Mengatasi Laptop Yang Bunyi Beep Terus Menerus Saat Pertama Kali Dinyalakan


Sore hari itu datang seorang wanita yang membawa laptop toshiba satelite L200 yang bermasalah, dimana pada saat pertama kali dinyalakan laptop mengeluarkan suara beep secara terus menerus sekitar kurang lebih 20 detik. Selain itu laptop tersebut juga tidak bisa masuk kedalam sistem windows, sepertinya memang bunyi beep tersebut membuat sistem operasi mengalami kegagalan fungsi alias crash. 

Dulu Saya pernah mengalami masalah yang hampir mirip dengan masalah ini, hanya saja waktu lebih permasalahanya lebih banyak, dimana keyboard bermasalah sehingga tidak bisa mengakses bios, Netbook Restart terus dan ada sedikit bad pada hardisk. Ketika berhasil menyelesaikan masalah tersebut, Saya pun tulis artikel tentang tahapan - tahapan bagiamana proses perbaikannya, Anda bisa lihat pada artikel Cara Memperbaiki Notebook Yang Restart Terus dan Tidak Bisa Masuk Bios

Pertama kali melihat permasalahan ini Saya langsung curiga bahwa ada masalah dengan keyboard laptopnya, karena memang si client juga bilang bahwa ada beberapa tombol keyboard laptonya yang tidak berfungsi dengan baik. Client meminta agar keyboardnya diperbaiki dan komputernya dipasang sistem operasi.

Saya bilang bahwa Saya tidak bisa memperbaiki keyboardnya, karena memang Saya memiliki keterbatasan untuk melakukan hal itu, Saya hanya menawarkannya untuk memakai keyboard eksternal atau membeli keyboard laptop yang baru, Saya bilang bahwa Saya bisa memasang keyboard laptopnya dengan yang baru, lagi pula di Pangandaran memang jarang juga yang bisa service keyboard, ujung – ujungnya tetap saja ditawari untuk membeli keyboard yang baru. Client setuju dengan apa yang Saya sampaikan kepadanya, kemudian akhirnya Saya memulai melakukan instalasi laptonya.

Instalasi dimulai tanpa melepas keyboard laptopnya, instalasi berjalan lancar namun setelah selesai instalasi, kemudian laptop direstart, muncul kembali suara beep itu dan muncul beberapa pesan seperti pesan/perintah untuk menekan tombol Ctrl+Alt+Del to restart
 
memperbaiki laptop yang mengeluarkan bunyi beep pada saat pertama kali dinyalakan
Pesan error dan suara beep tersebut seperti membuat laptop tidak bisa mengakses sistem operasi terpasang. Akhirnya Saya coba kembali instal ulang dan memformat seluruh partisi hardisk yang ada. Instalasi yang kedua kalinya pun dilakukan tetap dengan memasang keyboard laptop, hanya saja ketika instalasi telah selesai Saya langsung mencabut keyboardnya, dan hasilnya laptop bisa booting dengan normal, laptop bisa mengakses sistem operasi yang tsudah terinstal. Untuk cara mencabut/membongkar keyboard laptop bisa Anda lihat pada artikel Cara Bongkar Pasang Keyboard Laptop Toshiba Satelite L200

Bisa diambil kesimpulan untuk kasus seperti ini bahwa laptop keyboard yang error menyebabkan laptop tidak bisa mengakses sistem operasi dan akhirnya crash. Solusi yang paling gampang untuk mengatasi masalah ini adalah mencabut keyboard laptonya dan mengganti dengan yang baru, atau juga bisa diganti menggunakan keyboard usb/ektternal bila ingin lebih murah.

9 Responses to "Mengatasi Laptop Yang Bunyi Beep Terus Menerus Saat Pertama Kali Dinyalakan"

  1. semoga bunyi beep tidak akan pernah laptopku alami, jika pun sampai demikian pasti saya kudu balik lagi kesini untuk mengetahui secara detail gimana cara nya...kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepat sekali mang,, silahkan ikuti saja tutorial dan cara - caranya disini... :D

      Delete
  2. ini sama bgt dengan laptop butut saya mas.
    mirip bgt kasusnya. itu krena tombol keyb berkeliaran fungsinya, lari-lari kesana kemari joget-joget dangdut..
    saya sblum beli keybr external mlah sring pke OSK, bayangin sabarnya saya gimana. :D hahaha
    saya matikan dlu fungsi keyboard internal lptop mas, bru install ulang lptop.

    wih asyik mas zae dpt sangu dpt kenalan baru lg yaa..ihiikk assikkk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut pengalaman sih, Kalau pas instal ulang sih gak masalah,, kalau gak dilepas juga,, hanya kalau udah selesai perlu dicabut.. beda penyakit, beda lagi penangannya

      Delete
  3. Maksudnya mancabut keybord laptopnya gimana itu ?
    Kan nyatu sama body.
    Bunyi beb mungkin disebabkan karena tombol yang tertekan terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dilepas dari socketnya mas,, kan keyboard laptop bisa di ganti,,,

      Delete
  4. Karena beep terus bunyi
    Terkadang enggan buka laptop lagi
    Tapi sudah ketemu solusi
    Ganti baru sebab ada tambahan rezeki

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh mantap,, benar - benar nyambung nih :D

      Delete
  5. Umumnya karena ulah sendiri, mudah-mudahan aja laptop saya bisa dijaga dengan baik. Dan artikel bisa menjadi solusi bagi yang mengalaminya.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...