Membuat dan Mengonlinekan Website Sekolah Secara Gratis

Membuat dan Mengonlinekan Website Sekolah Secara Gratis caranya berbeda dengan Cara Mudah Membuat dan Mengonlinekan Website Ke Internet karena disini kita tidak akan menggunakan CMS namun menggunakan design landing page/one page atau hanya satu halaman saja
Mendengar kata gratis dijaman yang matrealistis seperti ini, rasanya kita hanya akan dibilang sebagai orang yang terlalu naif, apalagi ini untuk membuat sebuah website yang biasanya memang memerlukan biaya untuk sewa hosting dan domain.

Kita lupakan dulu masalah uang karena yang terpenting adalah bagaimana kita bisa membangun sebuah website tanpa harus mengandalkan bantuan orang lain atau mengeluarkan banyak biaya untuk membayar jasanya.

Apakah benar kita bisa membangun sebuah website secara gratis ?
 
Tentu saja benar, yang Anda butuhkan hanyalah sedikit pengetahuan tentang webhosting dan bagaimana cara bekerja membangun sebuah website dengan itu (webhosting)

Lalu langkah pertama yang harus Saya lakukan apa ?
 
Langkah pertama yang harus Anda lakukan, adalah mendaftarkan diri Anda ke layanan webhosting gratisan, salah satu web hosting gratisan yang sering Saya coba adalah 000webhost.com, salah satu webhosting yang bisa memberikan kesempatan kepada Anda untuk membangun website tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Anda bisa mendapatkan doman dan hosting secara gratis. Saya sudah melakukan itu sejak 3 tahun yang lalu, dan website Saya yang di upload disana masih aktif.

Lalu apa kekurangan dari webhosting gratisan ini ?
 
1. Adanya iklan
iklan biasanya muncul pada saat pertama kali website di buka
 
2. Agak sedikit lambat
Dalam kondisi tertentu, ketika website mendapatkan kunjungan mungkin akses ke website akan sedikit lambat, tapi yakinkan Anda website sekolah aplagi dengan konten statis bisa menghasilkan kunjungan 1000/hari atau lebih ? Beberapa website sekolah apalagi itu hanya untuk formalitas saja biasanya hanya diisi dengan sedikit konten, saya pikir konten statis tidak akan membuat website jadi banyak dikunjungi, kecuali memang bila Anda melibatkan website untuk banyak keperluan tertentu dilingkungan sekolah, atau untuk keperluan seperti penerimaan siswa baru (psb)
 
3. Dianggap Spam oleh Social Media
Berdasarkan pengalaman domain gratisan yang Saya dapatkan dari webhosting tidak bisa di share di facebook, Saya belum pernah mencobanya untuk social media lain, tapi bukankah ini tidak masalah, lagi pula website seperti ini seharusnya hanya diperuntukan untuk orang – orang tertentu saja.

Bila Anda berpikir website sekolah yang ingin Anda bangun tersebut hanyalah untuk formalitas dan sebagai sarana promosi sederhana serta hanya di pajang di kop surat sekolah, Saya rasa webhosting gratisan sudah cukup.

Dalam pembahasan kali ini saya ingin menjelaskan pembuatan website dengan sistem one page ( satu halaman ) atau biasa juga disebut landing page, tentunya website dengan sistem seperti ini tidak akan menghabiskan/membutuhkan space yang terlalu banyak. 

Sebelum membuat website sekolah gratis ini Saya ingin menunjukan terlebih dahulu tampilannya dalam video berikut


Selanjutnya langsung saja ke pokok pembahasan, berikut ini adalah Membuat dan Mengonlinekan Website Sekolah Secara Gratis.

  1. Daftarkan diri Anda ke webshosting gratisan. Saya menggunakan 000webhost, untuk proses dan cara – caranya bisa Anda simak pada artikel Cara Membuat Domain dan Hosting Gratis 
  2. Setelah proses regristrasi berhasil dan domain Anda aktif, maka siapkanlah beberap file website untuk anda upload ke webhosting. 
  3. Anda bisa menggunakan template website yang bisa Anda unduh dari html5up.net, disana terdapat banyak pilihan template website yang responsive yang bisa Anda unduh. Mungkin sedikit mengenal tentang web programming akan memudahkan Anda untuk melakukan penyesuaian terhadap template yang Anda unduh. 
  4. Bila file website sudah siap, Anda bisa langsung menguploadnya ke webhosting, bisa dari halaman websitenya secara langsung atau menggunakan FileZilla. Untuk cara penggunaaan FileZilla bisa Anda lihat pada artikel Cara Upload File Website ke Webhosting Menggunakan FileZilla


Agar semua proses membuat dan mengonlinekan website ini menjadi lebih efisien, maka Saya sarankan untuk melakukan penyesuaian template secara offline. Saya pikir mungkin bagi kalangan seperti Saya ini, menggunakan template website akan sedikit membantu karena Saya tidak perlu lagi repot – repot melakukan design, jadi nanti untuk pengembangan website seperti penambahan aplikasi buku tamu, atau penerimaan siswa baru (psb) Saya hanya perlu membuat sebuah kode PHP saja tidak perlu lagi memikirkan bagimana designnya, karena Saya hanya tinggal mengikuti susunan design atau class CSS yang sudah ditentukan/ada pada template tersebut.

Khusus untuk pembuatan aplikasi buku tamu mungkin bisa Anda pahami terlebih dahulu kode sumbernya pada artikel Cara Membuat Aplikasi Buku Tamu Untuk Website Menggunakan Script PHP , untuk pengembangan website dengan menambahkan aplikasi tertentu memang memerlukan sedikit pengetahuan tentang programming web atau mengenal lingkungan web server, seperti bagimana
Cara Membuat Koneksi ke Databse Mysql Menggunakan Script PHP Cara Membuat Database di Webhosting  dll.

Tutorial pembuatan website yang Saya jelaskan disini sebenarnya tidak memerlukan database ataupun script PHP, hanya tetap saja Anda harus mengerti bagimana melakukan penyesuaian terhadap template, meskipun itu hanya merubah/mengedit file index saja.

Bila Anda tidak ingin membuang banyak waktu untuk mempelajari itu semua, Anda mungkin bisa menggunakan jasa Saya. Anda tidak perlu membayar untuk domain dan hosting, Anda hanya perlu membayar untuk jasa konfigurasinya saja. Bila Anda memang merasa domain dan hosting gratis itu terlihat buruk untuk sekolah Anda, maka Anda bisa menggunakan domain dan hosting yang berbayar

Cukup dengan Rp. 300 ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan sebuah website yang cantik dan responsive. 
Kenapa bisa murah ? Karena designya Saya download secara gratis dari html5up.net jadi mengapa Saya harus menargetkan dengan harga yang mahal ? Jadi Saya hanya di bayar untuk melakukan konfigurasi file index saja yang waktu pengerjaanya tidak lebih dari 1 jam. 
Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai jasa konfigurasi website sekolah ini, Anda bisa menghubungi Saya pada halaman CONTACT US. atau juga bisa melihat info lengkapnya pada halaman Jasa Pembuatan Website Sekolah Daerah Pangandaran only 300 Ribu

Sekian dan terima kasih, semoga hari Anda menyenangkan.

2 Responses to "Membuat dan Mengonlinekan Website Sekolah Secara Gratis"

  1. Ohm jadi website gratis tersebut di anggap spam oleh sosmed ya kang ? terus bagaimana kalau share di fb ?

    ReplyDelete
  2. dengan artikel mengonlinekan web sekolah, link yang bisa di geroh banyak hingga semua artikel bisa terpatri dalam hati sanubari blogger seperti saya

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...