Tips Cepat Backup Artikel di Blogger.com

Membuat Blog Itu Mudah sama mudahnya ketika akan melakukan backup artikel yang sudah tersimpan/di publikasikan ke Internet. Blogger.com memang memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam berbagai hal, salah sataunya adalah kemudahan untuk melakukan backup artikel blog, biasanya file backup artikel tersebut digunakan seseorang sebagai konten cadangan saja bila sewaktu – waktu terjadi masalah yang tidak diinginkan ataupun digunakan pada saat seseorang ingin berganti/berpindah platform misal dari blogger ke wordpress atau Drupal.

Backup artikel dari blogger.com tidak perlu dilakukan secara manual seperti dengan melakukan copy paste artikel satu persatu karena itu tentunya akan sangat merepotkan. Pada halaman blogger.com sudah di sediakan menu yang berguna untuk melakukan backup artikel blog dengan mudah, cukup sekali klik maka seluruh artikel blog akan disimpan ke dalam file dengan ektensi XML.


Berikut ini adalah Tips Cepat Backup Artikel di Blogger.com :

1. Masuk pada akun blogger.com masing – masing
2. Klik Menu Setelan > Lainnya. Nanti muncul tampilan seperti berikut
Membuat konten cadangan untuk blog

3. Klik Cadangkan Konten. Selanjutnya akan muncul tampilan berikut
menyimpan konten cadangan ke komputer

4. Klik Simpan ke Komputer maka konten/artikel blog akan langsung di unduh


File dalam bentuk format xml merupakan konten cadangan blog milik kita yang mungkin sewaktu – waktu akan sangat dibutuhkan, seperti misal untuk keperluan mengisi konten artikel pada website wordpress uji coba yang terdapat di localhost. Dalam praktiknya proses pemindahan import konten xml blogger ke wordpress membutuhkan plugin tambahan, untuk pemindahan artikel dari blogger ke wordpress bisa di lihat pada halaman
Cara Mudah Memindahkan Artikel Blogger Ke WordPress

File XML yang di unduh sebagai konten cadangan blog berisi konten laman, pos & komentar sementara untuk konten dalam bentuk gambar yang terdapat dalam postingan akan ada dalam bentuk link, dan bila terkoneksi dengan internet gambar tersebut akan muncul. Jadi gambar tidak akan ikut di unduh namun link gambarnya akan tetap ada dan bisa di tampilkan bila terkoneksi ke internet.

Selain itu backup ini juga dilakukan untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan seperti terjadi pencurian blog, blog di hapus google, dll. Dengan menyimpan file backup konten blog tentu saja akan sangat membantu ketika hal – hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi.

5 Responses to "Tips Cepat Backup Artikel di Blogger.com"

  1. Cukup simpel ya Kang Zae..hehee

    ReplyDelete
  2. hampir sama kaya membackup template ya mas.
    ini berguna sewaktu waktu blog terhapus...jadi ada originalnya.....

    ReplyDelete
  3. o begitu cara back up artikel di blogger dot com teh ternyata mudah tapi rada sedikit ribet juga ya, tapi emang banyak banget gunanya backup artikel teh ih

    ReplyDelete
  4. Kalau saya mah belum pernah kang menyadangkan artikel karena saya mah suka dijadwal gituh walaupun jarang tapi yang penting mah update, tapi boleh lah nanti dicoba ku saya kalau lagi pengen buat artikel yang banyak itu bisa jadi alternatif.

    ReplyDelete
  5. yg diback up udh berapa kapasitasnya mas punya blog mas? :D *kepo

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...