Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PSB) Gratis Versi 1.1

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekan Republik Indonesia yang akan dilaksanakan dalam beberapa hari lagi, maka ROOT93.CO.ID ingin sedikit berbagi source code/script aplikasi penerimaan siswa baru, mungkin ini terlihat kecil tapi Saya berharap ini bisa memberikan konstribusi terhadap negara khususnya terhadap dunia pendidikan.

“Jangan tanyakn apa yang Negara ini berikan kepadamu, tapi tanyakanlah apa yang telah kamu berikan kepada Negaramu”

Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PSB) Gratis Versi 1.1 yang saya beri nama “PSB Web root school” ini merupakan aplikasi penerimaan siswa baru berbasis web yang mengggunakan PHP dan MySQL sebagai pondasi utamanya. Saya sebenarnya juga memasukan aplikasi ini pada paket Jasa Pembuatan Website Sekolah Only 300 ribu tapi mungkin sekarang paket aplikasi tersebut bisa dikatakan jadi free.

Aplikasi ini sebenarnya dibuat untuk mempermudah pihak sekolah dalam melakukan pendataan siswa baru, mereka juga bisa menghemat biaya untuk pembelian kertas form pendaftaran serta meringankan beban kerja operator sekolah karena tidak perlu repot – repot lagi menginputkan data – data calon siswa baru secara manual.

Source code Aplikasi peneriman siswa ini terdiri dari beberapa file dan folder diantaranya :

Folder PSB
Dalam aplikasi ini terdapat 7 file PHP diantaranya :
file php di folder psb
1. connect.php
Berisi file konfigurasi koneksi ke database


2. index.php
Halman depan aplikasi


3. key.php
Ini merupakan form untuk memasukan key “kata kunci” untuk akses formpsb.php, jadi form untuk registrasi ini dibatasi hanya untuk calon siswa saja yang diberi “key”. Key di buat oleh pihak sekolah melalu halaman admin


4. key_proses.php
File key_proses.php ini nantinya akan jadi file yang menghasilkan key_sesi.php, bila siswa memasukan key yang benar maka dia bisa mengakses form registrasi/formpsb.php


5. key_sesi.php
File ini merupakan file yang bertugas untuk membatasi akses formpsb.php, hanya orang dengan “key” yang valid yang bisa mendapatkan sesi (session)


6.formpsb.php
File ini merupakan form inputan/registrasi untuk calon siswa baru 


7. formaksi.php
File ini bertugas untuk melakukan validasi formpsb.php. Setiap siswa yang berhasil melakukan input secara otomatis sesinya akan diakhiri dan dibuang ke halaman index.php.


8.key_destroy.php
File tentunya bertugas untuk mengakhiri sesi registrasi siswa bila sudah berhasil melakukan pendaftaran

Folder mimin
Folder mimin ini merupakan folder administrator yang fungsi utamanya sebenarnya adalah untuk melihat data siswa yang telah masuk dan untuk membuat akses key. Dalam folder ini terdapat 9 file PHP diantaranya :
folder mimin/admin

1. connect.php
File yang berisi konfigurasi untuk akses database MySQL


2. index.php
Halman depan aplikasi


3.login.php
File ini merupakan form login untuk akses ke halaman utama aplikasi


4. login_proses.php
Login proses.php merupakan file yang nantinya akan menghasilkan sebuah session


5. sesi.php

File ini tentunya bertugas untuk membatasi halaman utama aplikasi, sesorang yang mencoba masuk tanpa memiliki sesi akan dibuang.

6.input_key.php

 
Seperti yang sudah dijelaskan pada folder PSB bahwa form pendaftaran siswa baru dibatasi dengan key, dan key tersebut dibuat melalui halaman input_key.php

7. key_proses.php

 File ini tugasnya adalah untuk memproses inputan dari input_key.php. Setiap key yang di inputkan oleh administrator akan dirubah kedalam enkripsi md5, file ini juga akan secara otomatis mengirimkan nilai “1” untuk level dari setiap key yang dibuat.
 
8. lihat_data_siswa.php
 File ini merupakan file yang bertugas untuk menampilkan data dari dalam database, data yang ditampilkan merupakan data yang dinputkan oleh calon peserta didik dari halaman formpsb.php

9.logout.php
File ini bertugas untuk mengakhiri session admin

Folder assets
Folder ini berisi file – file css dan js yang sebenarnya fungsi utamanya lebih ke desain atau kerangka aplikasi. File assets ini bisa digunakn secara gratis atau di komersilkan dibawah license html5up.net “Free for personal and commercial use under the CCA 3.0 license (html5up.net/license)”

Sebenarnya itu hanya untuk gambaran secara singkat saja, untuk lebih jelasnya mungkin bisa dipelajari per filenya, supaya bisa di modifikasi sesuai dengan kebutuhan, atau bila Anda tidak ingin repot – repot, Anda bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website Sekolah Only 300 ribu.

Meskipun sangat sederhana tapi Saya harap aplikasi ini bisa membantu khususnya bagi dunia pendidikan. Salam merdeka, sekali merdeka tetap merdeka !

Video Aplikasi Penerima Siswa Baru (PSB) Berbasis WEB




10 Responses to "Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PSB) Gratis Versi 1.1"

  1. Wah aplikasi ini tentunya sangat membantu pihak sekolah dalam mengurus penerimaan siswa baru ya mas :) jadi tidak banyak kerja dan biaya untuk kertas deh :)

    ReplyDelete
  2. dengan menggunakan aplikasi ini para calon siswa bisa melakukan pendaftaran secara online ya mas

    ReplyDelete
  3. ini dia pengabdian. bener banget mas jangan bertanya apa yang sudah negara berikan tapi yang sudah di berikan untuk negara.
    jadi terharu sayah.

    ReplyDelete
  4. saya coba dolod dulu ah mas, mungkin bisa pake untuk sekolah saya

    ReplyDelete
  5. Wah ini baru berdedikasi dan berkarya untuk bangsa. Bikin aplikasi yang berguna bisa dipakai semua orang dan gratis, salut!

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. File Sqlnya udah disediakan diatas gan,, tinggal download aja,,, heheh Saya lupa menertakan Sqlnya

      Delete
  7. mas, pas saya di page mimin,mau login ko ada notifikasi terus "anda harus login terlebih dahulu". itu kenapa ya? padahal udah cek berkali kali paswordnya bener. terimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. entar saya upload ulang yah gan,,, atau coba cek lagi folder miminya,,, itu mungkin Saya salah mengarahkan,,, coba cek login prosesnya..

      Delete
    2. untuk maslah tidak bisa login itu,, coba login dua kali,, soalnya memang begitu,, usernya disitu ada
      user : admin
      pawd : admin

      user : admin2
      pawd: admin

      Aplikasi itu sudah saya cek sebelumnya,, jadi pas login pertama meskipun benar, dia akan bilang salah,, coba login sekali, sampai dua kali,,,

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...