkus oleh kulit, namun terkadang cairannya terlalu kental dan jumlahnya terlalu banyak hingga mengakibatkan kista ini teraba seperti benda padat.

Kista ganglion ternyata merupakan kista yg tumbuh pada kantung sendi. Penyebabnya sampai sekarang belum diketahui. Namun diduga ada hubungan dengan cedera ringan ringan yg berulang. 
Pergelangan bagian bawah tangan yang terkena ganglion
Kalau dilihat secara sepintas, mungkin tangan seperti terlihat normal tapi sebenarnya ada benjolannya
Dugaan ini muncul karena kista ganglion ini sering terdapat pada pegawai kantoran yg menggunakan mouse dan keyboard komputer yg tidak ergonomis dalam waktu yg lama, maksud dari tidak ergonomis adalah tidak nyaman, contoh : mouse yg kekecilan atau kegedean sehingga pergelangan tangan tertekuk. Begitu juga dengan keyboard yg ketinggian, menyebabkan tangan tertekuk. Makanya kemarin – kemarin Saya beli mouse wireless yang agak kecil sehingga membuat tangan Saya lebih terasa nyaman dan bebas bergerak. [ Baca : Mouse Wireless Ternyata Lebih Awet ]

Bagaimana Ciri – Ciri Ganglion ?

Menurut pengalaman, ciri dari ganglion adalah sebagai berikut

1. Tentunya dibagian pergelangan tangan terdapat benjolan padat seperti ada daging yang tumbuh. Saya sendiri terkena dibagian bawah pergelangan tangan, tapi Saya pernah liat gambar di Google, ada juga yang terkena di bagian atas. Benjolan ini tidak terlalu besar, atau tidak membesar seperti tumor – tumor pada umumnya.

2. Walaupun tidak membesar, tumor jinak ini tetap saja “sangat menganggu” terutama pada saat menggunakan komputer dengan aktivitas mouse yang lebih dominan. Dalam waktu 5 – 10 menit menggunakan komputer dengan mouse, tangan memang masih terasa biasa saja, tapi lebih dari itu tangan terasa pegal dan sangat tidak nyaman sekali.

3. Diluar dari aktivitas komputer tangan tidak terasa apa – apa, jadi intinya bila tangan digunakan dalam waktu lama untuk aktivitas yang menekan bagian kista akan membuat tangan menjadi terasa pegal walaupun bila kista di pencet secara langsung tidak terasa sakit (menurut pengalaman)

Lalu bagaimana cara mengobati Kista Ganglion ini ?

1. Bedah Minor
2.Katanya sekarang ada cara lain yaitu dengan ‘arthroskopi’. Konsepnya bagian tangan yang terkena kista dimasukan selang kemudian cairan kistanya dikuras.
3. Cara selanjutnya adalah menggunakan cara yang lebih alami yaitu menggunakan parudan jahe yang diberi cairan minyak goreng, parudan jahe tersebut ditempel kemudian dibalut perban/kain dibagian tangan yang terkena kista. Cara ini sudah pernah saya coba, dan hasilnya benjolan ditangan Saya mengecil. Saya sudah 3x melakukan cara ini, dan hasilnya benjolan ditangan saya mengecil, hanya saja karena Saya ini malas melakukan cara tersebut, maka benjolannya agak sedikit lama menghilangnya, padahal bila secara instens diobati mungkin benjolannya akan cepat menghilang

Tips supaya tidak terkena Kista Ganglion
 

Meskipun tidak ada yang tahu pasti penyebab utama dari kista Ganglion ini, tapi Saya ingin memberikan beberapa tips kepada para pengguna komputer agar tidak terkena kista Ganglion, berikut adalah tipsnya :

1. Bila Anda adalah seorang pengguna komputer yang sering menggunakan komputer, usahakan posisi duduk Anda pada saat menggunakan komputer sejajar, kalau bisa posisi duduk Anda harus lebih tinggi dari komputer

2. Gunakan perlatan komputer yang nyaman, maksudnya jangan sampai mouse yang Anda gunakan terlalu besar sehingga posisi tangan Anda jadi terteku. Begitu juga dengan keyboard, jangan ketinggian karena akan menyebabkan tangan Anda tertekuk

3. Khusus untuk yang sudah terkena Ganglion. Bila pada saat menggunakan komputer dalam waktu lama tangan Anda terasa pegal, usahakan jangan terlalu memaksakan diri, istirahatlah sampai beberapa menit kemudian lanjutkan kembali pekerjaan Anda

4. Makan – makanan yang sehat dan bergizi, katanya ada yang bilang bahwa orang yang terkena Ganglion ini tidak boleh makan – makanan yang mengandung bahan – bahan kimia atau misal seperti Daging ayam yang tumbuh dengan bantuan zat – zat kimia, kemudian juga katanya tidak boleh memakan daging ikan laut secara berlebihan. Jadi katanya harus memakan sayur – sayuran terlebih dahulu. Saya kurang tahu dan mengerti dengan masalah ini karena ini juga “kata” orang lain, jadi untuk lebih pastinya Anda bisa tanyakan kepada orang yang lebih kompeten dalam menangani penyakit ini, seperti bertanya kepada Dokter

16 Responses to "Akibat Sering Menggunakan Komputer Tanganku Kena Ganglion"

  1. Wah untung kang ahmad ngasih tahu, jadi saya bisa antisipasi sebelum terjadi kena ganglion tadi, alhamdulilah sampai sejauh ini tidak terjadi apa-apa dengan pergelangan tangan saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mending Ganlion mas,, coba kalau sampai kena Gangdolly ? bisa di gusur pemkot surabaya :D

      Delete
  2. Saya baru tahu nih kang jenis penyakit ini. saya tahunya sasanggaleun (bahasa sunda) .Saya sih masih baru-baru ini kerja depan komputer ini tapi walaupun nanti sudah lama tidak merasa cemas karena semua itu sudah di bahas disini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah saya juga baru tahu mas..

      Delete
    2. Saya mah tidak tahu sasanggaleun,, kalau kekeongeun mah Saya tahu

      Delete
  3. Alhamdulillah saya mah kang aman, tapi saya juga was was nih kang soalnya saya setiap hari diam didepan komputer nanti takutnya terkena ganglion, mungkin untuk pencegahannya bisa dicoba cara yang dilakukan kang ahmad ataupun juga dengan cara saya sendiri.

    ReplyDelete
  4. Serem juga ya, semoga lekas sembuh mas, kalau begitu.

    intinya sih kita jangan sampai berlebihan didepan komputer biar kesehatan kita selalu terjaga. Makasih banget pengalamannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa yang serem ? Saya ? wah masa tampang kayak Ricky harun kek gini dibilang serem sih :D

      Delete
  5. wah loh daging tumbuh yg dilingkar merah itu namanya ya kang ahmd?
    bukannya gini ya 'klo benjolan dua, beratti anaknya besok 2' :D
    wkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh maksudnya benjolan dua yang mana ini teh...

      Delete
  6. ini kang ahmad rajin bgt ya berhadapan dgn monitor dan sering megang keyboard/mouse. bener jg kang megang keyboard dan mouse hrus senyaman mgkn..
    semoga bs segera sembuh dan membaik ya kang ahmad..

    duh, aku jd takut megang mouse kang :D

    thanks informasinya ya kang, bermanfaat buat mengatur kesehatan sendi pd pergelangan tangan saat menggunakan mouse ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan takut,,, berdoa saja agak terhindar dari penyakit macam tuh..

      Delete
  7. Wah ternyata ada yg kayak gini ya mas ??
    ane malah baru tau..
    biasanya ane kalau udah pegal di punggung / mata udah pedas, ane stop dulu.
    Ane biasanya mainan komputer +- 1 jam, nanti istirahat dulu, nanti lanjut, nanti istirahat lagi..
    kalau benar-benar udah gak memungkinkan jalan satu-satunya tidur. Hehehe :D
    makasih mas ilmunya, baru tau yg namanya ganglion..

    ReplyDelete
  8. wah saya baru tahu mas mengenai hal ini, apakah hal tersebut bisa berbahaya mas

    ReplyDelete
  9. Sama nih mas, pergelangan tangan kiri saya juga ada ganglion, gede lagi

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...