Cara Bongkar Pasang Tombol Keyboard Laptop

Pada umumnya desain tombol keyboard semuanya hampir sama, kecuali untuk bentuk/desain keyboard secara keseluruhan dan soket/kabel penghubung keyboard biasanya ada perbedaan antara satu dengan yang lainnya. 

Tombol keyboard umumnya memiliki dua komponen utama, yaitu tombol luar keyboard yang ditandai dengan angkaa – angkaa atau huruf, dan plastik penopang atau alas yang berfungsi agar tombol keyboard luar bisa terkunci. Tombol keyboard dipasang seperti menggunakan teknik paseuk, alias tertempel tanpa menggunakan baut, ini juga berlaku untuk keyboard PC. Dalam bagian tombol keyboard terdapat tonjolan kecil yang berfungsi supaya keyboard bisa tertempel pada plastik alasnya dan kemudian terkunci, beberapa bagian tombol keyboard di laptop juga ada yang menggunakan tambahan besi, seperti untuk tombol spasi, enter dan shift.

Didalam bagian bawah keyboard laptop biasanya terdapat  benda yang mirip seperti sebuah plastik klise untuk foto, plastik tersebut seperti sebuah alas dan tertempel menggunakan lem. Berdasarkan hasil pengamatan plastik yang berada dibawah keyboard juga terlihat seperti terhubung dengan kabel IDE laptop ke bagian atas, bila plastik tersebut dibuka akan terlihat seperti sebuah lempengan alumunium.

gambar bagian dalam keyboard

Bila tombol keybord laptop dicabut akan terlihat bantalan karet, umumnya memang semua jenis keyboard memiliki bantalan karet yang fungsinya untuk membuat tombol keyboard terasa lebih elastis pada saat di tekan, selain itu juga bantalan karet tersebut juga berfungsi untuk memberikan perintah pada saat ditekan ke bagian dalam/jalur keyboard.  Bantalan karet dan jalur keyboard yang lebih jelasnya bisa dilihat pada artikel Perawatan Keyboard PC

Bantalan karet tombol keyboard
Keyboard laptop bisa dibongkar pasang bila seandainya keyboard mengalami kerusakan, termasuk tombol keyboardnya juga bisa dibongkar pasang. Tujuan melakukan bongkar pasang tombol keyboard laptop biasanya dilakukan untuk membersihkan kotoran atau debu - debu yang masuk kebagian dalam keyboard.

Untuk keyboard laptop yang tidak menggunakan pelindung seperti keyboard protector biasanya akan mudah dimasukan oleh debu atau sampah – sampah yang berukuran kecil, kotoran yang masuk kedalam bagian dalam keyboard akan menumpuk dan kemungkinan juga bisa mengakibatkan keyboard mengalami kerusakan, dan salah satu contoh kerusakan yang cukup fatal akibat adanya kerusakan pada keyboard laptop adalah terjadinya kegagalan booting, dimana laptop tidak bisa mengakses sistem operasi. Untuk masalah ini sudah pernah Saya ulas dalam artikel Mengatasi Laptop Yang Bunyi Beep Terus Menerus Saat Pertama Kali Dinyalakan

Cara Bongkar Pasang Tombol Keyboard Laptop bisa dilakukan menggunakan langkah – langkah sebagai berikut :
  1. Anda bisa memisahkan terlebih dahulu keyboard dari laptopnya, atau bisa juga dilakukan tanpa harus mengeluarkannya.
  2.  Pilih salh satu tombol keyboard, gunakan jari telunjuk, jembol dan jari tengah untuk mencungkil tombol keyboard
    mencungkil tombol keyboard
  3. Buka tombol keyboard menggunakan jari dari bagian belakangnya
  4. Lalu cungkil atau tarik kebagian atas secara perlahan sampai terdengar bunyi “trek”
  5. Kemudian lepaskan jari Anda, lalu arahkan jari telunjuk Anda kebagian depan tombol keyboard dan lepaskan secara perlahan
Untuk cara memasangkan kembali tombol keyboard yang sudah dibongkar tersebut caranya sangat mudah
  1. Letakan keyboard tepat pada bagian atas bantalan karet
  2. Kemudian tekan sampai terdengar bunyi “trek” yang menandakan tombol keyboard terkunci.
  3. Untuk tombol keyboard yang dilengkapi dengan besi, seperti tombol spasi, enter dan shift. Anda selipkan terlebih dahulu besinya kebagian sisi kiri dan kanan bantalan, lalu tekan kembali sampai terkunci
    tombol keyboard dengan besi
Caranya cukup mudah bukan ? Ikuti cara atau langkah - langkah bongkar dan pasang tombol keyboard sesuai petunjuk yang Saya berikan diatas. Hal yang paling penting yaitu pada saat akan membuka tombol keyboard, harus dilakukan secara perlahan dan hati – hati karena pengunci yang berada dalam tombol keyboard sangat rentan sekali, bila tidak berhati – hati penguncinya bisa patah dan tombol tidak terkunci dengan baik

10 Responses to "Cara Bongkar Pasang Tombol Keyboard Laptop"

  1. Hhaa paseuk ya mas ? saya sudah tidak asing lagi deh dengan kata itu :-D kalau di lihat-lihat cukup mudah juga ya

    ReplyDelete
  2. Nah kalau yang ini saya pernah kang melakukannya, kalau suasana lagi rusuh gak bakalan santai deh kang soalnya saya waktu itu kebeneran lagi mau ke wadaw tapi lagi bongkar tombol ketboar alhasil saya percepat dong dan hasilnya wadaw lumayan juga lah, gk gk gk.

    ReplyDelete
  3. memang cukup mudah ya mas untuk dilakukan ,saya pernah juga mencobanya saat ga sengaja tombol keyboar laptop saya lepas

    ReplyDelete
  4. Biasanya kenapa mas kalau pas penginstallan dari booting keyboar ga bisa digunakan tapi pas sudah masuk windows keyboardnya berjalan dengan baik? Apa ada permasalahan dari keyboard?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk itu mungkin saja memang keyboard belum terdetek pada saat booting,, biasanya kalau pake keyboard eksternal suka gitu,,,, soalnya beradasarkan pengalaman juga sih,,, Saya punya laptop pake keyboard eksternal,, pada saat booting tombol tidak aktif tapi pas masuk windows jalan seperti biasa,,

      Delete
  5. Mas, boleh nitip? bongkarin tombol keyboard laptop saya jg yaa..haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tinggal kirim aja ke Pangandaran... XD

      Delete
    2. Wadaw kalau bisa mah saya juga mau atuh kang tapi harganya yang muantappp juga dong kalau untuk saya mah, gk gk gk mumpung dekat nih jaraknya pangandaran dengan tasik.

      Delete
  6. yang sulit biasanya pada saat memasangnya lagi..., hehehe........

    ReplyDelete
  7. bisa bongkar tapi tidak bisa pasang =D :))

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...