Mengenal Local Group Policy Editor Windows

Local Group Policy Editor adalah konsol manajemen Microsoft ( MMC ) snap-in yang menyediakan antarmuka pengguna tunggal melalui dimana semua pengaturan dari objek Kebijakan Grup lokal dapat dikelola.

Misalnya Saya ingin menonaktifkan Control Panel pada windows supaya tidak bisa dibuka oleh orang lain, maka Saya cukup mengaturnya pada Local Group Policy Editor atau Saya ingin mengilangkan daftar Program pada Program And Features Windows supaya tidak ada sembarang orang yang melakukan uninstall program komputer seenakanya, maka Saya juga cukup mengaturnya melalui Local Group Policy Editor. Jadi bisa dibilang Local Group Policy Editor adalah pengaturan komputer secara menyeluruh, mengatur apa saja yang boleh dan tidak boleh di akses pada komputer.

Biasanya Local Group Policy Editor lebih sering digunakan untuk komputer – komputer Windows yang di pakai oleh banyak orang seperti di kantor, sekolah, warnet dll, untuk menghindari kerusakan atau penyalahgunaan komputer, Dengan adanya Local Group Policy Editor, maka sang administrator bisa lebih membatasi pergerakan user saat menggunakan komputer, batasan tersebut mungkin bisa meliputi masalah akses ke Control Panel, Desktop, Start Menu And Taksbar dsb.

Untuk memanggil Local Group Policy Editor Windows langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Start > All Programs > Accessories > RUN / Klik tombol Windows + R 
  2. Selanjutnya ketikan pada kotak run gpedit.msc, kemudian klik OK 
  3. Nanti akan muncul tampilan Local Group Policy Editor seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini                                                                                                                                          
    Local Group Policy Editor Windows



Walau fungsi utamanya sendiri adalah untuk mengatur kebijakan penggunaan komputer tapi terkadang Local Group Policy Editor sering di salah gunakan seperti untuk mengisengi komputer windows teman
Saya juga Saya sudah pernah membahas artikel tentang Jailin Laptop Windows 7 Teman Supaya Masuk Terus Kedalam Safe Mode, dan hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk penyalagunaan, dan penyalahgunaan tersebut juga bisa terjadi pada hal ini, seperti yang sudah Saya bahas pada artikel  
  1. Mengisengi Komputer Teman Agar Drive Komputernya Error atau Hilang
  2. Menyembunyikan Pengaturan Koneksi Internet dan Device Manager Windows 
Trik diatas merupakan trik yang bisa digunakan untuk jail, dimana dilakukan dengan cara  memanfaatkan local group policy editor, dan efeknya bisa lebih parah terutama jika tidak paham bagimana cara mengatasinya, karena pada Local Group Policy Editor seseorang bisa mengatur agar sang pengguna komputer tidak bisa mengakses drivenya, mengakses windows explorer, dsb.


Dengan Mengenal Local Group Policy Editor Windows diharapkan para pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi Windows bisa lebih paham dan mengerti bagaimana mengatur masalah kebijakan pada komputer yang digunakannya.

1 Response to "Mengenal Local Group Policy Editor Windows"

  1. penjabaran bahwa Local Group Policy Editor adalah konsol manajemen Microsoft ( MMC ) snap-in yang menyediakan antarmuka pengguna tunggal melalui dimana semua pengaturan dari objek Kebijakan Grup lokal dapat dikelola.
    tetap saja mati paham, nggak tau saya mah mendingan berantem dari pada disuruh mengertiin soal MMC mah ah

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...