Cara Mengatasi Error Saat Melakukan Pendaftaran di Unpad

Tahun ini Universitas Padjadjaran kembali lagi membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru secara online melalui halaman https://pendaftaran.unpad.ac.id/. Halaman tersebut tentunya merupakan halaman registrasi online, setiap peserta wajib mengisi data - data di halaman tersebut secara lengkap dan benar. 
 
Aplikasi PSB buatan Unpad memang lebih canggih ketimbang Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PSB) Gratis Versi 1.1  buatan saya, tapi Saya jadi sedikit terinspirasi untuk membuat hal yang serupa seperti milik Unpad
 
Baru - baru ini beberapa siswa yang mencoba melakukan pendaftaran mengalami kesulitan, salah satunya adalah terjadinya error yang membuat calon siswa tidak bisa menyelesaikan pendaftaran, atau mencetak kartu tanda peserta untuk melakukan seleksi.

Error ini sebenarnya terjadi pada akhir pengisian form atau proses akhir untuk mencetak kartu/tanda peserta. Pesan Error tersebut adalah sebagai berikut :  "SERVER Error in '/' Application. Input string was not in a correct format"

error pada saat registrasi di unpad
Pada awalnya Saya sedikit kebingungan, Saya coba beberapa kali mengulang hasilnya tetap error juga. Kemudian Saya coba lagi teliti pesan kesalahan error tersebut. Sepertinya memang ada kesalahan pada form isian untuk baris 214, Saya kurang tahu secara pasti tapi kemungkinan si aplikasi tidak bisa menerima input string tertentu  atau string pada baris tersebut dianggap sebagai kesalahan.
 
Akhirnya Saya cek lagi form isian untuk bagian pendapatan ayah, tadinya Saya isi dengan format seperti ini 3,900,000 kemudian akhirnya Saya tulis tanpa menggunakan pemisah koma menjadi  3900000, dan setelah dirubah formatnya akhirnya Saya bisa melakukan registrasi.
 
Untungnya disini si aplikasi seperti memberi tahu user tentang kesalahan yang terjadi dengan menampilkan error pada baris yang mengalami masalah. Menurut Saya kalau di form di kasih peringatan untuk memasukan jumlah penghasilan tanpa dipisah dengan koma mungkin error ini takan terjadi, sebaiknya memang pihak pembuat aplikasi segera memperbaiki masalah tersebut, agar para siswa tidak mengalami masalah yang serupa.
 
Jadi kesimpulan dari Cara Mengatasi Error Saat Melakukan Pendaftaran di Unpad adalah dengan tidak memasukan tanda koma pada form inputan khususnya disini form inputan untuk penghasilan.

5 Responses to "Cara Mengatasi Error Saat Melakukan Pendaftaran di Unpad"

  1. Ohm jadi eror tersebut bisa terjadi karena kesalahan dalam mengisi format ya kang misalnya format pengisian penghasilan orang tua yang harus di isi tanpa pemisah seperti koma :)

    ReplyDelete
  2. Mungkin kalau untuk orang yang baru pertama kali mah sudah gak jadi kang daftar secara online mah tapi kalau ditempat saya mah alhamdulillah kang belum pernah error kaya begitu.

    ReplyDelete
  3. iya pihak servernya harus segera memperbaiki, karena engga semua siswa ngerti kan kalo udah eror gitu mereka jadi bingung sendiri

    ReplyDelete
  4. NAH TUH...udah ada solusinya noh kalau error menghadang di Unpad, kalau tau begituh coba yang bikin aplikasinya blogger kaya mang admin, pasti moal error nyak

    ReplyDelete
  5. di panduan pendaftaran online atau petunjuknya gak ad di informasikan mas? wah sayang sekali ya hny krna itu calon pendfatar jd rempong, repot dan greget. untung ad mas ahmad membantunya, keren ya mas bisa bikin aplikasi pendftaran gtu..

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...