Mengatur Tinggi dan Lebar Kolom Pada Tabel Ms. Word

Mengatur Tinggi dan Lebar Kolom Pada Tabel Ms. Word bisa dilakukan dengan cara melakukan seleksi/blok pada kolom kemudian memberikan nilai tinggi dan lebar kolom sesuai dengan keinginan. Untuk lebar kolom sendiri sebenarnya bisa di atur dengan cara menarik garis vertikal yang terdapat pada kolom sedangkan untuk mengatur tingginya Anda bisa menarik garis horizon yang terdapat dalam tabel, tapi biasanya untuk tinggi bila diatur dengan cara di tarik maka hasilnya tidak akan sama rata, oleh karena itu bila Anda perlu mengatur nilai tinggi dari setiap kolom.

Mengatur Tinggi dan Lebar Kolom bisa dilakukan secara lebih spesifik, maksudnya bila Anda menginginkan hanya satu kolom saja yang punya tinggi misal 1 CM, maka Anda cukup melakukan seleksi/blok/menyimpan kursor pada baris kolom yang ingin di beri nilai tinggi 1 CM, namun bila Anda menginginkan setiap tinggi kolom memiliki nilai 1 CM, maka seluruh tabel harus di seleksi/blok sehingga nanti tinggi setiap kolom akan seragam. Begitu pula dengan mengatur lebar tabel juga bisa di lakukan dengan cara melakukan blok/menyimpan kursor pada kolom tertentu kemudian diatur nilainya, namun bila semua lebar kolom ingin di atur supaya memiliki lebar yang sama maka Anda hanya cukup menarik garis vertikal yang terdapat pada tabel. 
Secara umum bila kursor di taruh pada salah satu kolom yang terdapat dalam tabel, maka secara otomatis menu Design dan Layout akan di tampilkan. Untuk lebar dan tinggi kolom bisa di atur pada menu layout, sedangkan untuk design/tampilan tabel bisa diatur pada menu Design. Jadi intinya menu Layout dan Design untuk tabel akan muncul ketika kursor aktif atau berada dalam tabel

Untuk lebar kolom, bila kursor di taruh pada salah satu kolom kemudian nilainya diatur maka seluruh lebar kolom akan memiliki nilai yang sama, terkecuali bila Anda melakukan blok pada satu kolom saja, maka nilai lebar kolom tersebut akan berbeda, tapi biasanya ini jarang dilakukan.Begitupun dengan tinggi kolom, bila Anda menginginkan salah satu nilai kolom memiliki tinggi yang berbeda, maka Anda hanya cukup menaruh kursor pada salah satu kolom yang ingin di atur tingginya.

Berikut ini adalah beberapa langkah bagaimana mengatur tinggi dan lebar tabel pada MS. Word
  1. Buatlah sebuah tabel di MS. Word
  2. Dalam contoh kali ini Saya ingin meninggikan nilai kolom pertama pada tabel, maka saya perlu melakukan blok terlebih dahulu kolom pertama atau bisa juga dengan cara menaruh kursor pada bagian kolom



  3. Selanjutnya klik menu Layout. Pada Height/Width kita bisa langsung mengatur nilai tinggi/lebar kolom yang diinginkan

Dengan cara tersebut di harapkan nilai lebar dan tinggi kolom yang terdapat dalam tabel di Ms. Word bisa di atur sesuai dengan keinginan. Jangan lupa pelajari juga bagaimana Menambahkan dan Print Background Warna di Ms. Word

7 Responses to "Mengatur Tinggi dan Lebar Kolom Pada Tabel Ms. Word"

  1. Dalam fotografi pembuatan tabel seperti jarang digunakan, tapi ilmunya boleh juga dipelajari untk kebutuhan yang lain..

    ReplyDelete
  2. trimakasih tutorialnya...saya masih belum bisa

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat saat masih menerima jasa pengetikan. Dulu membuat kolom seperti ini tidaklah mudah, tapi sekarang aplikasi ms word lebih sempurna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuh bru inget saya 4lbr ketikan blum saya rampungkan..omg x_x

      Delete
  4. Ternyata tidak begitu susah dalam mengatur tinggi dan lebat kolom akan tetapi apabila kita tidak mengetahuinya akan sangat susah maka dari itu artikel seperti ini yang kita butuhkan :)

    ReplyDelete
  5. Muantappp kang saya waktu smk sudah diajarin yang satu ini memang gampang tapi lupa lagi sih kalau perlajaran komputer mah soalnya bingung saya kalau masalah komputer mah.

    ReplyDelete
  6. Sepertinya mas admin guru Kompt di sekolah yaa.. ini bhan ms.word biasanya dipljarin sm anak SMP..hehe

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...