Menonaktifkan atau Menghapus Semua Recent Document Pada Windows 7

Ketika seseorang membuka document seperti Word, Excel, PDF, Photoshop, Notepad dll di Windows 7 Recent bisanya Documentnya akan di tampilkan. Recent Document ini muncul biasanya muncul untuk program/aplikasi yang berada pada star menu.

Menonaktifkan atau Menghapus Semua Recent Document Pada Windows 7 berkaitan dengan privasi pengguna komputer itu sendiri terutama jika akses ke komputer tersebut lebih dari satu orang. Sehingga mungkin seseorang kurang merasa kurang nyaman bila aktifitas yang dilakukannya pada komputer di ketahui oleh orang lain. Cara ini sebenarnya tidak menghapus Recent pada aplikasinya secara langsung, seperti contohnya ketika Anda membuka Photoshop, maka Recent Documentnya akan disimpan dalam Photoshop itu sendiri, biasanya kita bisa membuka lewat Open Recent Document dll. Setiap Recent Document juga akan ikut di tampilkan terutama bila si aplikasi terdapat dalam start menu.

Contoh lainnya seperti ketika Saya menggunakan Ms. Word di Windows 7, maka Recent dari Ms. Word juga sebenarnya document recentnya akan tetap tersimpan dalam aplikasi. Waktu itu Saya pernah mencoba Menonaktifkan dan Menghapus Recent Documents di Ms. Word 2010  secara langsung, namun ternyata Recent tersebut tidak ikut di hapus dari dalam start menu. Recent Documents hanya terhapus dari dalam aplikasi.

Perhatikan Gambar dibawah ini, ketika Saya membuka file gambar dengan “Paint” yang tersimpan di flashdisk, maka nantinya nama file dari Gambar yang pernah buka menggunakan “Paint” akan ikut di tampilkan dalam Recent Paint yang berada dalam start menu.


Untuk menghilangkan ataupun menghapus Recent tersebut, Anda bisa melakukn cara – cara – berikut :
  1. Klik kanan > Properties pada taskbar Windows 7 > Tab Star Menu
    properties start menu
  2. Hilangkan tanda centang pada “Stor and Display Opened Item............” pilihan kedua
  3. Bila sudah selesai klik Apply
  4. Cek kembali Recent pada start menu, nanti recentnya tidak akan muncul lagi
    Recent sudah menghilang

Cara tersebut sebenarnya secara tidak langsung telah menghapus setiap Recent Document yang terdapat pada setiap program yang terdapat dalam start menu. Meskipun adna mengaktifkan kembali recentnya seperti di jelaskan pada point 1. Yang Saya tahu recent tersebut hanya di hapus pada start menunya saja, sedangkan recent dalam aplikasinya tidak di hapus. Untuk menghapus Recent yang terdapat dalam aplikasi Anda perlu membuka Aplikasinya secara langsung dan menghapus recent sesuai dengan fasilitas menghapus recent yang terdapat dalam setiap aplikasi.

Menghapus Recent pada aplikasi dan menghapus recent secara langsung dari Aplikasi tidak berpengaruh satu sama lainnya. Pada windos sendiri terdapat fasilitas untuk melihat semua recent yang ada, biasanya dengan melihatnya pada menu Recent atau dengan cara Klik Start > Run, kemudian ketikan Recent pada kotak Run seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini

mengakses recent win 7 dari run


Recent yang terdapat dalam gambar diatas sudah kosong, karena sudah dihapus. Untuk menghapusnya Anda hanya cukup menekan tombol delete pada keyboard, atau bila ingin menghapus semuanya secara sekaligus Anda bisa langsung melakukan seleksi atau blok pada semua Recent dengan cara menekan tombol delete.

Selain masalah privasi sebenrnya juga menghapus Recent menurut Saya juga berkaitan masalh performance komputer Windows 7 itu sendiri.

3 Responses to "Menonaktifkan atau Menghapus Semua Recent Document Pada Windows 7"

  1. Wah blum prnh coba cara ini mas. Terapin ahh.. mkasih triknya mas^^

    ReplyDelete
  2. sering pake tips ini kalo komputer banyak yang pake..., hehehe biar ga ketahuan yang terakhir dibuka file apa ....

    ReplyDelete
  3. Saya baru tahu cara ini mas, biasanya saya biarkan saja recent dokumen tersebut

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...