Dibohongi Flashdisk Kingstone Dual Port 8GB

Flashdisk merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk menyimpan data, seperti halnya media penyimpanan hardisk komputer/eksternal (usb) atau kartu memori (Micro SD) sebuah handphone.

Bagi sebagian orang flashdisk memiliki sebuah flashdisk seperti menjadi sebuah keharusan/kewajiban, dengan desainnya simple dan mudah dibawah kemana – mana membuat orang lebih tertarik untuk mengunakan flashdisk ketimbang menggunakan hardisk eksternal.

Dalam perkembangannya media penyimpanan khususnya flashdisk telah mengalami banyak kemajuan, baik dari segi desainya yang makin beraneka ragam maupun dari kapasitas data yang bisa disimpan kedalam flashdisk, rata – rata sekarang flashdisk yang dijual dipasaran kapasitasnya bisa mencapai 8GB lebih kalau dulu kebanyakan 2GB s.d 4 GB.

Selain dari segi desain dan kapasitas, kini juga flashdisk telah berkembang dari segi fungsinya dimana selain bisa digunakan untuk media tukar menukar data dengan PC/Laptop juga bisa digunakan untuk tukar menukar data dengan Handphone/Smartphone.
 
memasukan flashdisk ke hp samsung
 
Salah satu produsen/pembuat flashdisk yang membuat inovasi tersebut adalah Kingstone. “OTG USB flash Drive with dual port support model” usb ini memang memiliki dua port atau dua colokan didepan dan belakang.

Ada beberapa merek hanphone yang mendukung untuk digunakan bersama flashdisk kingstone dual port ini, diantaranya : Samsung, Sony, Nokia, HTC, MEIZU, Mi, Motorola, OnePlus, HUAWEI, ZTE, Lenovo, TCL, OPPO, Xiaolajiao, Mlais, HIKe, Dakele, POMP, NEO, VIVO, Hasse, Karbonn, FAEA, LUFTCO, Kenxinda, UMI, ZOPO, Qingcheng, THL, Ahong, Google, nibiru, Coolrat, IUNI, LG, Gionee, dan Teclast.

Untuk masalah harga, flashdisk kingstone 8GB yang saya beli dari salah satu toko komputer di Pangandaran dibandrol dengan harga Rp. 80.000. Flashdisk yang dibeli dilengkapi dengan wadah/kotak plastik, terdapat tulisan atau logo kingstone, dan tambahan tulisan original from USA pada bagian depan kotaknya. Selain itu juga terdapat kertas yang ditaruh dibagian bawah tempat menyimpan flashdisk yang berisi daftar nama – nama merek handphone yang mendukung untuk digunakan bersama flashdisk dual port tersebut.
 
 
flashdisk kingstone dengan dual port
 
Ada rasa senang dan juga rasa kecewa dimana kebanyakan para produsen flashdisk banyak melakukan kebohongan terhadap para pembelinya. Pada flashdisk dicantumkan kapasitasnya 8GB namun kenyataanya yang terbaca pada komputer hanyalah 7,20 GB/7,22GB, ini merupakan salah satu kebohongan publik yang secara mantap kita terima, dan kita telah “dibodohi” dan “dibohongi” dengan itu.
 

Masalah bohong atau tidak, kenyatannya memang kebanyakan flashdisk seperti itu, kapasitas yang terbaca pada komputer memang tidak pernah pas dan tidak sesuai dengan yang tertera pada bagian casing flashdisk. Tapi disini kalau menurut hitungan saya harusnya ada sekitar 8.000.000.000 bytes pada bagian capacitynya, karena biasanya untuk ukuran 4GB pun akan terbaca sekitar 4.000.000.000 bytes meskipun itu juga akan tetap terbaca 3,72 GB namun itu ukuran yang benar

contoh properties flashdisk 4gb

 
 
 
 
mari kita hitung
 
1 KB = 2^10 Byte = 1024 Byte
 
8.000.000.000  :  1024   =  7.812.500
7.812.500        :  1024   =  7.629
7.629              :  1024   =  7,450 
 
 
Kalau memang ukurannya adalah sekitar 7.000.000.000 bytes memang benar ukurannya akan berada pada nilai sekitar 7,20 GB
 
7.742.000.000 : 1024  =  7.560.547
7.560.547       : 1024  =        7.383
7.383             : 1024  =        7,210
 
Disini yang jadi masalah adalah seharusnya ada sekitar 8.000.0000 bytes dan bila memang benar itu flashdisk 8GB maka seharusnya  terbaca pada komputer itu adalah 7,45 GB bukan 7,20GB. 
 
Berarti sebenarnya ini bukan masalah bohong atau tidaknya,  tapi saya ketipu sama yang jualnya, dan sangat mungkin barang yang Saya beli tersebut merupakan prodak KW mengingat pada saat dicek properties pada hardwarenya tidak jelas identas flashdisk/vendor pembuatnya.

10 Responses to "Dibohongi Flashdisk Kingstone Dual Port 8GB "

  1. memang betulkan bukan hanya flashdisk tapi MMC juga seperti itu dimana disana tertuli 8GB tapi kenyataannya volumenya tidak segitu

    ReplyDelete
  2. Tapi alhamdulillahnya kalau saya mah kang belum pernah nyoba sih soalnya kalau saya mah mending yang dulu gituh karena masih terjamin ke asliannya daripada yang sekarang pada bagus bagus namun belum bisa dipastikan keren atau bagus.

    ReplyDelete
  3. Hahhahaha..itu penipuan namanya Kang Zae..hahahahaaaaaaaay

    ReplyDelete
  4. jujur kang saya mah gak suka kingstone suka cepet rusak dan banyak kasus yang manipulasi space disk :D hadeh...

    ReplyDelete
  5. haha...
    emng smua fd baru rata-rata begini mas, kurang" sdikit kb/mb nya..
    luarnya aja 12GB, dalemnya 11GB sekian sekian... :D
    tpi saya jd belajar rumusan KB/MB dsini.makasih mas^^

    ReplyDelete
  6. dari dulu saya ga pernah beli merk kingstone, hehehe..... selama ini masih setia ama sand*sk dan transc*nd

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mksdnya diksh bintang" gtu biar apa mas??
      dua merk fd yg sebutin pny msing" bintang yaah.hahahah

      Delete
  7. Kenapa jadi tidak penuh ya, padahal di label tertulis 8 GB. tapi realitinya tidak sesuai

    ReplyDelete
  8. Wah pake kata 'di bohongi', nanti jadi viral nie artikel kang...

    Ketidak sesuaian nilai kapasitas memory pada flashdisk itu lumrah terjadi kang, karena memnag banyak faktor yang mempengaruhinya, jadi tidak bisa pas banget sama nilai yang tertera..

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...