Cara Mudah Memperkecil Ukuran Gambar Jadi 300KB

Sebagian dari kita mungkin kita pernah dituntut untuk melakukan pengecilan ukuran dari sebuah gambar digital dengan ukuran tertentu seperti misal kurang dari 500KB atau kurang dari 300KB, biasanya ini sering terjadi pada sebuah aplikasi online seperti misal aplikasi pendaftaran siswa baru yang mengharuskan para pesertanya untuk mengupload gambar dengan ukuran tertentu.

Contoh dalam kasus kali ini Saya memiliki ukuran gambar 1,7 MB maka bila Saya ingin merubahnya maka saya hanya cukup melakukan perubahan terhadap resolusinya. Untuk merubah resolusi dari gambar Saya menggunakan Adobe Photoshop
gambar dengan ukuran 1,7MB



  1. Buka Gambar/Photo yang ingin diperkecil menggunakan Photoshop 
  2. Klik menu Image > Image Size, lalu nanti rubah resolusinya misal jadi 70 semakin kecil resolusi akan membuat ukuran size gambar semakin kecil, sesuaikan saja nilai sesuai dengan kebutuhan. 
  3. mengubah resolusi gambar
    Merubah Resolusi Gambar jadi 70
  4. Untuk Pixel Dimension itu bukan ukuran gambar/size gambarnya, nanti ukuran gambarnya bisa kita lihat pada saat melakukan save seperti terlihat pada gambar dibawah ini, jangan lupa qualitynya di set ke "Medium"
gambar sudah diperkecil
Gambar diperkecil menjadi 152 KB
Cara yang mudah bukan ? kita hanyacukup merubah resolusi gambarnya, ingat bahwa semakin kecil resolusi maka akan akan membuat ukuran gambar juga semakin kecil

7 Responses to "Cara Mudah Memperkecil Ukuran Gambar Jadi 300KB"

  1. Kalau saya mah kang jarang sih ngecilin ukuran gambar, dan kalau saya ngecilin gambar juga kalau blog atau website saya lelet loadingnya berarti saya kudu cepat cepat bertindak dan salah satunya mengecilkan gambar.

    ReplyDelete
  2. Yang Operator Sekolah atau madrasah harus belajar disini nih!

    ReplyDelete
  3. di kantor saya disuruh ngumpulin berkas scen format .png
    yang jadi maslah gambarnya jelas tapi size besar nyampai 5.000 kb lebih
    jika dikecilin 500 kb gambarnya jadi nggak jelas
    gimana itu solosinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pecah,, nilai resolusinya jangan terlalu kecil,, misal tadinya 300 px, rubahlah jadi 200px,, jadi potongnya jangan terlalu kekecilan..

      Delete
  4. Mudah juga ya cara mengecilkan ukuran gambar ini.. saya juga sering minta tolong kecilin ukuran gambar agar tidak lelet di handphone. mungkin dia pakai adove photoshop ya :)

    ReplyDelete
  5. saya lebih sringnya pke office pict manager sih mas, klo pke photoshop kdng" aja..hehe

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...