Terlalu Sering Ngeblog Bisa Bikin Kamu Jadi Soliter

Soliter merupakan sebuah sifat yang senang menyendiri, penyendiri atau sepasang-sepasang, tidak bekelompok, melakukan sesuatu sendirian tanpa orang lain, mungkin bisa dibilang sosok manusia yang individualisme.
Beberapa bulan terkahir ini Saya telah menghabiskan banyak waktu untuk menulis banyak artikel di blog, padahal dulu hampir setiap hari Saya lebih senang dengan kegiatan memancing, namun semenjak sering menulis di blog kegiatan tersebut seolah terlupakan, teralihkan, tergantikan dengan kegiatan bloging.

Lalu kenapa Saya menghabiskan banyak waktu untuk menulis di blog ? karena uang ? mungkin, tapi ada perasaan senang dan kepuasan yang lebih dari sekedar itu.[ lihat : Seratus Dollar Dari Google Adsense Ibu]

Tapi benarkah kalau seseorang sering menghabiskan waktu untuk ngeblog bisa membuatnya jadi manusia soliter ? Saya kurang paham tapi Saya merasa seperti itu, rasanya ada kekakuan saat bertemu dengan manusia, saat berbicara dengan mereka, dan merasa lebih nyaman merangkai kata dibandingkan berkomunikasi secara langsung, seolah kemampuan untuk berkomunikasi secara langsung menjadi berkurang, mungkin karena terlalu sering menulis dan kurang latihan saat berkomunikasi dengan manusia. Efeknya lebih terasa saat akan mencoba PDKT sama janda anak perempuan yang sering lewat depan rumah, tidak tahu bagimana caranya memperkenalkan diri, memulai pembicaraan, atau mengeluarkan kata – kata yang bermuatan rayuan alias gombal bin modus, bahkan yang terakhir itu mungkin terlalu sulit.

soliter

Biasanya setelah shubuh pasti akan ada saja waktu yang dihabiskan untuk berlari – lari sambil cari sensasi, liri sana lirik sini, siapa tahu ada bidadari yang nongol kemudian ngajak lari bareng. Sekarang semua itu hampir terlupakan, karena ketika shubuh tiba selalu saja terpikir untuk menulis sesuatu diatas meja kerja.

Seperti halnya ketika seseorang terlalu sering menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, instragram dan sejenisnya, mereka juga akan cenderung menjadi manusia yang soliter, ketika waktunya diajak berkomunikasi malah asik dengan gadgetnya masing – masing. Sibuk selfie, terus diupload, diumbar sana sini sambil terus berdoa apa yang dilakukannya bisa mendapatkan banyak respon, itu juga sering Saya lakukan ketika Saya masih naksir sama si Nikita. Tak masalah bila apa yang kita lakukan bisa bermanfaat, bisa mendatangkan banyak kebaikan, bisa memotivasi orang untuk berbuat baik dan hal positif yang sejenisnya.

Ngeblog juga bila terlalu sering mungkin bisa menyebabkan seseorang jadi soliter, tapi soliter yang satu ini mungkin bisa mendatangkan banyak manfaat, terutama jika hal tersebut dimanfaatkan untuk kebaikan.

Manusia merupakan mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya, tidak bisa hidup sendirian. Mahluk sosial bukan berarti mahluk yang selalu bergantung kepada manusia lain, tapi adalah mahluk/manusia yang mandiri serta bisa bermanfaat untuk lingkungannya, bermanfaat tidak harus mesti jadi dulu manusia hebat atau fantastis, bisa selalu hadir dalam kerja bakti atau saat pengajian mingguan di mesjid saja sudah merupakan salah satu bentuk yang bisa menandakan bahkan kita adalah mahluk sosial bukan mahluk soliter yang selalu sibuk mengurus smartphone.

Hablum Minallah dan Hablum Minannas, bukan hanya hubungan kepada Tuhan saja tapi juga harus ada hubungan dengan manusia. Jangan hanya sibuk ngeblog saja sehingga lupa untuk mengunjungi tetangga. 

Saya sudah lama sekali jadi orang yang soliter, dan meskipun betapa buruknya hal tersebut dimata orang lain, Saya mungkin akan tetap seperti ini, kehidupan diluar sana terlalu banyak kebohongan, keangkuhan dan kesombongan yang membubung tinggi, untuk apa hidup bersama itu semua.

17 Responses to "Terlalu Sering Ngeblog Bisa Bikin Kamu Jadi Soliter"

  1. kalo itu si tergantung orangnya sendiri mas, kalo saya sih ngga tuh kayanya. karna saya alhamdulillah selalu ada waktu buat berkumpul main bareng teman :)

    ReplyDelete
  2. Saya juga merasakannya mas, keseringan ngeblog jadi males untuk bergaul dengan lingkungan sekitar, tapi yah setidaknya kita tetap bisa mengimbangi antara ngeblog dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita biar ndak jadi orang yang soliter.

    ReplyDelete
  3. Hahaha sampai segitunya kang kalau saya mah alhamdulillah tidak.

    ReplyDelete
  4. Menurut saya hal itu bisa saja terjadi kang, karena ngeblog itu butuh konsentrasi dan tidak bisa diganggu, solusinya ngeblog-lah saat orang lain sedang tidur atau kita sedang ada waktu luang yg bebas dari gangguan, semoga dengan begitu nge-blog dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar tetap bisa terjaga dan berjalan beriringan...

    ReplyDelete
  5. sepertinya saya juga merasakan begitu..., jadi males liat tipi, bergaul ama tetangga, dan sebagainya..., buat saya yang penting tidak menggangu keamanan dan ketertiban lingkungan , dan negara :D

    ReplyDelete
  6. Kalau saya kecuali lagi ada waktu luang ditempat kerja,lalu bikin artikel sebanyak-banyaknya tapi cuman saya save aja.Begitu ada kesempatan baru saya terbitkan satu persatu..hee

    ReplyDelete
  7. soliter itu bisa terjadi pada blogger kaya mamang mereunan mah, saya mah ngblognya sambil ngeliatin orang bikin jalan dan menggali saluran jeh...jadi mana mungkin saya jadi soliter, coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mamang mh ngeblog nya di lapangan pekerjaan ya mang. Jadi tidak bergantung pada blog saja. karena kita ini manusia dan sebagaimana yang di ucapkan guru saya di sekolah bahwa manusia itu adalah mahluk sosial ;-) hhe

      Delete
  8. Emang harus bisa memanage diri sendiri yah... yang berlebihan itu juga gak baik...

    ReplyDelete
  9. Wah wah saya tidak menyangka hal tersebut juga terjadi pada saya mas, karena terlalu sering ngeblog walau belum ada hasil yang memuaskan tapi saya juga merasa canggung kalau berhadapan langsung dengan manusia, ya kita ambil contoh cewek mas. karena selalu serius ngeblog saya jadi kaku berhadapan dengan perempuan :-D

    ReplyDelete
  10. Saya rasa saya termasuk soliter kayanya nih mas..hii

    ReplyDelete
  11. kayaknya dengan perkembangan teknologi semua orang bisa jadi soliter kang hehehe

    yang saya rasakan juga begitu, malahan saya suka males keluar rumah soalnya kalo keluar rumah ga bisa internetan, kalo saya sih ngeblog masih jarang-jarang tergantung mood saja paling nonton film online atau sekedar buka fb hehe

    ReplyDelete
  12. Kalau saya mah kang biasanya suka refresing seminggu sekali bersama teman seperti olahraga futsal gituh kang biar tidak terlalu kaku kalau berhadapan langsung atau berinteraksi dengan orang langsung karena orang yang selalu menyendiri juga tidak baik untuk kedepannya karena kalau ada apa apa gak ada yang nolong nantinya karena selalu sendiri.

    ReplyDelete
  13. jd tanpa sadar, aku jg msuk zona Soliter yaa.
    bener sih, dpn layar kdng punya chemistri menyenangkan tersendiri..

    ReplyDelete
  14. Suka ngeblog, jadi males ngapa ngapain, kecuali nulis sama wb. Hehe

    ReplyDelete
  15. Menurut saya kita harus bisa membagi waktu dengan baik kangen agar semuanya bisa berjalan dengan seimbang

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...