DELL Komputer Dengan Processor mPGA478B

Beberapa hari yang lalu Saya diberi sebuah komputer DELL dari saudara, katanya komputer tersebut merupakan komputer keluaran tahun 2005, komputer tersebut merupakan komputer Built up, casingnya cukup berat sehingga saat membawanya pun memerlukan tenaga ekstra.

Sebelum mencoba komputer tersebut, Saya memeriksa dan membersihkan bagian – bagian pada komputer, maklum komputer tersebut sudah lama sekali tidak digunakan. Saat di periksa rangka komputer memang masih sangat terlihat baik, dan bersih, ada VGA, Hardisk, CD/DVD room masih terpasang dengan rapih di komputer.

Waktu itu saya tertarik dengan dudukan processornya dan berniat untuk membukan dan membersihkannya, setelah beberapa menit berlalu Saya berhasil membukanya, namun ketika dibuka processor menempel dengan batang pendinginnya, dari sini Saya sedikit bingung dan berfikir bahwa desain processornya sengaja di satukan dengan bagian besi pendinginnya, alhasil Saya kesulitan untuk memasukan processornya hingga akhirnya salah satu pin kaki processor bengkok, setelah itu akhirnya patah.

gambar processor yang menyatu ke pendingin

Ini sebenarnya karena akibat terburu – buru, padahal setelah Saya periksa kembali ternyata processor yang menempel pada pendingin tersebut bukan karena desainnya seperti itu, melainkan itu diakibatkan karena pasta dibagian atasnya yang membuat processor menempel pada bagian bodi pendingin, itu sebenarnya bisa dilepas sehingga seharusnya Saya tidak harus melakukan kecerobohan tersebut.

Kemudian Saya mencoba menyalakan komputer tersebut, kipas processor tidak berputar, tombol on/off komputer juga tidak merespon, namun lampu indikator pada motherboard tetap menyala, ada kemungkinan memang komputer memang tidak nyala sebelumnya, atau memang ada masalah pada power supply, atau juga mungkin akibat satu pin dari processor tersebut patah.

Beberapa hari kemudian Saya mencoba memerikasa bagian dudukan untuk processor tersebut dan membaca sebuah tulisan “mPGA478B”. Saya pun akhirnya coba mencari – cari informasi tentang socket tersebut, karena memang sebenarnya socket tersebut sekarang ini masih banyak digunakan pada komputer – komputer intel pentium 4.

Socket 478 (mPGA478B) adalah Array Pin Grid (PGA) socket untuk mikroprosesor berdasarkan arsitektur Intel NetBurst. soket ini diperkenalkan pada bulan Agustus 2001 sebagai pengganti singkat soket 423. Soket 478 mendukung desktop dan ponsel Pentium 4 dan Celeron dari 1,4 GHz ke 3,46 GHz dengan frekuensi bus front-side efektif 400 MHz - 1066 MHz (100 MHz - 266 MHz QDR). soket ini telah dihapus mendukung soket 775 (LGA775).

Setelah mencari informasi Saya menemukan sebuah tabel yang katanya cocok secara fisik, namun tidak semua dari mereka didukung oleh semua mother

tabel cpu
Gambar di Screenshoot dari website cpu-world.com


Setelah menemukan beberapa informasi, Saya coba kembali memeriksa processor Saya, kemudian menghapus bagian atas processor yang tertutupi oleh pasta, saat dilihat ternyata processornya bertulisakan “ Intel Pentium 4 2.2GHZ/512/400/1.5V, L205A592-0191”

bagian atas processor yang tertutpi oleh pasta

Jadi sebenarnya Saya tidak perlu lagi mencari kesana kemari, tinggal lihat saja bagian atas procesornya, karena disana sudah tertera merek, model/type dari procesornya, tinggal datang ke toko komputer kemudian tanyakan, “Pa punya Intel Pentium 4 2.2GHZ ?”

Salah satu pengalaman berharga yang bisa diambil adalah, jangan terburu – buru saat menemukan barang baru, atau belum pernah melihat sebelumnya, cari informasi sebanyak mungkin dan periksa dengan teliti, supaya kesalahan bisa lebih diminimalisir

#Update 26/12/16
Akhirnya komputer DELL tersebut bisa dibangkitkan kembali dengan mengganti processor Intel Pentium 4 2.2 GHz dengan 1.8 GHz. Baca : Mengganti Processor DELL Komputer Intel 2.2GHz Menjadi 1.8 GHz

1 Response to "DELL Komputer Dengan Processor mPGA478B"

  1. sayang sekali ya, mungkin kepala udah panas jadi gk sabaran hehee

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...