Pengalaman Upgrade Akun Adsense Dari Hosted Menjadi Non Hosted

Beberapa waktu yang lalu salah satu akun adsense milik Saya, Saya coba upgrade menjadi akun jenis non hosted, upgrade ini menjadi sangat penting terlebih bila kita sudah mengganti domain blog menjadi jenis Top level domain (TLD). “Katanya” mendapatkan akun hosted lebih mudah dibandingkan dengan non hosted, Saya sendiri kurang tahu mengapa secara teknis   mendapatkan akun hosted bisa terlihat mudah, mungkin karena memang ada perbedaan signifikan diantara keduanya seperti salah satunya adalah dalam  pembagian hasil. Oleh karena itu Saya sering melakukan teknik mendapatkan akun hosted terlebih dahulu, baru melakukan upgrade.

Berdasarkan pengalaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencoba melakukan upgrade akun adsense menjadi non hosted diantaranya :

1. Lalu lintas organik

Sebenarnya saya juga kurang paham dengan hal ini, tapi yang Saya tahu lalu lintas organik adalah lalu lintas/trafik yang kita dapatkan/dihasilkan dari hasil telusuran mesin pencari. Sehingga memang trafik blog yang Anda dapatkan haruslah merupakan trafik organik yang berasal dari mesin pencari.

2. Page Views/Trafik Blog
Sebenarnya mungin untuk jelasnya kita bisa menggunakan Google Analystic, tapi karena keterbatasan pemahamann Saya untuk menggunakan alat tersebut, maka Saya melihat dari halaman dasboard blogger secara langsung, mungkin ini tidak begitu berpengaruh tapi sebenarnya ini juga bisa menjadi acuan untuk kita melakukan upgrade akun, ketika kita melihat page views di blog yang kita kelola mendekati angka 2 ribu, Saya rasa Anda sudah siap untuk upgrade akun. Tapi perlu diingat juga dan dipastikan bahwa page views yang Anda lihat tersebut bukan page views Anda sendiri. Untuk lebih jelasnya mungkin kita bisa menambahkan Google Analyctics ke blog, silahkan baca artikel berikut: 
Mencoba Metode Verifikasi Google Analytics

Salah satu cara untuk menaikan trafik blog adalah membuat konten yang original, bermanfaat serta sesuai passion Anda, buatlah konten yang banyak, kalau memang perlu buatlah banyak tulisan sampai mencapai angka 500 artikel, dan yang tak kalah penting lagi adalah membuat jalinan yang kuat dengan beberapa blogger populer seperti contohnya dengan blog desa cilembu, wongcungkup dll, lihat 5 Blogger Paling Berpengaruh Versi ROOT93.

Bagi Saya keberadaan blogger lain sangatlah amat penting, ini seperti hubungan simbiosis mutualisme, sering – seringlah nongkrong/komentar di blog mereka atau yang lebih bagus lagi melakukan review salah blog yang Anda anggap populer, banyak sekali blogger populer tapi Saya sarankan untuk melakukan review blog – blog yang saya sebutkan diatas, mengapa ? Karena mereka sangat perduli dengan blogger lainnya, mereka punya apresiasi yang tinggi terhadap blogger lainnya, percaya atau tidak ? Tapi yang jelas Saya sering melakukannya.

3. Lain – lain
Mungkin untuk tambahan lainnya kita bisa melakukan submit sitemap di mesin pencari Google, Bing dll supaya artikel blog cepat terindek. Kemudian melakukan perubahan terhadap template, perubahan template yang Saya maksud bukan mengganti template tapi mendesain ulang template seperti dengan cara membuang beberapa script yang dianggap bisa membuat blog menjadi berat, Saya sendiri kurang tahu ini berpengaruh atau tidak, tapi yang jelas bila memang Anda belum mampu membuat konten secara konsisten, yah minimalnya tampilan serta akses ke blog Anda bisa lebih sedikit bersahabat, melakukan modifikasi mungkin juga diperlukan asalkan jangan terlalu berlebihan, untuk template – template premium Saya rasa tidak usah terlalu banyak diotak – atik lagi. 

Beberapa hal yang Saya jelaskan diatas mungkin lebih ke optimasi blog saja, saya kurang begitu paham masalah optimasi, jadi silahkan belajar sama yang sudah ahli saja, takutnya penjelasan Saya ini malah jadi menyesatkan, tapi intinya menurut Saya konten blog adalah poin penting yang perlu diperhatikan dan terus di update.

Berikut ini merupakan Pengalaman Upgrade Akun Adsense Dari Hosted Menjadi Non Hosted

Secara teknis proses upgrade akunnya mudah saja, caranya :
  1. Masuk ke dasborad adsense
  2. Klik tombol gerigi > Settings > Access and authorization 
  3. Masukan sebuah situs TLD, yang secara langsung mengartikan bahwa Anda ingin menampilkan iklan di luar mitra google. Klik Submit
  4. Setelah itu pasang kode iklan di blog, mungkin nanti kode iklan akan tetap dalam keadaan blank sampai proses upgrade akun di setujui. 
  5. Tunggu sampai beberapa hari atau minggu, sampai Anda menerima balasan bahwa akun Anda diterima.

Ada banyak orang yang mengatakan bahwa kalau misal pengajuan adsen kita ditolak, kita harus mengajukan permintaan menggunakan akun lain, mungkin pernyataan itu benar, tapi Saya sendiri sering ditolak  adsense sampai beberapa kali namun tetap melakukan pengajuan menggunakan akun yang sama, yang Saya perbaiki bukan akunnya tapi konten blognya yang diperkaya.

Untuk upgrade akun kali ini Saya sedikit merasa “geli” sedikit lucu dan aneh, pasalnya dalam beberapa hari Saya menerima email balasan bahwa akun Saya disetujui, kemudian sehari setelahnya ada pemberitahuan bahwa pengajuan upgrade Saya “DITOLAK”, tapi waktu itu Saya merasa agak sedikit aneh pasalnya iklan justru masih tampil di blog.

Selanjutnya sayapun masuk ke dasboard adsen dan melihat sedikit keanehan pula, disana Saya tidak melihat keterangan “Hosted Akun” yang biasanya terlihat jelas di dasboard dengan warna merah. Disni Saya berpikir mungkin akun saya telah berhasil di upgrade, soalnya tulisan “Hosted Akun”  di dasboard tidak terlihat lagi, kalau pendapat Saya ini keliru mohon untuk diluruskan.
akun berhasil diupdate
Tidak ada keterangan "Hosted account" pada dasboard

 
Ada keterangan hosted account pada dasboard

Ada satu hal lagi tambahan, waktu itu setelah selesai upgrade akun, secara otomatis situs yang diupgrade di tambahkan ke situs yang diizinkan namun keadaanya tidak terverify, maka dari itu untuk memverifikasinya kita cukup menggeser pilihan ke bagian verified.

memverifikasi penayangan iklan di situs yang diingankan

Mengenai masalah pemberitahuan email disetuji/approve,  kemudian setelahnya malah ditolak, itu Saya kurang begitu mengerti, mungkin ada yang salah dengan sistem adsennya atau ada hal lain yang mungkin tidak bisa Saya mengerti.

Intinya konten blog perlu selalu diupdate agar blog kita semakin memiliki banyak kesempatan untuk terindek pada mesin pencari. Bila konten sudah banyak, trafik blog pun akan meningkat sehingga mungkin kesempatan untuk mendapatkan akun adsense  akan semakin terbuka lebar

Bagi Saya pada hakikatnya seorang blogger adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa yang akan terus memberikan manfaat dengan ataupun tanpa mendapatkan adsense sekalipun. Memberikan ilmu dan manfaat kepada orang banyak sudah lebih dari cukup, Menjadi seorang blogger bukan hanya sekedar takdir,  melainkan sudah menjadi pilihan dan jalan hidup yang ingin Saya lalui.

5 Responses to "Pengalaman Upgrade Akun Adsense Dari Hosted Menjadi Non Hosted"

  1. ada catatan yang ingin saya tau lebih jelas mas, yaitu pembagian hasil.
    nah emang bedya pembagian hasil acout hosted sama non hosted

    ReplyDelete
  2. ahh, saya jg gak byk faham ttg adsense mas :D
    apa coba yg mau saya luruskan,mas? :D adanya saya hbs ngelurusin tangan kanan krna hbs kram lho :D ckckc..

    ReplyDelete
  3. Punyaku diterima tapi tetap saja tidak bisa ditampilkan karena memang kena talak tiga.

    ReplyDelete
  4. Saya tertarik pada tulisan terakhir dari kang zaelani, Blogger adalah pahlawan tanpa jasa, yang terus berusaha memberikan informasi menarik dan bermanfaat, tanpa adanya GA sekalipun. joz tenan

    ReplyDelete
  5. Prosesnya hampir sama ya mas dengan mendaftar ulang, dimana melalui proses review dulu

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...