Mengapa Saldo Akun Adsense Jadi Minus ?

Minus atau dalam matematika biasa disebut dengan istilah negatife,  biasanya  untuk menunjukan bilangan dengan tanda '-'  didepan angka. Dalam kehidupan sehari - hari kalimat/kata negatif sering digunakan untuk menunjukkan arti/makna yang berhubungan dengan hal - hal yang kurang baik atau buruk.

Sebenarnya Saya kurang begitu memperhatikan akun adsense Saya, paling Saya lihat sebulan sekali saja. Kemarin pas Saya cek akun adsense saldonya jadi minus. Saldo akun adsense yang jadi minus tersebut pertama kali Saya lihat pada halaman beranda akun Google Adsense

saldo akun adsense jaldi minus

Sebenarnya melihat hal itu Saya biasa saja, tidak aneh, tidak membuat Saya panik, sekalipun gara - gara hal tersebut akun Saya dibanned yah tinggal buat lagi saja akun yang baru, lagian memang Saya juga udah pernah dibanned 1 kali. Dalam masalah ini sebenarnya Saya tidak begitu berpengalaman, ikut adsense pun hanya sekedar iseng - iseng saja, siapa tahu bisa jadi jutawan seperti bloger - blogger lainnya.

Kalau Saya perhatikan, Google selalu menunjukan pembayaran atau laporan penghasilan setiap bulan yang didapatkan oleh publisher, pendapat saya ini berdasarkan pengamatan dari menu pembayaran tepatnya pada Riwayat Transaksi, kita bisa melihat riwayat transaksi pada bulan sebelumnya, bulan ini atau tiga seblumnya dll.

invalid klik yang tercatat oleh adsense

Dari halaman ini kita bisa melihat rangkuman pembayaran/penghasilan blog yang kita kelola. Pada bulan ini akun Saya minus, Saya berasumsi bahwa ini semua terjadi karena adanya invalid klik, asumsi Saya tersebut berdasarkan pada data yang ditunjukan oleh pihak Google Adsense, dari 1 s.d 31 Agustus Adsense mencatat ada Lalu lintas tidak valid yang menyebabkan saldo di akun Saya jadi minus.

Bila tidak ada invalid klik seharusnya Saya mendapatakan sekitar $73,55 namun karena adanya invalid klik maka nilainya menjadi 73,55 - 0,61 = 72,94. Saya cuma kehilangan 0,61 dan tidak akan membuat Saya jadi miskin. Isu mengenai invalid klik sudah pernah Saya bahas pada artikel Wahai Publisher Adsense Berhati Hatilah Dengan “Adsense Cyber Fraud Attack”
Ada beberapa orang yang menyebutkan hal diatas terjadi karena adanya error, terutama bagi yang sudah payout namun penghasilan masih menunjukan angka minus. 

Sudah jelaskan ? berdasarkan pengalaman diatas Saya menyimpulkan minus yang Saya alami tersebut karena terjadinya invalid klik, dan Saya baru kali ini mengalaminya. 
Jadi intinya sih Saya Santai saja menanggapi hal ini, berhubung Saya anak Pantai yang sifatnya Santai, bahkan saking santainya hidup Saya malah cenderung terlihat males. Tetap semangat dan teruslah berkarya

21 Responses to "Mengapa Saldo Akun Adsense Jadi Minus ?"

  1. Punya saya juga gitu mas ada munus - nya, tapi saya juga ukut-ikutan santai seperti mas Zaelani aja dah, kalau memang mau kena banned, ya silahkan... tp mudah-mudahan tidak he... he... #Ngambang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jhaahah, bener mang tinggal buat aja lagi XD...

      Delete
  2. sip mang, apapun yang terjadi pada saldo akun adsense yang minus harus dihadapi dengan NYANTEY KAYA DI PANTEY, seperti motto saya selama ini...KALM MANG...BELANDA MASIH AJUH

    ReplyDelete
    Replies
    1. jhahah,, moto hidup seorang blogger memang berpengaruh terutama pada saat menyikapi sebuah masalah yang dihadapinya... XD...

      Delete
  3. Intinya kita harus selalu optimis ya kang, tetap santay walau sedikit galaw, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kang,, optimis kayak orang berkumis..

      Delete
  4. kirain cuma sayah ajaahhh.., ternyata setelah membaca artikel ini saya jadi santai dan tidur-tiduran..., hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang mengerti juga sih,, cuman sekarang tanda minusnya sudah tidak ada,, mungkin hanya laporan untuk bulanannya saja kali..

      Delete
    2. iya uda ga ada lagi minusnya.., mungkin lagi maintenance....

      Delete
  5. saya langsung ketawa begitu baca judulnya mas, lucu banget. penghasilan adsense kok minus sih.. jujur baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tahu mba,, banyak publisher yang mengalaminya juga,, kayaknya minus itu untuk pemberitahuan tiap bulannya karena ada invalid klik,, jadi dikasih tanda minus,,, XD

      Delete
  6. jadi menusna 0.61 kang. lamun 72.94 namah lebar kang, emnding kasaken weh

    ReplyDelete
  7. wah koq banyak banget tuh minusnya mas,kalau murni invalid klik tuh biasanya cuman --2 dollar.

    bisa jadi itu karena klik berulangkali yg disengaja dari seseorang yg mau merusak blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu juga sih mang,, cuman tulisan dari si googlenya cuman 0,61, 73,55 - 0,61 = 72,94, Saya sih ngitungnya gitu, gak tahu kenapa ditampilkan -72 dolar

      Delete
    2. tapi sekarangmah udah tidak ada tanda minus lagi,,, mungkin karena ituh ada pemberitahuan pengurangan kali,,soalnya laporan invalid yang tertera cuman 0,61

      Delete
  8. saya juga punya masalah yg sama..
    sadar gak sadar saya jg skip aja..haha
    malah saya tinggal makan, tidur, nonton aja..haha :D

    ReplyDelete
  9. nyimak aja dech mas, soalnya etsense di blog saya jarang gag ada yg nge k l i k jdi ga pernah liht saldonya saya :(

    ReplyDelete
  10. anak pantai memang asyik, selalu santai meski penghasilan dipotong sama mbah gogel

    ReplyDelete
  11. Sampe sekarang masih blm ngeh ama google adsense, padahal pernah di jelasin sama temenku taun 2008 hahahha, ada artikel nya gak?kalo blog gratisan gimana kalau mau daftar adsense?

    ReplyDelete
  12. maaf saya ingin menayakan hal yg tidak brhubungan dengan postingan ini. bgini gan, saya melihat agan menggunakn domain .co.id, bgaimana agan mrndapatkannya? apakah melelui persyaratan yg brlaku?

    ReplyDelete
  13. saya juga ada mas invalid klik, tapi karena saya tidak tahu ya saya biarkan saja

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...