Custom Domain Blog Di Suspend Niagahoster

Pada awal melakukan pendaftaran custom domain blog di Niagahoster sebenarnya lancar – lancar saja, proses penangannya cepat dan Saya merasa sangat puas sekali. Sebelumnya Saya pernah mendaftarkan domain untuk blog root93, kemudian Saya order lagi domain untuk salah satu blog Saya yang lain menggunakan akun yang sama. Karena menggunakan akun yang sama maka Saya tidak perlu banyak melakukan registrasi, Saya hanya cukup mendaftarkan domain baru kemudian melakukan pembayaran lalu melakukan setting atau mengarahkan domain blog ke alamat domain yang Sudah Saya beli tersebut.

Pada 14/7/16 sekitar pukul 11.30 salah satu blog Saya error, bukan error blognya melainkan custom domain blog yang Saya daftarkan ke Niagahoster lah yang error alias tidak bisa di akses. Padahal sebelumnya custom domain blog Saya bisa diakses dengan baik, tapi pada waktu itu custom domain blog saya erorr dan setiap dicoba diakses muncul pesan “Server tidak ditemukan”
domain tidakditemukan akibat suspend

Awalnya Saya mengira bahwa mungkin Server Niagahoster sedang maintenance atau mungkin sedang mengalami gangguan, sehingga waktu itu Saya biarkan saja. Tapi lama – lama Saya agak sedikit penasaran kemudian mengirim ke ticket bantuan ke tecnical support Niagahoster, Saya bilang bahwa custom domain blog saya error/tidak bisa diakses.

Pada waktu itu juga saya coba cek email, karena biasanya juga balsan dari tiket yang kita kirim akan masuk ke email. Saya melihat bahwa ada email dari Niagahoster, namun isinya bukan mengenai tanggapan tentang domain  yang error melainkan pemberitahuan mengenai disuspendnya domain Saya. Alasan suspend tersbut karena Saya belum melakukan verifikasi email yang Saya gunakan untuk mendaftar, padahal bukankah ini sebenarnya tidak perlu diverfikasi lagi karena sebelumnya Saya sudah memverifikasinya pada pendaftaraan domain yang pertama, lagi pula kenapa email verifikasinya baru dikirim sekarang ? Sedangkan custom domainnya saja sudah online selama 1 bulan lebih. Pada saat itu juga Saya langsung melakukan verifikasi dengan mengklik link yang diberikan dari pihak niagahoster

email suspend domain dari niagahoster

Setelah mengecek email pemberitahuan tentang suspend tersebut, Saya langsung menerima email dari Technical support Niagahoster, dia bilang bahwa “domain blog Saya tidak mengarah ke hosting tapi mengarah ke blogger”. Disini Saya sedikit bingung dengan maksud “Tidak mengarah ke hosting” karena memang Saya tidak menggunakan layanan  hosting berbayar, dan  bila Technical support Niagahoster bilang bahwa domain blog Saya mengarah ke blogger, itu memang benar karena memang diseting untuk diarahkan ke blogger.

Sekita kurang lebih satu jam menunggu, custom domain blog Saya kembali aktif. Intinya mungkin msalah ini disebabkan karena Saya belum melakukan verifikasi, dan seharusnya ini tidak perlu diverfikasi lagi karena Saya mendaftarkan domain blog menggunakan akun yang sama yang sudah di verifikasi, lagi pula ini agak sedikit aneh, karena email verifikasi baru dikirim setelah custom domain blog aktif selama 1 bulan lebih.

Bila Anda mengalami masalah yang sama seperti yang apa yang Saya alami, mungkin Pengalaman ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran.


Kesimpulan
Penyebab Suspend tersebut mungkin saja diakibatkan karena Saya telat melakukan verifikasi email yang berkaitan dengan domain tersebut, sehingga pihak Niagahoster melakukan suspend

3 Responses to "Custom Domain Blog Di Suspend Niagahoster"

  1. belum pernah mengalami semacam itu karena saya pake punya Namecheap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pertama kali mengalai suspend kayak gini,, domain pertama yang Saya order lancar2 aja,, padahal domainnya udah ON selama 1 bulan lebih,,, tapi sekarang udah balik lagi, soalnya respon dari Niagahoster cepet juga sih..

      Delete
  2. Kalau tentang ini mah belum pernah kang, tapi kalau yang kudu diperpanjang mah saya mah sudah beberapa kali ngalaminnya, pas pertama beli website waktu dulu dan pas habis masa aktifnya karena saya belum terlalu mengerti jadi saya rada aneh gituh dan saya panik kok website saya tidak bisa dibuka eh ternyata kudu diperpanjang toh.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...