Mengganti LCD Laptop Dengan LED TV Monitor

Ketika sebuah LCD rusak, khususnya disini adalah LCD Laptop, maka dalam kasus tertentu LCD tersebut akan sangat sulit sekali di perbaiki. Saya sendiri pernah bekerja di Jaya Plaza Bandung sebagai seorang tukang service, kebanyakan pelanggan yang mengalami kerusakan LCD biasanya ditawari untuk mengganti LCDnya dengan yang baru.

Harga sebuah LCD baru untuk Laptop berkisar 8 s.d Rp. 900.000 ribu rupiah, untuk LCD second/bekas harganya sekitar Rp. 300.0000 s.d 400.000, sementara harga bekas untuk LCD/Monitor PC sekitar 300 ribu s.d 600 ribu, harga memang tergantung dari kesepakatan antara penjual dan pembeli, namun harga pasaran untuk secondnya tidak akan jauh dari itu.

Lihat juga : Menyambungkan Laptop ke LCD Menggunakan Kabel VGA

Cara Mengethaui LCD Laptop Rusak Atau Tidak

Untuk mengetahui sebuah LCD Laptop rusak atau tidak, caranyacukup mudah, yaitu kita hanya cukup menyambungkannya ke monitor/LCD PC. Sebuah Laptop biasanya memiliki sebuah konektor/socket yang bisa disambungkan ke PC/Proyektor. Bila ketika disambungkan ke monitor lain tampilannya normal dan bersih maka bisa di pastikan LCD laptop Anda rusak.

Jenis - jenis kerusakan LCD
Ada banyak jenis kerusakan khususnya untuk LCD Laptop, kebanyakanseperti garis - garis horizon, ngeblank, warna layar jadi sedikit ke abu - abuan dll.

Penyebab kerusakan LCD
Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada sebuah LCD Laptop, namun berdasarkan pengalaman pribadi, penyebab kerusakan bisa timbul akibat benturan di bagian LCD, ketika sedang dinyalakan.

Beberapa hari kemarin Saya tidak bisa bersentuhan dengan Laptop, karena LCDnya rusak sehingga data yang telah diolah tidak bisa tampil di layar LCD. Saya berpikir untuk mengganti LCD tersebut dengan yang baru, namun di Pangandaran tidak yang menjual LCD untuk laptop. Setelah beberapa hari berpikir maka Saya putuskan untuk membeli LCD/Monitor yang biasanya digunakan untuk PC. Tapi sebelumnya LCD Laptop Saya di "preteli" terlebih dahulu, dicopot LCDnya kemudian komponen - komponen seperti, Inperter, WLAN dan WebCam yang ditempatkan di LCD Saya cabut.

Selasa siang kemarin 12/6/16 Saya pergi ke sebuah toko komputer yang berada di Jln. Raya Parigi - Karangbenda depan Mega Baja Parigi. Toko komputer tersebut bernama Regi Komputer, pemiliknya agak sedikit mirip dengan orang china tapi sangat lancar berbahasa Sunda.

Pas Datang kesana Saya langsung bilang bahwa Saya ingin membeli LCD/Monitor, kemudian owner Regi Computer menawarkan 2 pilahan kepada Saya yaitu, LED merek Acer 14in dengan harga Rp. 920.000 dan LED TV Monitor IKEDO 17 in dengan harga Rp. 850.000.Harganya Saya tawar Rp. 840.000 jadi ada kembalian Rp. 10.0000, Kalau Anda cek di online harganya bisa mencapai Rp. 900.000 s.d 1000.0000, membeli langsung ke toko ternyata lebih murah dan pastinya bisa nawar.

Saya sebenarnya agak sedikit bingung mengapa mereka Acer yang hanya 14 inch itu di bandrol lebih mahal dibandingkan dengan merek IKEDO 17 inch, sementara LED IKEDO sendiri memiliki banyak kemampuan seperti bisa digunakan untuk TV, Monitor, Musik, dan USB. Disini Saya bertanya sama pemiliknya mengapa hal tersebut bisa terjadi ? pemiliknya menjawab, mungkin karena merek Acer sudah punya nama alias suda populer sehingga harganya mahal. Kemudian Saya bertanya kembali apakah merek IKEDO ini awet ? dia menjawab kembali bahwa selama ini dia sudah menjual beberapa merek LED IKEDO dan tidak pernah ada keluhan apapun dari pelanggan, asalkan penggunaannya sesuai aturan maka barang pasti bisa awet.

Masalah  harga mungkin bukan hanya masalah kualitas barang/bahan yang digunakan, tetapi mungkin juga strategi bisnis supaya barang cepat laku dan cepat dikenal. Apapun alasannya yang penting jangan sampai mengenyampingkan kualitas barang.

Jadi sekarang bentuk laptop Saya jadi seperti ini


SPESIFIKASI IKEDO LED TV Monitor :
1 . Resolusi = 5 : 4 1280 x 1024 (17 inch) , 16 : 10 1440 x 900 (20 inch)
2 . Analog Dan Digital Tuner
3 . Auto Resolution
4 . WIDESCREEN
5 . Port VGA Input
6 . Port HDMI Input
7 . Port USB Input
8 . Port Antena
9 . Port coaxial digital audio out
10.3.5 mm Headphone out
11.port AV

KEUNGGULAN :

1 ). Bisa Untuk TV Dan Juga Monitor
2 ). Port USB bisa di gunakan untuk memutar film,music,photo .dari media

     FLASHDISK Maupun Harddisk EKSTERNAL. suport video format
     MP4,3GP,WMV,MPEG,DLL.
3) Hemat Energi Listrik ,Daya 45 watt.
4) Gambar tajam dan Jernih.Dengan Teknologi layar LED WIDESCREEN

   ,Gambar Terlihat Jelas dari sudut manapun.
5 ) Dengan HD Audio suara pasti jelas, tidak cempreng,dan enak di dengar
6 ) Tampilan SLIM ,elegan dan mewah.
7 ) Bisa Di pasang Pada Bracket Dinding.
8 ) COCOK Untuk Ruang Tamu,Kamar,TOKO,Kantor Warung,Apalagi Bagi Para Mahasiswa Yang Lagi KOST Dan Butuh banget LED TV untuk Teman di kamar sambil belajar dan Melepas lelah karena seharian di kampus.COCOK Bagi Para Gamer Yang Bosen Dengan Tampilan Monitor Rumah Yang Kurang Tajam Yang hanya bikin Ngk Mood Main Game.COCOK untuk Warung Burjo/Warung Makan Agar Pelanggan Nyaman Saat Makan Sambil Nonton BOLA.

KELENGKAPAN:
1.Remot Control
2.Adaptor (Untuk 20 inch)
3.Buku Petunjuk
4.Kartu GARANSI


GARANSI :
Saya mendapatkan Garansi 6 bulan dari toko, mungkin di toko lain garansinya bisa beda, saya cek di online ada yang garansinya 1 tahun

Laptop tanpa kepala, hanya mesin saja, dibuang sayang, dijual tidak ada yang mau beli, beli yang baru mahal harganya, lagi pula mesin laptonya juga masih layak digunakan, maka akhirnya Saya memutuskan untuk membeli Monitornya/LED saja. 

Bila punya laptop yang rusak LCDnya dan memiliki keuangan yang minim untuk membeli Laptop baru, maka Anda bisa mencoba cara Saya ini.

41 Responses to "Mengganti LCD Laptop Dengan LED TV Monitor"

  1. Hebat nih jadi kalau misalkan rusak dan gak bisa di benerin tinggal ganti aja dengan LED TV Monitor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kang,,, apalagi LED ini bisa digunakan juga untuk nonton TV

      Delete
  2. ide bagus ya layarnya pake LED TV.
    kalo lagi mepet emang ide brilian suka keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kang,, kalau lagi kepepetmahsegala cara dialakukan,,, apalagi laptop tersbutkan buat ngeblog

      Delete
    2. catatan penting karena buat ngeblog. hehehe

      Delete
  3. wah kerenn loh mas, jd lbh leluasa natap layar ya. apalagi jernih gtu masih bru lagi LED nya :))
    keren euy oprek-oprek nya, jago bener mas ahmad. service dipercaya nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jhahaha,,, jago sih engga mba,,, kalau jagomah bisa dibenerin tuh LCDnya,, gak usah beli yang baru... hehehe.. :D
      layar diatas emang lebih leluasa dan jelas,, terutama untuk bloging,,

      Delete
  4. Bisa bngt kang Ahmad ini, bisa buka bengkel reparasi LCD laptop nantinya, heheh...

    ReplyDelete
  5. jadi LED tv bisa jadi multi fungsi ya mas.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. multi fungsi dan kreatif ya kang... baru ada kayaknya model gini..

      Delete
  6. jadinya perkawinan laptop dengan LED TV tuh mas.
    yg jelas lebih mudah daripada kudu ganti lcd nya yg perlu waktu ya mas,cuman jadinya nggak bisa dibawa kemana2

    ReplyDelete
  7. Wah jadi keren juga ya kang hasilnya, tapi itu pakai mouse tidak kang laptopnya, kalau saya mah kalau menggunakan laptop biasanya pakai mouse karena gak enak tau kalau pakai toc krim mah. Ahi hi hi

    ReplyDelete
  8. eh asli ini bisa di giniin ?
    Nanti kalo lagi iseng saya mau coba juga.
    "suatu saat"

    ReplyDelete
  9. Sungguh kreatif, ilmunya sangat bermanfaat nih mas

    ReplyDelete
  10. wah unik juga yah kalo laptop dipadu sama monitor biasa :D

    kebetulan sekali saya juga lagi pengen ganti LCD nih mas :)

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. gampang saja kang,, tinggal masukin kabel VGA ke colokan VGA yang ada di laptop,,, tidak usah di preteli/dicopot LCD laptopnya

      Delete
  12. Tutorialnya donk bang :)
    Masih bingung cara nyambunginnya :(
    Apa saja yg dibutuhkan/diperlukan? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal butuh kabel VGA sambungkan ke laptop dan LED

      Delete
  13. Itu nanti bisa masuk ke mode bios ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja bisa,, karena menyambungkan ke LED tidak berpengaruh terhadap bios..

      Delete
  14. Itu nanti bisa masuk ke bios ga?

    ReplyDelete
  15. Tolong trik donk gan membuang kepala layar laptop agar ttp nyala dan hanya menggunakan lyar monitor tv saja seperti px agan dAts???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin akan saya tuliskan pada kesempatan selanjutnya mas,,, sebenarnya sih mudah - mudah saja,,, tingal pisahkan/lepas baud engsel LCD laptop kemudian cabut kabel penyambung antara LCD dan board laptop,,, setelah itu tinggal masukan kabel VGA

      Delete
  16. Mas saya mau nanya ,kan laptop saya jatuh bisa cuma setengah layarnya pas ,apakah pas masukin sandi di bios bisa??..,(pas colokin kabel ke VGA langsung muncul di LED Lcd,soalnya takut beli trus dicolok on harus instal sana sini dulu) :v newbie mas mohon bimbinganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara default memang sebenarnya laptop sudah disediakan soket VGA yang bisa digunakan untuk bekerja dalam dua mode layar,,, seperti pake layar buat proyektor atau disambungkan ke monitor/LCD
      rusak atau enggak asalkan VGAnya gak rusak, soket VGA bisa dimanfaatkan untuk disambungkan ke monitor eksternal tanpa harus menginstal ini itu... kalau takut gak jalan,,, coba dulu di toko komputer pas saat belinya,..

      Delete
  17. Blog bagus mas,sesuai dg yg saya alami tp sayang step by step melepas perangkat layar lcd sampai pemasangan monitor led kk gk ada yaa,,boleeh kah saya minta cara nya krn laptop saya mwngalami hal sama mas,klo berkenan mohon krim ke email saya tomotomi453@gmail.com trimakSih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya LCD laptopnya tidak usah dilepas juga tidak apa - apa mas, saya lepas itu karena memang sudah rusak dan pengen simpel, lagi pula cara lepas LCD laptop itu beda - beda, karena casingnya juga beda

      Delete
  18. Bagus mas,,klo boleh mohon krim cara melepS bagian lcd sapai pemasangN led via email.email saya tomotomi453@gmail.com trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Lepas LCD ini tergantung merek laptopnya bro, kalau punyku harus lepas body bagian atas dulu, baru bisa buka engsel untuk LCD, kalau dijelasin akan memakan waktu yang lama, intinya tgl dibuka - buka aja bro... lagian kalau LCD nya tidak dilepas juga tidak apa - apa...

      Delete
  19. Kalau pake monitor.. bisa nampilin gambar kah gan di waktu masuk bois?

    ReplyDelete
  20. aku punya laptop asus 2006
    lcd nYa sy buang,tp saat mau di sambung ke tv led pake vga gk bs nyala otomatis..
    gmn caranya agar bs terhubug ke tv

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada pengaturannya mas, biasa pake tombol kombinasi supaya nanti diarahkan ke monitor, tapi kadang ada yang otomatis ngedeteksi sih..

      Delete
  21. Mau tanya, kalau tv disambukan ke laptop apakah bisa merusak tvnya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau TVnya memang ada colokan buat VGA ke laptop itu artinya support dan tidak akan membuat TV rusak...

      Delete
  22. mau tanya, saya punya laptop asus k45dr, layar nya rusak... saya cabut layar laptopnya pas dihubungkan ke tv LED hanya menampilkan tulisan ASUS tanpa bisa masuk windows, kenapa ya? kalau layar laptopnya saya pasang lagi bisa muncul di Tv LED, saya pengen layarnya dicabut aja biar hemat space, gimana caranya?

    ReplyDelete
  23. saya gabisa boot windows saat ke layar eksternal hanya memunculkan tulisan ASUS (LAPTOP SAYA ASUS), soalnya layar laptopnya saya cabut... gimana caranya supaya bisa jalan normal pake LCD eksternal tp layarnya pengen saya cabut soalnya memakan space

    ReplyDelete
  24. kalau sampai butuh masuk bios gimana, kang?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin